Analisis Karakteristik Pengunjung Obyek Wisata Kebun Raya Balikpapan
Abstract
In this study, the authors aims to analyze characteristics of visitor at the Balikpapan Botanical Gardens Tourism Object. This study aims to determine the characteristics of visitors based on demographic characteristics, physiological characteristics and characteristics of travel patterns. The method used is descriptive qualitative research method with a rationalistic approach based on data obtained through questionnaires. The research results obtained, the demographic characteristics of visitors to the Balikpapan Botanical Gardens are dominated by the unmarried young generation, aged 17-30 years and dominated by male gender. As many as 36% of visitor respondents are students and university students. Physiological characteristics of visitors show that 98% of visitor respondents are tourists who make short visits <12 hours, and the largest budget allocation is for transportation so it is not consumptive. Based on the characteristics of the travel pattern, it was found that the majority of visitors (97.2% of respondents) were group visitors who arranged their own trips without the help of a travel agency for vacation purposes and the dominant vehicle preferences were using cars and motorbikes.
Keywords : Botanical Gardens, Tourism, Visitor, Characteristic
ABSTRAK
Dalam penelitian ini penulis menganalisis karakteristik pengunjung Objek Wisata Kebun Raya Balikpapan, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik pengunjung berdasarkan karakteristik demografis, karakteristik fisiologis dan karakteristik pola perjalanan. Metode yang digunakan yaitu, metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan rasionalistik berdasarkan data yang didapatkan melalui kuisioner. Hasil penelitian yang didapatkan, maka karakteristik demografis pengunjung Kebun Raya Balikpapan didominasi oleh generasi muda belum menikah, berusia 17-30 tahun dan didominasi oleh jenis kelamin laki-laki. Sebanyak 36% dari responden pengunjung merupakan pelajar dan mahasiswa. Karakteristik pengunjung secara fisiologis diperoleh hasil bahwa 98% responden pengunjung adalah wisatawan yang melakukan kunjungan singkat < 12 jam, dan alokasi anggaran terbesar adalah untuk transportasi sehingga tidak konsumtif. Berdasarkan karakteristik pola perjalanannya, diperoleh hasil bahwa mayoritas pengunjung (97,2% responden) merupakan pengunjung rombongan yang mengatur perjalanannya sendiri tanpa bantuan biro perjalanan dengan tujuan liburan dan preferensi kendaraan dominan adalah menggunakan mobil dan sepeda motor.
Kata kunci : Karakteristik, Kebun Raya, Pengunjung, Wisata
Full Text:
PDFReferences
Anonim. (2009). Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan. Departemen Kementerian Pariwisata, Jakarta.
Anonim. (1990). Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1990 Tentang Kepariwisataan. Departemen Kementerian Pariwisata, Jakarta.
Ingkadijaya, R., Damanik, J., Putra, H. S. A.., & Nopirin. (2016). Aktivitas Wisata Pilihan Keluarga Perkotaan. Khasanah Ilmu-Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 7(1).
Inskeep, Edward. (1991). Tourism Planning And Suistainable Development Approach. Van Nostrand Reinblod, New York.
Lubis, M. Z. M. (2018). Prospek Destinasi Wisata Halal Berbasis OVOP (One Village One Product). Maqdis: Jurnal Kajian Ekonomi Islam, 3(1), 31-47.
Nugroho, R. A. (2019). Karakteristik Wisatawan Nusantara yang Berkunjung ke Kota Solo. Jurnal Kepariwisataan Indonesia, 13(2), 25-35.
Martins, J., Goncalves, R., Branco, F., Barbosa, L., Melo, M., & Bessa, M. (2017). A Multisensory Virtual Experience Model For Thematic Tourism: A Port Wine Tourism Application Proposal. Journal of Destination Marketing & Management, 6(2), 103–109.
Pendit, Nyoman S. (2002). Ilmu pariwisata : Sebuah pengantar perdana. Jakarta Pradnya Paramita.
Pitana, Igde dan Gayatri, P.G. (2005). Sosiologi Pariwisata. Yogyakarta.
Porto, N., Rucci, A. C., & Ciaschi, M. (2018). Tourism accessibility competitiveness. A regional approach for Latin American countries. Investigaciones Regionales – Journal of Regional Research, 42, 75–91.
Seaton, A.V & Bennet M. (1996). The Marketing Tourism Products: Concepts, Issues and Cases. International Thomson Business Press: London. Sidharta.
Siregar, S. (2010). Statistika Deskriptif Untuk Penelitian, Jakarta: Rajawali Pers.
Smith, Stephen C.J. 1995. Tourism Analysis, A Handbook. Harlow, England, Longman Group Limited.
DOI: https://doi.org/10.32487/jshp.v5i2.1079
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JSHP: Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License