INVESTIGASI HARMONIK JARINGAN DISTRIBUSIPT. SBM BERBASIS SIMULASI

Usman Usman, Akhyar Muchtar

Abstract


Indikator kualitas tenaga listrik salah satunya adalah harmonik. Adanya harmonik yang melebihi batas yang telah ditetapkan akan menimbulkan kerugian pada konsumen, khususnya industri.Pada industri harmonik  salah  satunya penyebanya adalah penggunaan peralatan yang mempunyai impedansi tidak linearsehingga menyebabkan terjadinya distorsi pada gelombang tegangan dan arus yang dikenal dengan THD.  Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi nilai harmonik pada PT. SBM, dan carameminmalisir harmonic yang timbul. Salah satu caranya adalah dengan pemasangan filter harmonik. Pada penelitian ini digunakan jenis filter pasif yaitu single tuned filter. Metode yang digunakan adalah dengan melakukanpemodelan jaringan distribusi TP. SBM kemudian melakukan simulasi harmonik dengan software ETAP. Hasil simulasi ini akan menunjukan THD, orde harmonik, bentuk gelombang arus dan tegangan yang terdistorsi. Hasil simulasi menunjukankondisi harmonik PT. SBM saat adalah 6 dari 4 pada bus-bus utama THD-V melebihi batas ambang dari yang ditetapkan oleh IEEE. Sedangkan THD-I masih berada dibawah standar IEEE. Dengan penambahan single-tuned filter yang ditempatkan pada bus 5P1-1P1 dan dirancang untuk menekan harmonik orde 11. Hasil simulasi menunjukan penurunan dengan rata-rata sebesar 46.33%, sedangkan untuk THD-I ada yang mengalami penurunan dan kenaikan. Untuk IHD-V orde 11 rata-rata penuruanan 86.19%. Sedangkan IHD-I orde 11 sama halnya dengan THD-I ada yang mengalami penurunan ada yang mengalami kenaikan. 


Full Text:

PDF

References


Zainal Salam, Tan Perng Cheng, dan Awang Jusoh, "Harmonics Mitigation Using Active Power Filter:A Technological Review," Elektrika, vol. 8, no. 2, pp. 17-26, Juni 2006.

Djiteng Marsudi, Pembangkitan Energi Listrik, 2nded. Jakarta, Indonesia: Erlangga, 2011.

C. Roger Dugan, Electrical Power Systems Quality, 2nd Ed. Columbus: McGraw-Hill Education, 2012.

Shamala N and C. Lakshminarayana, "An Insight to Harmonic Suppression Techniques with Power Filters in Power Electronics," International Journal of Computer Applications, vol. 111, no. 9, pp. 26-34, Februari 2015.

Sartika dan Alvira Octaviani, "Penanganan Harmonisa Terhadap Peningkatan Kualitas Daya Listrik Berbasis Software ETAP (Studi Kasus PT. Semen tonasa V) ," Makassar, 2013.

Theodore Wildi, Electrical Machines, Drives and Power Systems, 6thed. New Jersey, USA: Pearson Education, Inc, 2006.

I Wayan Rinas , "Analisis Perbandingan Penggunaan Filter Pasif dan Filter Aktif Untuk Menanggulangi Terhad Pada Sistem Kelistrikan Di Ruang Puskom Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Udayana," Teknologi Elektro, vol. 10, no. 1, pp. 20-26, 2011.

J. C. Das, "Passive filters - potentialities and limitations," IEEE Transactions on Industry Applications, vol. 40, no. 1, pp. 232-241, Januari 2014.

Novex J. Alfama, "Analisis Harmonik dan Perancangan Single Tuned Filter pada Sistem Distribusi Standar IEEE 18 Bus dengan Menggunakan Software ETAP Power Station 4.0," Teknik Elektro, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta, Makalah Seminar Tugas Akhir 2013.

Raneru Nageswara Rao, "Harmonic Analysis of Small Scale Industrial Loads and Harmonic Mitigation Techniques in Industrial Distribution System," International Journal of Engineering Research and Applications, vol. 3, no. 4, pp. 1511-1540 , Juli 2013.

Hussein A. Kazem, "Harmonic Mitigation Techniques Applied to Power Distribution Networks," Advances in Power Electronics, vol. 2013, pp. 1-10, Januari 2013.

IEEE Power and Energy Society , "IEEE Recommended Practice and Requirements for Harmonic Control in Electric Power Systems," New York, 2014.

A.Y. Abdelaziz, S. F. Mekhamer, dan Sherif M. Ismael, "Sources and Mitigation of Harmonics in Industrial Electrical Power Systems: State of the Art," The Online Journal on Power and Energy Engineering, vol. 3, no. 4, pp. 320-332, 2012.

T. Muni Jahnavi, G. Rajesh, dan B. Sarvesh, "Harmnics Analisys and its Mitigation Technique in Industrial Environment," International Research Journal of Engineering and Technology (IRJET), vol. 7, no. 2, pp. 561-566, November 2015.

I. Z. Margareta, "Perancangan High Pass Damped Filter Pada Sistem Distribusi Standar IEEE 9 Bus dengan Menggunakan Software ETAP Power Station 7.0," Teknik Elektro, UMS, Surakarta, Skripsi 2014.

W. Prasetyadi, R. S. Wibowo, dan O. Penangsang, "Evaluasi Harmonisa dan Perencanaan Filter Pasif pada Sisi Tegangan 20 kV Akibat Penambahan Beban pada Sistem Kelistrikan Pabrik Semen Tuban," Jurnal Teknik POMITS, vol. 1, no. 1, pp. 1-6, 2012.

M. A. Purwanto, A. Warsito, dan A. Nugroho, "Perencanaan High Pass dan Single Tuned Filter Sebagai Filter Harmonisa Pada Sistem Kelistrikan ESP di PT Medco E&P Indonesia," Teknik Elektro, Universitas Diponegoro, Semarang, Skripsi 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.