Studi Kasus Alat Uji Emisi Gas Buang Karbon Monoksida (CO) Pada Mobil Berbahan Bakar Bensin Dan Mobil Berbahan Bakar Solar

Mikail Eko Prasetyo Widagda

Abstract


Abstract

The growth are technology now to be more in Indonesia. For example like was otomotif technology, and electronics technology to carrier of  Indonesia peoples could be adaptation a high grow technology. Proven with another model to out result of peoples trying entre enjoying that technology. Example with much handphone technology can to used internet facility and with mini computer could be to moving  handcarried and communication or by call, more to be interest the otomotif  growth in form and colour it vehicle so that people try to owning of it with buy the product. With more and growth the new technology, to be expected could be paying attention result of from before otomotif technology. Because we must to taking care of the result from otomotif technology before  remain to machine prima and this nature East Kalimantan remain to be clean and health. In this Case of Study from Emission Equipment Test Throw Away Gas Carbon Monoxide (CO) With A Car can detect its a much out  Carbon Monoxide from hole of knalpot, and showed Carbon Monoxide graphic its to received with TGS 2201 sensor in monitor komputer or LCD.  

 

Keyword Contents : CO gas, equipment emission test ,TGS 2201 sensor.

 

Abstrak

Perkembangan teknologi saat ini begitu banyak berkembang di Indonesia. Misalnya saja seperti perkembangan di bidang teknologi otomotif, dan di bidang teknologi elektronika, sehingga membawa masyarakat Indonesia kepada hal peradaptasian perkembangan teknologi yang begitu tinggi pula. Terbuktinya dengan berbagai macam dikeluarkannya hasil teknologi, masyarakat berusaha untuk bisa masuk menikmati hasil teknologi tersebut. Misalnya, dengan banyaknya teknologi handphone yang sudah bisa dipergunakan untuk fasilitas internet, dan komputer yang berukuran mini sehingga bisa dibawa-bawa kemana-mana dan bisa dipergunakan untuk telepon atau berkomunikasi, serta banyak pula perkembangan otomotif yang semakin menarik bentuk dan warna kendaraannya sehingga masyarakat berusaha untuk memilikinya dengan membeli produk tersebut. Dengan banyak dan berkembangnya hasil teknologi otomotif baru, diharapkan dapat memperhatikan juga hasil dari teknologi otomotif sebelumnya. Karena diharapkan kita terus menjaga hasil dari teknologi otomotif sebelumnya tersebut agar tetap prima mesinnya dan alam Kalimantan Timur ini tetap bersih dan sehat. Pada studi kasus  ini diharapkan alat uji gas buang karbon monoksida pada kendaraan roda empat (mobil) dapat medeteksi seberapa banyak kadar karbon monoksida yang keluar dari lubang knalpot mobil tersebut, dan ditampilkan hasil grafik karbon monoksida yang diterima oleh sensor TGS 2201 di layar komputer atau LCD.

Kata Kunci : Gas Karbon Monoksida (CO), Alat Uji Emisi, Sensor TGS2201.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.