Evaluasi Kebijakan Pengadaan Kebutuhan Mesin Kapal (Studi Kasus PT Pertamina Region VI Balikpapan)

Wagimin Wagimin

Abstract


Abstract

PT. Pertamina  (Persero)   Region VI Balikpapan Kalimantan  Marine Department is responsible for  the smooth   distribution of oil  at sea, After about    six years of      operation  to replace the   engines  were new, there are  possible factors     that  influence  the course of a new boat engine       replacement project    due to  different the current   situation with situation at the   time to do  feasibility study   six  years earlier,   so that should be   evaluated  to  determine whether  the project is still feasible to run. The   financial    aspects of   the old   boat   engine   repair   NPV $ 482,006  while for a new boat engine    replacement $ 1,201,148 NPV and boat contrac  $.1.069.480.  IRR value  is greater   than   that required   by the company, which    is to repair the old boat engines for the replacement of  33.2%   while the new boat engine replacement 38, 67% improvement in PI and old ship engines for 1,09   while for new   ship engines 1,03    replacement    so that   the  investment is feasible, Payback Period for the old boat engine repair over 3 years, 10 months, 2 days while a     replacement engine    for a new 3 year and 5 ships month 19 days. From the sensitivity analysis found that    the project to repair the old   boat engine   feasible if    cash flow   is greater than $ .281.615 while    for a new   boat engine   replacement is   feasible if   cash flow is greater than $ 541.538. Of the three alternative NPV feasible because alternative investments are Mutually Exclusive then only have one alternative calculation that is an alternative to the second purchase of new ship's engines.

 

Keyword :  Investment Mutually Exclusive, Aspect financial: NPV, IRR, Profitability Index, Payback period and Sensitivity.

 

Abstrak

                PT. Pertamina (Persero) Region VI Balikpapan Kalimantan Marine Departement adalah bertanggung jawab terhadap kelancaran distribusi minyak di laut, Setelah kurang lebih enam  tahun beroperasi mengganti mesin kapal baru , dimungkinkan terdapat faktor-faktor yang berpengaruh terhadap jalannya proyek penggantian mesin kapal baru karena berbedanya situasi saat ini dengan situasi pada saat dilakukan studi kelayakan enam  tahun sebelumnya, sehingga perlu dilakukan evaluasi untuk mengetahui apakah proyek tersebut masih layak untuk dijalankan. Aspek financial perbaikan mesin kapal lama diperoleh NPV $ 482.006 sedangkan untuk penggantian mesin kapal baru NPV $ 1.201.148 dan NPV kontrak kapal adalah $.1.069.480. nilai IRR lebih besar dari yang disyaratkan perusahaan, yaitu untuk perbaikan mesin kapal lama 33,2 % sedangkan untuk penggantian mesin kapal baru 38,67 % dan nilai PI perbaikan mesin kapal lama sebesar 1.09 sedangkan untuk penggantian mesin kapal baru 1,03 sehingga investasi dikatakan layak, Payback Period untuk perbaikan mesin kapal lama lebih 3 tahun, 10 bulan, 2 hari sedangkan untuk penggantian mesin kapal baru 3 tahun 5 bulan 19 hari. Dari analisis sensitivitas diketahui bahwa proyek untuk perbaikan mesin kapal lama layak jika aliran kas lebih besar dari $.281.615 sedangkan untuk penggantian mesin kapal baru  masih layak untuk dilakukan jika aliran kas lebih besar dari $ 541.538.Dari NPV ketiga alternative layak dilakukan karena alternative investasi bersifat Mutually Exclusive maka hanya dipilih satu alternatif perhitungan yaitu alternatif ke II pembelian mesin kapal baru.

 

Kata Kunci :  Investasi Mutually Exclusive, Aspek finansial: NPV, IRR, Profitability Index, Payback period dan Sensitifitas.




DOI: https://doi.org/10.32487/jst.v2i1.114

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)

View My Stats