Perubahan Arus Kas dan Pengaruhnya terhadap Return Saham

Rihfenti Ernayani, C Prihandoyo, Abdiannur Abdiannur

Abstract


Perusahaan manufaktur merupakan perusahaan yang aktivitasnya mengelola bahan mentah menjadi barang jadi kemudian menjualnya kepada konsumen. Perusahaan manufaktur memiliki skala produksi yang cukup besar dan membutuhkan modal yang besar untuk pengembangan produk dan ekspansi pangsa pasarnya, sehingga cukup menarik bagi investor untuk mengetahui apakah arus kas perusahaan yang berasal dari aktivitas operasi, aktivitas investasi dan aktivitas pendanaan mempunyai pengaruh terhadap return saham. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan tujuan untuk menguji dan membuktikan secara empirik pengaruh perubahan arus kas operasi, perubahan arus kas investasi dan perubahan arus kas pendanaan baik secara parsial maupun secara simultan terhadap return saham.Sampel yang digunakan adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2012-2015. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Data dianalisa dengan analisis regresi linier berganda menggunakan program SPSS 20.Hasil penelitian menunjukkan bahwasecara parsial perubahan arus kas operasi berpengaruh terhadap return saham, perubahan arus kas investasi tidak berpengaruh terhadap return saham, dan perubahan arus kas pendanaan tidak berpengaruh terhadap return saham, sedangkan secara simultan perubahan arus kas operasi, perubahan arus kas investasi dan perubahan arus kas pendanaan berpengaruh terhadap return saham.


Keywords


arus kas operasi, arus kas aktivitas investasi, arus kas aktivitas pendanaan, return saham

Full Text:

PDF

References


Ali, A. (1994). The Incremental Information Content of Earnings, Working Capital From Operations And Cash Flows. Journal of Accounting Research Vol 32 No 1, 61-73.

Cahyani. (1999). Muatan Informasi Tambahan Arus Kas Dari Aktivitas Operasi Investasi dan Pendanaan. Jurnal Bisnis dan Akuntansi Volume 1 Nomor 1, 15-27.

Daniati, Ninna, & Suhari. (2006). Pengaruh Kandungan Informasi Komponen Laporan Arus Kas, Laba kotor dan Size Terhadap Expected Return Saham. SNA IX Padang.

Evi, M. (2012). Pengaruh Informasi Laba dan Arus Kas Terhadap Harga Saham. Jurnal Akuntansi, Volume 1 Nomor 1.

Ghozali, I. (2007). Analisis Muktivariate dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.

Hadi, S. R. (2013). Sukses Membeli Saham Tanpa Modal. Jakarta: Laskar Aksyara.

Hartono, J. (2013). Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Yogyakarta: BPFE.

Kurniawan, & Indriantoro. (2000). Analisis Hubungan Antara Arus Kas Operasi dan Data Akrual dengan Return Saham. Jrunal Bisnis dan Akuntansi Volume 2 Nomor 3, 207-224.

Livnat & Zarowin. (1990). The Incremental Information Content of Cash Flow Component. Journal of Accounting and Economic, 13.

Pradhono & Setiawan, Y. J. (2004). Pengaruh EVA, Residual Income, Earning dan Arus Kas Operasi Terhadap Return Yang diterima oleh Pemegang Saham. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Volume 6, 140-163.

Prasetyo, J. (2003). Analisa Pengaruh Interakti Laba Dengan Laporan Arus Kas Terhadap Return Saham. Jurnal Wahana, Volume 6 Nomor 1, Pebruari.

Subramanyam & Jhon. (2011). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Trisnawati, Widya, & Wahidahwati. (2013). Pengaruh Arus Kas Operasi, Investasi dan Pendanaan Serta Laba Bersih Terhadap Return Saham. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, Volume 1 Nomor 1.

Utami, D. (1999). Muatan Informasi Tambahan Arus Kas Dari Aktivitas Operasi, Investasi dan Pendanaan. Jurnsl Bisnis dan Akuntansi, Volume 1 Nomor 1 April.

Yocelyn, Azilia, & Christiawan. (2012). Analisis Pengaruh Perubahan Arus Kas dan Laba Akuntansi Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Berkapitalisasi Besar. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, Volume 14 Nomor 2.




DOI: https://doi.org/10.32487/jshp.v2i1.284

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Web
Analytics JSHP Visitor Stats

Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan (JSHP) by Politeknik Negeri Balikpapan.