Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Orientasi Pasar terhadap Kinerja UMKM

Elvina Elvina

Abstract


Entrepreneurial orientation and market orientation are very importantthat must be owned by an entrepreneur in order to succeed in the business. This study aims to determine and to know the influence of entrepreneurial orientation and market orientation on the performance of SMEs inthe fashion sector in Labuhanbatu Regency and Labuhanbatu Selatan Regency, North Sumatra Province. This study involved 205 SMEs as the owners of the fashion industry in Labuhanbatu Regency and South Labuhanbatu Regency. The study was analyzed with Structural Equation Modeling using AMOS software version 23.The results showed that entrepreneurship orientation and market orientation has a significant role in improving the performance of the fashion industry. We also found that market orientation has the most influence in improving performance. Besides that, it was found that the dominant factor in increasing entrepreneurial orientation was the ability to capture and identify business opportunities, while to shape market orientation, giving attention and customer satisfaction has an important role. We recommend for providing training to entrepreneurs related to how to identify and capture opportunities and also about increasing customer satisfaction.

Key Words: Entrepreneurial Orientation, Market0Orientation, SMEs Performance

ABSTRAK

Orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar memiliki peran yang sangat penting yang harus dimiliki seorang pengusaha agar berhasil dalam menjalankan bisnisnya. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskanpengaruh orientasi kewirausahaan danorientasi pasar terhadap kinerja UMKM sektor fashiondi Kabupaten Labuhanbatu dan Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Provinsi Sumatera Utara. Penelitian ini melibatkan 205 UMKM pemilik industri fashion di Kabupaten Labuhanbatu dan Kabupaten Labuhanbatu Selatan.  Penelitian dianalisisdenganStructural Equation Modeling dengan menggunakan software AMOS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi kewirausahaan maupun orientasi pasar memiliki peran yang signifikan dalam meningkatkan kinerja UMKM sektorindustri fashion. Kami jugamenemukan bahwa orientasi pasar memiliki pengaruh yang paling besar dalam meningkatkan kinerja UMKM. Disamping itu ditemukan bahwa faktor yang dominan dalam meningkatkan orientasi kewirasauhaan adalah kemampuan dalam menangkap dan mengidentifikasi peluang bisnis, sedangkan untuk membentuk orientasi pasar, memberikan perhatian dan kepuasan pelanggan memiliki peran penting.  Penulis merekomendasikan untuk memberikan pelatihan kepada pelaku usaha UMKM berkaitan dengan bagaimana mengidentifikasi dan menangkap peluang dan juga tentang peningkatan kepuasan pelanggan.

 Kata Kunci  :Orientasi Kewirausahaan,0Orientasi Pasar, Kinerja UMKM



Full Text:

PDF

References


Al Mamun, A., Kumar, N., Ibrahim, M. D., & Bin Yusoff, M. N. H. (2017). Validating the measurement of entrepreneurial orientation. Economics and Sociology, 10(4), 51–66. https://doi.org/10.14254/2071-789X.2017/10-4/5

Alizadeh, A., Alipour, H., & Hasanzadeh, M. (2013). Market Orientation and Business Performance among Smes Based in Ardabil Industrial City-Iran. Kuwait Chapter of Arabian Journal of Business and Management Review, 2(7), 38–47. https://doi.org/10.12816/0001216

Amrulloh, F. (2017). Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan dan Inovasi terhadap Kinerja Pemasaran. Diponegoro Journal of Social and Political Science, (10), 1–12. https://doi.org/10.1002/ecj.10387

Bagozzi, R. ., Yi, Y., & Sing, S. (1991). On the use of structural equation models in experimental designs: Two extensions. International Journal of Research in Marketing, 8(2), 125–140. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/0167-8116(91)90020-8

Bamfo, B. A., & Kraa, J. J. (2019). Market orientation and performance of small and medium enterprises in Ghana: The mediating role of innovation. Cogent Business and Management, 6(1), 1–16. https://doi.org/10.1080/23311975.2019.1605703

Butler, D. (2006). Enterprise Planning and Development, small business start-up survival and growth. Elsevier Ltd. All rights reserved. The.

Byrne, B. M. (2010). Structural Equation Modeling with AMOS. In Structural Equation Modeling with Amos Basic Concepts, Applications, and Programming (2nd ed.). https://doi.org/10.4324/9781410600219

Darroch, J. (2005). Knowledge management , innovation and firm performance. Journal of Knowledge Management, 9(3), 101–115. https://doi.org/10.1108/13673270510602809

Hair, J. F. H., Hult, G. T., Ringle, C. M., & Sarstedt. (2017). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modelling (PLS-SEM). Los Angeles: Sage Publications.

Hair Jr, J., Hult, G. T. ., Ringle, C., & Sarstedt, M. (2013). A primer on partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM). Thousand Oaks: Sage Publications.

