Informasi Audit dan Non Audit dalam Stock Price (Perusahaan Manufaktur di List BEI Periode 2018-2020)

Dion Yanuarmawan, Shinta Maharani Trivena, Yohan Bakhtiar

Abstract


Informasi (baik informasi audit maupun informasi non audit) memiliki peran bagi perusahaan terutama dalam pengambilan suatu keputusan. Keberadaan informasi tersebut dapat memberikan gambaran tentang keadaan perusahaan sehingga investor sebagai calon penanam modal bisa menentukan untuk melakukan investasi atau tidak selaku pihak eksternal. Tujuan penelitian adalah menganalisis dan menguji pengaruh informasi audit dan informasi non audit terhadap stock price di perusahaan manufaktur.   Penelitian menggunakan data sekunder yang ada di web BEI. Sampel 26 perusahaan dengan periode tahun 2018 sampai 2020. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Data dalam penelitian yaitu laporan keuangan dan harga saham. Pengujian hipotesis menggunakan koefisien determinasi, uji koefisien regresi serentak, dan uji koefisien regresi parsial. Kesimpulannya secara simultan informasi audit yaitu audit delay dan opini audit; dan informasi non audit yaitu laba bersih dan tingkat inflasi berpengaruh terhadap stock price. Secara parsial hanya audit delay yang tidak

Keywords


audit delay, opini audit, laba bersih, tingkat inflasi, harga saham

Full Text:

PDF

References


Agoes, S. (2014). Auditing. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Arens, A. A., & Beasley, M. S. (2007). Auditing and Assurance Services: An Integrated Approach. Prentice Hall.

Darmadji, & Fakhruddin. (2016). Pasar Modal di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.

Johnstone, K., Gramling, A., & Rittenberg, L. E. (2013). Auditing: A Risk-Based Approach to Conducting a Quality Audit. Cengage Learning.

Marindah, A. (2013). Pengaruh Audit Report Lag, Earnings Per Share, Opini Audit, dan Kantor Akuntan Publik terhadap Harga Saham pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Mulyadi. (2011). Akuntansi Manajemen : Konsep, Manfaat dan Rekayasa. Edisi Ketiga. Jakarta: Salemba Empat.

Pane, A. A. (2019). Pengaruh Risiko Sistematis, Nilai Tukar, Suku Bunga, dan Inflasi terhadap Harga Saham pada Industri Tekstil di Bursa Efek Indonesia. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Pardosi, G. (2012). Analisis Pengaruh Opini Auditor, Audit Report Lag, dan Kantor Akuntan Publik terhadap Harga Saham pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Saemargani, F. I., & Mustikawati., I. (2015). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, Profitabilitas, Solvabilitas, Ukuran KAP,dan Opini Auditor terhadap Audit Delay. Jurnal Nominal Vol. 4 No 2.

Soemohadiwidjojo, A. T. (2017). KPI Key Perfomance Indicator Untuk Perusahaan Industri. Jakarta: Raih Asa Sukses.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Widoatmodjo, S. (2012). Cara Sehat Investasi di Pasar Modal. Edisi Revisi. Jakarta: Elex Media Computindo.

Wulandari, Y. (2020). Pengaruh Laba Bersih, Arus Kas Aktivitas Operasi, Arus Kas Aktivitas Investasi, dan Arus Kas Aktivitas Pendanaan terhadap Harga Saham pada Perusahaan LQ 45 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Surabaya: Universitas Airlangga




DOI: https://doi.org/10.32487/jshp.v6i2.1485

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web
Analytics JSHP Visitor Stats

Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan (JSHP) by Politeknik Negeri Balikpapan.