Uji Organoleptik Choux Paste Dengan Penambahan Bubuk Dan Ekstrak Bayam Merah

Tri Retno Nugroho, Ria Setyawati

Abstract


Choux paste merupakan salah satu produk pastry. Choux paste di Indonesia dikenal dengan sebutan kue sus. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui proses pengolahan choux paste dengan penambahan bubuk bayam merah dan sari bayam merah, untuk mengetahui tingkat kesukaan (hedonic) dan tingkat kelayakan (mutu hedonic) berdasarkan aspek warna, aroma, tekstur dan rasa. Hasil dari eksperimen pengujian produk didapatkan hasil yang layak untuk dilakukan pengujian uji organoleptic terhadap 3 formulasi produk kepada 5 panelis ahli. Hasil uji hedonik dari keseluruhan aspek menunjukkan bahwa produk formula 3 adalah hasil tertinggi  dengan nilai rata-rata 3,75 penelis menyatakan suka terhadap choux paste dengan penambahan bubuk dan sari bayam merah dan untuk hasil uji mutu hedonic dari keseluruhan aspek menunjukkan bahwa formula 3 dengan nilai rata-rata 3,80 sebagai produk yang memiliki mutu terbaik dengan warna coklat kemerahan, beraroma khas bayam merah, bertekstur lembut dan agak berongga, dan berasa bayam merah.

 

Kata kunci:  choux paste, red spinach, organoleptic test


References


] Adelia, F.P., Koesriharti, Sunaryo. (2013). Pengaruh Penambahan unsur Hara Mikro (Fe dan Cu) dalam media Paitan Cair dan Kotoran Sapi Cair terhadap pertumbuhan hasil Bayam Merah (Amarathus tricolor L.) dengan Sistem Hidroponik rakit Apung. Jurnal Produksi Tanaman.

] Eppang, B., Nurhaeni, Khairuddin, Ridhay, A., & Jusman. (2020). Retensi Antosianin dari Ekstrak Daun Bayam Merah (Alternanthera amoena Voss) pada Pengolahan Mie Basah. KOVALEN: Jurnal Riset Kimia, 6(1), 53–60. https://doi.org/10.22487/kovalen.2020.v6.i1.14795

] Lingga, Lanny. (2010). Cerdas memilih Sayuran. Jakarta: Penerbit Agro Media Pustaka.

] Ningsih, S., (2005). Pengaruh Subtitusi Tepung Bayam Pada Pembuatan Bolu Kukus Terhadap Cita Rasa dan Kadar Fe. Skripsi. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utama Medan.

] Oktavina Permatasari, Natalia Ratna Yulianti, Ariani Damayant, & Maria Dolorosa P.S. (2022). Formulasi Bolu Sebagai Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) Subtitusi Tepung Tempe dan Tepung Bayam Merah. Journal of Food Technology and Agroindustry, 4.

] Sugiyono. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif R&D. Jakarta: Alfabeta.

] Suwita, K., Razak, M., Putri, R. A., Gizi, J., Kesehatan, P., & Malang, K. (2012). Pemanfaatan Bayam Merah (Blitium Rubrum) untuk Meningkatkan Kadar Zat Besi dan Serat pada Mie Kering. https://doi.org/https://doi.org/10.35891/agx.v3i1.745




DOI: https://doi.org/10.32487/jst.v9i1.1717

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JST (Jurnal Sains Terapan)

View My Stats