Herlambang, G., & Mawardi, M. K. (2017). Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk terhadap Kinerja UKM (Studi pada Sentra UKM Meubel di RW 01 dan RW 02, Kelurahan Tunjungsekar, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang). Jurnal Administrasi Binis (JAB), 49(2), 56–62.

Kuncoro, M. (2006). Strategi : Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif. Jakarta: Erlangga.

Layoo, N., & Rahman, W. (2019). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dengan Kinerja Usaha Mikro Kecil di Kabupaten Banggai. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan Vol., 7(1).

Lekmat, L., Christopher Selvarajah, & Chandana Hewege. (2018). Relationship between Market Orientation, Entrepreneurial Orientation, and Firm Performance in Thai SMEs: The Mediating Role of Marketing Capabilities Laddawan. International Journal of Business and Economics, 17(3), 213–237. https://doi.org/10.31671/dogus.2018.27

Manahera, M. M., Moniharapon, S., & Tawas, H. N. (2018). Analisis Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan Terhadap Inovasi Produk Dan Kinerja Pemasaran (Studi Kasus Umkm Nasi Kuning Di Manado). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4).

Mardiyono, A. (2015). Pengaruh Orientasi Pasar dan Pembelajaran Organisasi Terhadap Keunggulan Bersaing Dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran (Tinjauan Teoritis). Serat Acitya, 4(1), 48–59.

Mokhtar, S. S. M., Yusoff, R. Z., & Ahmad, A. (2014). Key elements of market orientation on Malaysian SMEs performance. International Journal of Business and Society, 15(1), 49–64.

Ospina, J. M., & Perez, G. (2013). A measure of market orientation: Development and validation in a different cultural context. Innovar, 23(49), 41–49.

Ranto, D. W. P. (2016). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja UMKM Bidang Kuliner di Yogyakarta. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Akuntansi, III(2), 1–11.

Schumacker, R. E., & Lomax, R. G. (2010). A Beginner’s Guide to Structural Equation Modeling (3rd ed.). Taylor & Franciss Group.

Setiawan, H. (2013). Pengaruh Orientasi Pasar, Budaya Organisasi dan Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja Usaha (Studi pada Usaha Kecil Pengolahan di Kota Palembang) Heri Setiawan 1. Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Sriwijaya, 11(3).

Shafariah, H., Edison, E., & Mattajang, R. (2016). Hubungan Orientasi Kewirausahaan Dengan Pertumbuhan Umkm: Peran Aspek Permodalan Dan Pemerintah Sebagai Moderator. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 1(1), 61–70. https://doi.org/10.36226/jrmb.v1i1.11

Silviasih, Slamet, F., & Iskandar, D. (2016). Pengaruh Orientasi Pasar Dan Orientasi Kewirausahan Terhadap Kinerja Usaha Pada Pemilik UKM Sektor Manufaktur Garmen Di Tanah Abang, Jakarta Pusat. Jurnal Ilmiah Manajemen BIsnis, 16(1), 13–24.

Siregar, Z. M. E., & Lubis, J. (2017). Merit System in The Placement of Civil Servants and its Effect toward Performance of Sub-district Office in Labuhanbatu Region Nort Sumatera. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering PAPER, 180. https://doi.org/10.1088/1742-6596/755/1/011001

Siregar, Z. M. E., Suryana, Ahman, E., & Senen, S. H. (2019a). Does knowledge management enhance innovation: A literature review. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(9), 1991–1994. Retrieved from http://www.ijstr.org/final-print/sep2019/Does-Knowledge-Management-Enhance-Innovation-A-Literature-Review.pdf

Siregar, Z. M. E., Suryana, Ahman, E., & Senen, S. H. (2019b). Factors influencing innovative work behavior: An individual factors perspective. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(9), 324–327. Retrieved from http://www.ijstr.org/final-print/sep2019/Factors-Influencing-Innovative-Work-Behavior-An-Individual-Factors-Perspective-.pdf

Sumiati. (2015). Pengaruh Strategi Orientasi Wirausaha dan Orientasi Pasar Pengaruhnya Terhadap Kinerja Perusahaan UMKM di Kota Surabaya. Jurnal Ekonomi & Manajemen, 1(1), 31–44.

Suryaningsih. (2019). Kinerja UMKM ditinjadu dari Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan dan Inovasi. Jurnal Dinamika Bisnis Dan Manajemen, 2(2).

Syamsuri, A. R., & Siregar, Z. M. E. (2018). Analisis Pelatihan, Disiplin Kerja, Remunerasi, dan Motivasi Berprestasi dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening terhadap Kinerja Karyawan. JSHP ( Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan), 2(2), 95. https://doi.org/10.32487/jshp.v2i2.470

Tomášková, E. (2009). The current methods of measurement of market orientation. European Research Studies Journal, 12(3), 135–150.




DOI: https://doi.org/10.32487/jshp.v4i1.794

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Web
Analytics JSHP Visitor Stats