Simulasi Kontrol 2 Pompa Supplay Air Bersih Menggunakanrelay Change Over Dan Floatless Level Switch (Sebagai Modul Praktek Mahasiswa Ps Teknik Pendingin Dan Tata Udara)

Sudirman Sudirman, I Nyoman Gede Baliarta

Abstract


Sistem supplay air bersih pasti ada dipasang disuatu gedung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menciptakan modul praktek mahasiswa Program Studi Teknik Pendingin  dalam mata Kuliah Praktek Utility Gedung dan BAS. Sehingga kompetensi mahasiswa tentang utility gedung, khususnya dibidang system pompa supplai air bersih bisa tercapai dengan lebih mudah. Modul praktek ini menggunakan 2 buah pompa, 2 buah tangki air, 1 sebagai tangki sebagai tangki underground tank dan 1 lagi sebagai tower tank. Menggunakan WLC (water level control) untuk mengontrol hidup mati pompa berdasarkan level  air pada tangki tower. Dan menggunakan Relay Change over untuk merubah pompa on duty secara otomatis. Hasil uji kerja alat simulasi ini, saat level air pada tangki tower low level, Pompa 1 akan hidup sampai level air mencapai upper level dan akan Off, secara otomatis Relay change over merubah pompa on duty dari Pompa 1 ke Pompa 2. Pada saat level air mencapai low level lagi di tangki tower, yang hidup adalah Pompa 2.


Keywords


underground tank, tower tank,water level control, relay change over

Full Text:

PDF

References


D. Adiantoro, Perancangan Otomatisasi Kontrol Pompa Sirkulasi Air Dingin Gedung Media Energy Supply(Mes) IRM, Hasil-hasil Penelitian EBN Tahun 2009, Jakarta, 2009.

M. R. Harahap, “Rangkaian Dan Pengujian Sistem Kontrol Aliran Air Dengan Mikrokontroler Atmega8535 dan Pemrograman C,” Universitas Sumatera Utara, Medan, 2015.

Omron, “Manual WLC OMRON 61FG3,” Bangkok, 2016.

Omron, “Manual relay swich over Omron GQ-212S,” Bangkok, 2015.

A. Taftazani, Darsonodan Sudjatmoko, “Studi Kemampuan Akselerator (PIXE) Untuk Pemantauan Kualitas Lingkungan Hidup,” Prosiding Pertemuan dan Presentasi Ilmiah Teknologi Akselerator dan Aplikasinya, Yogyakarta, hal. 7-14, 2002.




DOI: https://doi.org/10.32487/jst.v4i1.446

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)

View My Stats