JAKARTA DAN SURABAYA SEBAGAI MODEL PENGEMBANGAN PAMERAN BAGI DESTINASI MICE

Heri Setyawan, Djuni Akbar

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengukur kekuatan destinasi unggulan di Indonesia yang memiliki kekuatan di bidang Pameran, dan dapat memberikan  gambaran bagi Pemda/ stakeholder terkait dalam mengembangkan destinasi MICE, khususnya pameran yang berdaya saing global. Ada 9 kriteria yang dipergunakan untuk mendapatkan data destinasi MICE di Indonesia yang sudah digunakan pada penelitian PHB tahun 2013-2014. Kriteria tersebut melalui site visit dan angket disebarkan kepada stakeholder destinasi Jakarta dan Surabaya dan dikonfirmasi kepada pelaku industri MICE nasional/internasional sebagai expert judgement. Selanjutnya sembilan kriteria tersebut diberi bobot sesuai dengan keperluan bagi destinasi pameran agar berkembang dan berdaya saing. Serta dari kriteria tersebut dilihat kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman nya. Hasilnya adalah kekuatan dan peluang untuk Jakarta sebagai destinasi pameran terletak pada fasilitas pameran dengan nilai 1,62. Kelemahan Jakarta dengan nilai 0,3 terletak pada aksesibilatas dan ancaman pada dua kriteria yaitu aksesibilitas dan profesionalitas SDM dengan nilai sebesar 0,9. Kekuatan Surabaya terletak pada fasilitas pameran dengan nilai  1,26 dan peluang mempunyai nilai (1,44) pada kriteria fasilitas pameran. Kelemahan Surabaya dengan nilai 0,6 terletak pada aksesibilatas dan profesionalitas SDM, serta ancaman dengan nilai 0,9 terdapat pada fasilitas pameran. Kesimpulannya adalah bagi destinasi lain jika akan mengembangkan pameran sebagai unggulan destinasi MICE, maka faktor fasilitas pameran, profesionalisme  SDM  dan  aksesibilitas menjadi faktor yang harus dikembangkan terlebih dahulu.


Full Text:

PDF

References


Crouch, Geoffrey I, and JR Brent Ritchie.1998. Convention Site Selection Research: A Review, Conceptual Model and Proposional Framework. Journal of Convention and Exhibition Management, Vol.1, No.1, 1998

DiPietro, Robin B, dkk. 2008. An Exploitary Study of Diferrences among Meeting and Exhibition Planners in their Destination Selection Criteria. Journal of Convention & Event Tourism, Vol 9 (4), 2008. The Haworth Press

Direktori ASPERAPI tahun 2014.

Jarumaneerat, Tatiyaporn dan Pornpisanu Promsivapallop. 2012. Measuring Post-Crisis Destinastion Image of Thailand as a MICE Destination. Prossiding The 2012 International Conference on Business and Management, 6-7 September 2012, Phuket-Thailand

ICCA Statistic Report 2016: Country and City Rankings International Association Meeting Market. June 2016

Kottler, Philip, Donald H. Haider dan Irving Rein.1993. Marketing Places: Attracting Invenstment, Industry, and Tourism to Cities, States, and Nations. New York: The Free Press

Nadkarni, Sanjay dan Aliana Leong Man Wai. 2007. Macao’s MICE Dream: Opportunities and Challenges. International Journal of Event Management Research, Vol.3, No.2, 2007

Oxford Economics. 2012. The Economic Impact of UK Exhibitions Industry

Su Richard Tan, Cheong. 2007. A Comparative Analysis of MICE Destinations between Macao and Singapore. UNLV Theses/Paper 704, 12-1-2007

Setyawan, Heri, dkk. 2014. Pengembangan Destinasi MICE di Indonesia. Laporan Akhir Penelitian Hibah Bersaing Dikti. Politeknik Negeri Jakarta

Setyawan, Heri, dkk. 2016. Pengembangan Pameran Sebagai Unggulan Destinasi MICE (Tahun 1) . Laporan Akhir Penelitian Hibah Bersaing Dikti. Politeknik Negeri Jakarta

Tan, Cheong Su Richard. 2007. A Comparative Analysis Of MICE Destinations Between Macau and Singapore. UNLV Theses/ Disertations/ Profesinal Paper. Las Vegas: University of Nevada

Tan , Doreen, Mark Goh Kheng Hock and Teo Chung Piaw. An Introspective Look At the Exhibition Industry in Singapore. National University of Singapore

Vengesayi, S., Destination Attractiveness and Destination Competitiveness: A Model of Destination Evaluation, ANZMAC 2003 Conference Proceedings Adelaide 1-3 December 2003, Monash University, (2003), 637 - 645

World Tourism Organization. 2006. Measuring The Economic Importance of The Meeting Industry: Developing a Tourism Satellite Account Extension. Madrid: UNWTO

https://10times.com/tradeshows


Refbacks

  • There are currently no refbacks.