ANALISA LAJU PERPINDAHAN PANAS LOCOOLER TIPE SHELL AND TUBE ALIRAN BERLAWANAN ARAH PADA KM PANTOKRATOR

Mika Patayang, Shanty Shanty

Abstract


Penukar kalor sangat banyak digunakan dalam dunia industri, salah satu contoh digunakan pada industri perkapalan. Agar mesin utama pada kapal bekerja pada temperatur kerjanya dibutuhkan sebuah media pendingin dimana media pendingin berfungsi untuk menyerap panas yang dihasilkan akibat proses pembakaran yang terjadi pada mesin utama, agar tidak terjadi over heating yang dapat mengakibatkan kerusakan bahkan membahayakan keselamatan dalam pelayaran dan oleh karena itu temperatur dari media pendingin harus dijaga. Dalam penelitian “Analisa  Perpindahan Panas LO Cooler tipe Shell and Tube Aliran berlawanan arah pada KM Pantokrator” yang dilakukam pada LO Cooler tipe shell and tube aliran berlawanan arah di  KM Pantokrataor dimana hal ini adalah minyak pelumas SAE 30 merupakan pendingin atau pelumas yang di gunakan untuk mendinginkan mesin induk sebagai media yang didinginkan dan air laut sebagai media pendingin. Dari penelitian diperoleh data temperatur minyak pelumas dan air laut masuk dan keluar LO Cooler sebesar TH OUT = 600C, TH IN = 600C dan TC IN = 300, TH OUT = 380C dimensi dari LO Coolerdiameter luar shell: 0,8064 m, diameter dalam shell: 0.7680 m, diameter tube: 0,01 m, jumlah tube: 300 buah, Panjang tube: 1,8 m, tekanan oli: 3 kg/cm2, sedangkan dari hasil perhitungan diperoleh diperoleh rata-rata temperatur logaritma (TTLMTD) = 78 0C dan besarnya perpindahan panas q = 6395,9402 KW.


Full Text:

PDF

References


I. Bizzy dkk., “Studi Perhitungan Alat Penukar Kalor Tipe Shell and Tube Dengan Program Heat Transfer,” vol. 13, no. 1, hal. 67–77, 2013.

Ekadewi Anggraini Handoyo, “Pengaruh Kecepatan Aliran Terhadap Efektivitas Shell-and-Tube Heat Exchanger,” J. Tek. Mesin, vol. 2, no. 2, hal. 86–90, 2000.

I. Syaichurrozi, A. Metta, dan A. Imanuddin, “Kajian Performa Alat Penukar Panas Plate and Frame: Pengaruh Laju Alir Massa, Temperatur Umpan dan Arah Aliran Terhadap Koefisien Perpindahan Panas Menyeluruh Study of Plate and Frame Heat Exchanger Performance: The Effects of Mass Flow Rate, Inlet Te,” vol. XI, no. 2, 2014.

W. Trisnadidkk., “Analisa Laju Perpindahan Panas Counter Flow Heat Exchanger skala laboratorium dengan aliran berulir,” 2015.

R. Veriyawan, T. R. Biyanto, dan G. Nugroho, “Optimasi Desain Heat Exchanger Shell-And- Tube Menggunakan Metode Particle Swarm,” vol. 3, no. 2, 2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.