Evaluasi Kegiatan Promosi Politeknik Negeri Balikpapan Dalam Menjaring Mahasiswa Baru Periode 2013 – 2015
Abstract
Promosi yang dilakukan oleh PT termasuk Politeknik Negeri Balikpapan dalam kurun waktu tiga tahun 2013 – 2015 dalam menjaring mahasiswa baru memberikan beberapa manfaat pertama calon mahasiswa baru dapat memperoleh informasi sebanyak-banyaknya mengenai kampus yang diinginkannya.Dengan adanya promosi, calon mahasiswa baru dapat mengetahui dimana mereka harus mendaftar, jurusan dan program studi yang ditawarkan, dan sebagainya.Kedua, pengelola Perguruan Tinggi dapat meningkatkan peluang jumlah calon mahasiswa baru yang mendaftar.Manfaat tersebut merupakan esensi terpenting dari promosi tersebut.Penelitian ini menfokuskan pada evaaluasi kegiatan promosi yang telah dilakukan oleh management Poltekba dengan metode deskriptif-kualitatif yaitu survei dengan teknik analisis deskriptif dengan jumlah 278 responden yakni mahasiswa Politeknik Negeri Balikpapan angkatan 2013, 2014, dan 2015 yang dilakukan secara acak (random). Selain itu melakukan wawancara kepada bagian humas Poltekba untuk mengetahui program promosi yang telah dilaksanakanHasil penelitian ini menunjukan bahwa kegiatan promosi yang telah dilaksanakan oleh management Poltekba belum memberikan dampak secara luas kepada masyarakat Balikpapan khususnya dan Kalimantan Timur bahkan Indonesia secara umum. Sebagian besar mahasiswa yang telah kuliah di Poltekba dalam tiga tahun terakhir hanya mengetahui Poltekba dari orang tua/ kerabat mereka.Kegiatan promosi melalui pameran, pengiriman brosur, dan presentasi langsung ke sekolah tidak signifikan memengaruhi keputusan responden memilih Poltekba sebagai pilihan utama.Sebagian besar responden (60 persen) responden memilih Poltekba karena status kampus negeri dan biaya kuliah yang murah bukan didasarkan pada kualitas yang ditelah dihasilkan.
Full Text:
PDFReferences
Alo, Liliweri. 2011. Komunikasi Serba Ada Serba Makna, Jakarta:Prenada Media Group, Edisi pertama.
Alo, Liliweri. 2011. Komunikasi Serba Ada Serba Makna, Jakarta:Prenada Media Group, Edisi pertama.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.
Basrowi, Suswandi. Memahami Penelitian Kualitatif, Rineka Cipta, Jakarta, 2008.
Buchari Alma. 2003. Pemasaran Strategik dan Jasa Pendidikan, Bandung: Alfabeta,2003, Cet.1.
Buchari Alma. 2007. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Bandung: CV. Alfabeta.
Buchari Alma dan Ratih Hurriyati. 2008. Manajemen Corporate dan Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Fokus Pada Mutudan Layanan Prima, Bandung: Alfabeta.
Cangara,Hafied.2013. Perencanaan dan Strategi Komunikasi, Jakarta:Rajagrafindo Persada, Edisi satu.
Cangara,Hafied. 2012. Pengantar Ilmu Komunikasi,Jakarta : Rajagrafindo Persada, Edisi. 2.
Djaslim Saladin.2006. Manajemen Pemasaran,Bandung : Linda Karya.
Djaslim Saladin. 2008, Manajemen Pemasaran, Bandung; Linda Karya.
Fajar Laksana. 2008., Manajemen Pemasaran, Yogyakarta:Graha Ilmu.
Fandy Tjiptono. 1998., StrategiPemasaran, Yogyakarta : Andi.
Gunawan, Imam.Metode Penelitian Kualitatif : Teori & Praktis, Bumi Aksara, Jakarta, 2013.
Gitosudarmo, Indriyo. 2000. Manajemen Pemasaran.Edisi 1.Yogyakarta : BPFE.
Kotler ,Philip. 2000. Manajemen Pemasaran. Jakarta:PT. Prenhalindo, Edisi Milenium. Jilid 1&2.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller.2008.Manajemen Pemasaran (Edisi Ketiga Belas), Jakarta:Erlangga.
Kotler ,Philip. 2009, Manajemen Pemasaran, dialih bahasakan oleh Bob Sabran, Edisi Ketiga Belas, Jakarta:penerbit Erlangga.
Lamb, Hair, dan Mc Daniel. 2001. Pemasaran. Buku1. Penerjemah David Octarevia. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Maleoong, Lexiij. Metodologi Penelitian Kualitatif, Rosdakarya, Bandung, 2001.
Yoyo Bahtiar Irianto dan Eka Prihati. 2009. pemasaran pendidikan, Riduwan, Manajemen Pendidikan, Bandung: Alfabeta, Cet,1
DOI: https://doi.org/10.32487/jst.v2i2.181
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
View My Stats