Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Indonesia melalui Organizational Citizenship Behavior: Tinjauan Literatur Sistematis

Ainun Nur Aini Afifah, Olievia Prabandini Mulyana

Abstract


Pendidikan adalah sarana dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan guru merupakan pilar dari terlaksananya pendidikan di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran organizational citizenship behavior yang ada di lingkup sekolah serta mengetahui manfaatnya terhadap keberlangsungan organisasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah dengan melakukan tinjauan literatur terkait organizational citizenship behavior pada guru di sekolah. Pengumpulan data dilakukan melalui basis data elektronik Google Scholar dan Science Direct. Terdapat 425 artikel yang ditemukan dari hasil pencarian pada laman tersebut. Setelah melakukan screening dan review berdasarkan kriteria inklusif dan eksklusif, diperoleh 10 literatur yang disintesis pada tinjauan literatur ini. Berdasarkan penelitian tersebut, diketahui bahwa organizational citizenship behavior memiliki manfaat untuk meningkatkan efektivitas dan produktivitas dalam mencapai tujuan organisasi sehingga penting untuk meningkatkan organizational citizenship behavior pada guru di sekolah untuk meningkatkan kualitas pendidikan.


Keywords


Organizational Citizenship Behavior; Kualitas Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Afandi, F. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia Teori, Konsep dan Indikator. Zanafa Publishing.

Asopwan, D. (2018). Studi Tentang Akreditasi dalam Meningkatkan Produktivitas Sekolah. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.4321/ijemar.v2i2.1922

Bolino, M. C., Hsiung, H.-H., Harvey, J., & LePine, J. A. (2015). “Well, I’m tired of tryin’!” Organizational citizenship behavior and citizenship fatigue. Journal of Applied Psychology, 100(1), 56–74. https://doi.org/10.1037/a0037583

Creswell, J. W. (2015). A concise introduction to mixed methods research. SAGE Publications.

Fahzira, A. A., Fadli, U. M., & Khalida, L. R. (2023). Analisis Organizational Citizenship Behavior Pada Guru Di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Falah. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(5), Article 5. https://doi.org/10.37385/msej.v4i5.2602

Galvan, J. L., & Galvan, M. C. (2017). Writing Literature Reviews: A Guide for Students of the Social and Behavioral Sciences (7 ed.). Routledge. https://doi.org/10.4324/9781315229386

Harding, D., Kadiyono, A. L., & Talitha, R. (2020). Organizational Citizenship Behavior untuk Mewujudkan Pendidikan Berkualitas di Sekolah. Journal of Psychological Science and Profession, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.24198/jpsp.v4i1.26467

Hermanto, Y. B., Srimulyani, V. A., & Pitoyo, D. J. (2024). The mediating role of quality of work life and organizational commitment in the link between transformational leadership and organizational citizenship behavior. Heliyon, 10(6). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2024.e27664

Ismail, S., Omar, Z., Ismail, I. A., Alias, S. N., & Rami, A. A. M. (2021). Item Generation Stage: Teachers’ Organizational Citizenship Behavior. Pertanika Journal of Social Sciences and Humanities, 29(4), 2503–2523. https://doi.org/10.47836/pjssh.29.4.23

Maryani, M., Moelyati, T. A., & Marlibatubara, M. (2022). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Organizational Citizenship Behavior serta Pengaruhnya Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Di Wilayah Perairan Kabupaten Banyuasin. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Ekonomi, 3(4), 207–228. https://doi.org/10.47747/jbme.v3i4.845

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis. SAGE Publications.

Organ, D. W., Podsakoff, P. M., & MacKenzie, S. B. (2006). Organizational citizenship behavior: Its nature, antecedents, and consequences. SAGE Publications.

Pratiwi, I., Nuryanto, U. W., & Suparmoko, M. (2022). Peran organizational citizenship behaviour dalam memediasi kepemimpinan kepala sekolah dan komitmen organisasi terhadap kinerja sekolah. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 8(3), Article 3.

Riggio, R. E. (2018). Introduction to Industrial/Organizational Psychology. Routledge.

Rokhmat, J., Muhaimi, L., Muntari, M., Harsanah, H., & Hikmah, R. L. (2022). Strategi Kepala Sekolah untuk Pengembangan OCB Guru dan Pegawai di SMKN 1 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3c), Article 3c. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3c.865

Saepudin, U., & Djati, S. P. (2019). Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) Guru Dengan Komitmen Organisasional Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Ilmiah Bisnis, Pasar Modal Dan UMKM, 2(1), 123–136.

Salim, S., Prajono, R., Nurhayati, N., Abdin, A., & Saputra, H. N. (2020). Teacher Behavior Profile in Organization Citizenship Behavior: Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v9i2.754

Sari, N. P., & Muhammad, H. (2019). Organizational Citizenship Behavior Guru Sekolah Menengah Atas dan Sederajat di Lingkungan Pondok Pesantren. Relevance: Journal of Management and Business, 2(2). https://doi.org/10.22515/relevance.v2i2.1928

Soparidah, S., Madhakomala, R., & Hanafi, I. (2021). Productive teacher job satisfaction: Disentangling organizational climate, facility management, and organizational citizenship behavior. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 10(4), Article 4. https://doi.org/10.11591/ijere.v10i4.21299

Tintingon, J. Y., Lumapow, H. R., & Rotty, V. N. J. (2023). Problematika dan Perubahan Kebijakan Pendidikan di Indonesia. Jurnal Education FKIP UNMA, 9(2), 798–809. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5088




DOI: https://doi.org/10.32487/jshp.v8i2.2143

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web
Analytics Visitor Stats

JSHP: Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License