RANCANG BANGUN SISTEM PENCEGAHAN KECELAKAAN LALU LINTAS PENGENDARA SEPEDA MOTOR

Syaiful Amri, Hikmatul Amri

Abstract


Salah satu fenomena yang sering terjadi pada masyarakat adalah pengendara kendaraan dibawah umur yang mengakibatkan kecelakaan lalu lintas. Fenomena ini terjadi baik di kota-kota besar maupun di pedesaan. Prihatinnya lagi pengendara di bawah umur ini juga tidak mengindahkan kelengkapan pengaman berkendara seperti helm standar dengan kecenderungan mengendarai kendaraan bemotor. Pada penelitian ini dirancang sebuah sistem pendeteksi penggunaan helm dan identifikasi identitas pengendara kendaraan dengan RFID smartcard. Tujuan sistem yang nantinya diharapkan bisa bisa meminimalisasi kecelakaan lalu lintas dengan faktor pemakaian alat pengaman yaitu berupa helm. Sistem ini juga akan mengaktifkan alarm jika ditemukan pengemudi dibawah umur atau pengendara kendaraan dengan identitas yang tidak diizinkan. Selain sebagai sistem informasi dan pendukung keputusan, RFID smartcard reader juga bisa diletakan pada kendaraan sebagai ganti dari kunci konvensional biasa, Sehingga kendaraan hanya bisa diaktifkan (dijalankan) dengan pemegang kartu atau smartSIM.


Full Text:

PDF

References


Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, “Undang-Undang Republik Indonesia nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan”, Jakarta (2009)

F.M. Ghozi, M. Yuliana dan R.W. Sudibyo, “Pembuatan Sistem PendeteksiKecepatan Kendaraan untuk Mengatasi Kemacetan Lalu Lintas sebagaiBagian dari Intelligent Transportation System (ITS)”, Jurnal Elektro PENS (2013),Vol. 2, No. 1.

A. Yuniarto, “Deteksi Kepadatan Lalu Lintas Menggunakan Sensor Ultrasonik Pada Persimpangan Jalan Berbasis Mikrokontroler”, Fakultas Teknik Jurusan Teknik Elektro, Universitas Muhammadiyah Surakarta (2008).

P. Bisman, “Rancangan Alat Pengukur Kecepatan Kenderaan Di Jalan Tol Berbasis Mikrokontroler AT89S51”, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sumatera Utara (2008).

D. Oktavian, K.A. Elia, M.T. Novi,“Rancang Bangun Alat Monitoring Kecepatan Angin Dengan Koneksi Wireless Menggunakan Arduino Uno”, E-Journal Teknik Elektro dan Komputer (2016) Vol.5, No.4.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.