WISATA SETIGI GRESIK VIRTUAL TOUR BERBASIS ANDROID

Anfa'ul Fitri

Abstract


Setigi adalah salah satu wisata yang berada di Desa Sekapuk Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik yang menawarkan konsep berupa perpaduan dari keindahan alam dengan bangunan bekas dari penambangan kapur. Setigi menawarkan konsep sebagai wisata alam dan juga edukasi peradaban, sehingga bisa menjadi daya tarik bagi pengunjung. Namun disamping terdapat keunggulan tersebut, wisata Setigi terbilang masih baru, sehingga masih belum diketahui banyak publik. Hal ini dikarenakan belum adanya media informasi yang menggambarkan objek wisata Setigi secara nyata. Dengan memanfaatkan teknologi yang semakin berkembang, penulis berencana membuat sebuah aplikasi virtual tour dengan tujuan sebagai media penyampaian informasi untuk memperlkenalkan wisata Setigi. Informasi dikemas dalam bentuk aplikasi virtual tour berbasis foto 360 derajat yang bisa diakses dengan menggunakan android. Adapun untuk metode pembuatan desain dan pengembangan aplikasi menggunakan Multimedia Development Life Cycle (MDLC), dimana metode tersebut paling sesuai dengan menekankan 6 tahap pengembangan yaitu konsep, desain, pengumpulan data, pemasangan, pengujian, dan distribusi. Pada proyek akhir ini dilakukan pengujian berupa pengujian fungsionalitas aplikasi dengan keberhasilan mencapai 100%, pengujian terhadap perangkat, dan pengujian dengan membagikan kuisioner ke 30 pengunjung wisata setigi. Sehingga dapat disimpulkan dengan menerapkan media pengenalan tersebut bisa mempermudah pengenalan lokasi yang berada di Setigi.

Kata Kunci: Setigi, Virtual Tour, Android, MDLC, Foto 360


References


Badan Pusat Statistik Kabupaten Gresik. 2020. Kabupaten Gresik dalam angka 2020. BPS Kabupaten Gresik. Gresik.

Vanrio, R., 2020. “40 Tempat Wisata Di Gresik Terbaru”. https://idntrip.com/tempat-wisata-di-gresik. 15 November 2020 (10.00)

Azmi, A, dan D. Mayasari., 2020, “Wisata Setigi Gresik Terima Penghargaan Bergengsi di Bali”. https://www.timesindonesia.co.id/read/news/305520/wisata-setigi-gresik-terima-penghargaan-bergengsi-di-bali. 15 November 2020 (10.00)

Osman A, N, A. Wahab, and M. H. Ismail,. “Development and

Evaluation of an Interactive 360° Virtual Tour for Tourist Destinations,” Journal of Information Technology Impact vol.9, No.3, pp.173-182, 2009




DOI: https://doi.org/10.32487/jst.v8i1.1202

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JST (Jurnal Sains Terapan)

View My Stats