Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Perpajakan, dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak: Uji Empiris pada Wajib Pajak Kendaraan Bermotor di Kota Balikpapan

Ranita Ramadhani, Putri Kartika Yulianti, Ramli Ramli, Hendra Sanjaya Kusno

Abstract


This research seeks to analyze the impact of independent variables, namely Taxpayer Awareness, Tax Penalties, and Service Quality on the dependent variable, namely Taxpayer Honesty in relation to motor vehicle tax payments. The recearch subjects were taxpayers registered at the UPTD PPRD Bapenda Balikpapan City. The research sample consisted of 400 people selected using the random sampling method with the Slovin formula for sample selection. Data collection was conducted using a questionnaire, and data analysis was performed using the Smart PLS (Partial Least Square) program. Based on the research results, Taxpayer Compliance in relation to motor vehicle tax payments is partially influenced by Taxpayer Awareness, Tax Penalties, and Service Quality. The degree of Taxpayer Complieance is positvely influenced by each of the three independent variables.


Keywords


Taxpayer Awareness; Tax Penalties; Service Quality' Taxpayer Compliance

Full Text:

PDF

References


Atarwaman, R. (2020). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak Dan Kualitas Pelayanan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Jurnal Akuntansi, 6(1), 3951.

Fatmawati, S & Adi, S. (2022). Pengaruh Kesadaran Pajak, Kualitas Pelayanan Fiskus, Tingkat Pemahaman Pajak, Tingkat Pendapatan Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Empiris Pada Samsat Kota Surakarta). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 883–890.

Hartopo, A., Masitoh,E., & Siddi, P. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan, Kesadaran, Pemeriksaan, Pengetahuan, Dan Sanksi Pajak Atas Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Di Kecamatan Delanggu. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Manajemen (Jiam), 16(2), 0216–7832.

Isnaini, P & Karim, A. (2021). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Kasus Pada Kantor Samsat Kabupaten Gowa). Pay Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 3(1), 0459–2657.

Jumaini, Mahaputra, I. N., & Ardianti, P.N. (2021). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kewajiban Moral, Sosialisasi Pajak, Sanksi Perpajakan dan Kualitas Pelayanan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di Kantor Bersama Samsat Kota Denpasar. Jurnal Kharisma, 3(3).

Juliantari, N. K. A., Sudiartana, I. M., & Dicriyani, N. L. G. M. (2021). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan, Kewajiban Moral, Sanksi Pajak, Dan Sosialisasi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam membayar Pajak Kendaraan Bermotor Di Kantor Samsat Gianyar. Kumpulan Hasil Riset Mahasiswa Akuntansi (KHARISMA), 3(1).

Karlina, U & Ethika, M. (2020). Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Jurnal Kajian Akuntansi Dan Auditing, 15(2), 2721–8457.

Kowel, V., Kalangi, L., & Tangkuman, S. (2019). Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak Dan Modernisasi Administrasi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di Kabupaten Minahasa Selatan. Tangkuman 4251 Jurnal Emba, 7(3), 4251–4260.

Kusno, H. S., Wijayani, D. I. L., & Santika, S. (2021). Pengaruh pemahaman ketentuan umum perpajakan dan peraturan pemerintah tentang pajak umkm terhadap kepatuhan wajib pajak umkm. Akuntabel, 18(1), 120-129.

Mahasari, N. (2023). Pengaruh Sistem Kualitas Pelayanan, Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Di Kantor Samsat Kota Bandar Lampung. Prosiding Konferensi Ilmiah Akuntansi (KIA), 10.

Manek, K., & Subardjo, A. (2019). Pengaruh Pengetahuan Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 8(2).

Masur, G & Rahayu, Y. (2020). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 9(3).

N Rianty, M & Syahputera, R. (2020). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan Fiskus, Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Pelaporan Wajib Pajak. Balance : Jurnal Akuntansi Dan Bisnis, 5(1), 13–25. Http://Jurnal.Um-Palembang.Ac.Id/Balance

Sarifah, N., Sukidin., & Hartanto. (2020). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Lima Tahunan (Studi Di Kantor Bersama Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap Soebandi Kabupaten Jember). Jurnal Pendidikan Ekonomi, 14(2), 2548–7175.

Virgiawati, P., Samin., & Kirana, D. (2019). Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan, Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Pada Wajib Pajak Di Samsat Jakarta Selatan). Jurnal Monex, 8(2), 2549–5046.

Widiastini, N. P. A., & Supadmi, N. L. (2020). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi, Kualitas Pelayanan Dan Sosialisasi Pada Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. E-Jurnal Akuntansi, 30(7), 1645. Https://Doi.Org/10.24843/Eja.2020.V30.I07.P03

Yudha, P., Setyorini, N., & Utami, R. (2023). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan, Kewajiban Moral Dan Sosialisasi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di Kabupaten Pati. Jurnal Riset Ekonomi Dan Akuntansi, 1(1), 01–09.




DOI: https://doi.org/10.32487/jshp.v9i2.2583

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web
Analytics Visitor Stats

JSHP: Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License