Implementasi Kebijakan Retribusi Parkir di Tepi Jalan Umum Kota Pangkalpinang

Putra Pratama Saputra, Revy Safitri

Abstract


There are large of number vehicle trips in Pangkalpinang City that raise parking spaces allocation. The parking spaces not only use parking lots but also use legal or illegal on-street parking. The on-street parking that optimally manages can be a source of local revenue through retribution on on-street parking services. The local revenue of Pangkalpinang City from the on-street parking retribution sector is not running optimally, so it is necessary to review the implementation of the on-street parking retribution policy that has been applied. The product of the policy that will be reviewed in this study is a local government regulation relating to on-street parking retribution issued by the Government of Pangkalpinang City. This study uses a qualitative research method through interviews, observation, and secondary data collection. The result of this study reveals that the implementation of the on-street parking retribution policy in Pangkalpinang City is maximal yet. Therefore, it is necessary to evaluate the current on-street parking retribution policy in Pangkalpinang City, so that the local revenue from the on-street parking retribution can be optimized.

Keywords: policy implementation, public policies, on-street parking, local government regulations, parking fees

 ABSTRAK

Pergerakan kendaraan yang tinggi di Kota Pangkalpinang menimbulkan kebutuhan ruang parkir yang tidak hanya memenuhi lahan parkir, namun juga menggunakan tepi jalan umum baik yang legal maupun ilegal sebagai tempat parkir kendaraan. Penggunaan tepi jalan umum sebagai tempat parkir bila dikelola secara optimal dapat menjadi sumber pendapatan asli daerah melalui retribusi pelayanan parkir di tepi jalan umum. Penerimaan retribusi parkir di Kota Pangkalpinang dinilai belum optimal, sehingga perlu ditinjau implementasi kebijakan retribusi parkir yang telah terlaksana. Produk dari kebijakan yang akan dikaji implementasinya dalam penelitian ini adalah peraturan daerah yang dikeluarkan oleh Pemerintah Kota Pangkalpinang yang berkaitan dengan retribusi parkir di tepi jalan umum. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif melalui teknik wawancara, observasi, dan pengumpulan data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kebijakan retribusi parkir di tepi jalan umum Kota Pangkalpinang dinilai belum maksimal, sehingga perlu dilakukan evaluasi terhadap kebijakan retribusi parkir di tepi jalan umum Kota Pangkalpinang yang ada saat ini agar penerimaan retribusi parkir dapat lebih optimal.

Kata kunci: implementasi kebijakan, kebijakan publik, parkir di tepi jalan umum, peraturan daerah, dan retribusi parkir


Full Text:

PDF

References


Dwidjowijoto, R. N. (2003). Kebijakan Publik : Formulasi, Implementasi, dan Evaluasi. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Grindle, M. S. (2017). Politics and Policy Implementation in the Third World. Princeton.

Indrati, M. F. (2007). Ilmu Perundang-Undangan: Jenis, Fungsi dan Materi Muatan. Yogyakarta: Kanisius.

Islamy, I. (2009). Prinsip-prinsip Perumusan Kebijaksanaan Negara. Jakarta: Bumi AKsara.

Miswandaru, R. (2015). Evaluasi Kebijakan Kenaikan Tarif Parkir Tepi Jalan Umum Menurut Perda No 2 Tahun 2012 Tentang Retribusi Jasa Umum di Kota Semarang.

Morris, A. (2015). A Practical Introduction to In-Depth Interviewing. SAGE Publications.

Parsons, W. (2008). Publik Policy: Pengantar Teori dan Analisis Kebijakan Publik. Jakarta: Prenada Media Grup.

Peraturan Daerah Kota Pangkalpinang Nomor 13 (2016). Tentang Penyelenggaraan Perhubungan di Kota Pangkalpinang.

Peraturan Daerah Kota Pangkalpinang Nomor 16 (2011). Tentang Retribusi Jasa Umum.

Peraturan Daerah Kota Pangkalpinang Nomor 5 (2016). Tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kota Pangkalpinang Nomor 16 Tahun 2011 Tentang Retribusi Jasa Umum.

Peraturan Daerah Kota Pangkalpinang Nomor 6 (2004). Tentang Tata Tertib Pengelolaan Perparkiran.

Peraturan Walikota Pangkalpinang Nomor 51 (2014). Tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Peraturan Daerah Kota Pangkalpinang No. 16 Tahun 2011.

Purwanto, E. A., & Sulistyastuti, D. R. (2015). Implementasi Kebijakan Publik Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Yogyakarta: Gava Media.

Rye, T. (2010). Parking Management: A Contribution Towards Liveable Cities. Transport Policy AdvisoryServices, 1–50.

Safitri, R., & Amelia, R. (2018). Evaluasi Tarif On-Street Parking berdasarkan Ability To Pay (ATP) dan Willingness To Pay (WTP) di Kawasan Plaza Pangkalpinang - Bangka Trade Center Kota Pangkalpinang (pp. 195–200). Batam: Konteks 12.

Safitri, R., Amelia, R., & Manik, J. D. N. (2019). Evaluasi Tarif Parkir di Tepi Jalan Umum berdasarkan Zona di Kota Pangkapinang. BENTANG : Jurnal Teoritis Dan Terapan Bidang Rekayasa Sipil, 7(2), 104–109. https://doi.org/10.33558/bentang.v7i2.1751

Safitri, R., Amelia, R., & Manik, J. D. N. (2020). The Effectiveness of On-Street Parking Fees in Pangkalpinang City, 436, 523–525. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200529.109

Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suharto, E. (2005). Analisis Kebijakan Publik: Panduan Praktis Mengkaji Masalah dan Kebijakan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Tamin, O. Z. (2008). Perencanaan, Pemodelan, & Rekayasa Transportasi. Bandung: Penerbit ITB.

Tilaar, H. A. R., & Nugroho, R. (2008). Kebijakan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 22 (2009). Indonesia: Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 23 (2014). Indonesia: Tentang Pemerintah Daerah.

Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 28 (2009). Indonesia: Tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

Wahab, S. A. (2008). Analisis Kebijakan: dari Formulasi ke Implementasi Kebijakan Negara. Jakarta: Bumi Aksara.

Warpani, S. P. (2002). Pengelolaan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Bandung: Penerbit ITB.




DOI: https://doi.org/10.32487/jshp.v4i2.841

Refbacks



Web
Analytics JSHP Visitor Stats

 Creative Commons License

JSHP is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.