Pemodelan Nilai Keseimbangan antara Compound Value dan Future Value Menggunakan Aplikasi Geogebra

Saiful Ghozi

Abstract


Abstract

This study discussed how to utilize Geogebra in the modeling of financial mathematics problem. The balance between compound value and future value will be determined by geometric and algebraic approach. Specific problems are presented in this article. By using slider in Geoegebra, and in same interest (i), n period when balance happened can be determined. On the applet that had been made, n period where happened balance between S and FV could automatically determined by moving principal parameter (P) and annuity (A).

 

Keywords: compound value, future value, balance, geogebra

 

 

Abstrak

Artikel ini membahas bagaimana menggunakan aplikasi Geogebra untuk membuat pemodelan matematika keuangan. Akan dihitung nilai kesetimbangan antara nilai majemuk (Compound Value) dan nilai yang akan datang (Future Value) baik dengan pendekatan aljabar maupun Geometri. Contoh yang spesifik dibahas di artikel ini. Dengan fasilitas slider yang ada pada Geogebra, pada parameter bunga (i) yang sama, didapat nilai n periode dimana terjadi kesetimbangan antara Compound Value dan Future Value. Sekaligus juga di peroleh nilai-nilai kesetimbangan pada periode tertentu. Pada applet yang telah dibuat, periode dimana terjadi kesetimbangan antara S dan FV dapat secara otomatis ditentukan dengan pergerakan parameter pokok hutang (P) dan nilai parameter cicilan anuitas (A).

 

Kata kunci: nilai majemuk, nilai yang akan datang, kesetimbangan, geogebra



Full Text:

PDF

References


M. Hohenwater and Z. Lavicza, “The Stength of the Community : How Geogebra can Inspire Technology Integration in Mathematics,” in Processing Mathematics Through Digital Technologies, L. Bu and R. Schoen, Eds. Rotterdam: Sense Publishers, 2011, pp. 7–12.

S. Ghozi, “Penggunaan Aplikasi GeoGebra dalam Pembelajaran dan Penyelesaian Persoalan Statistik,” in Industrial Research Workshop and National Seminar, 2015, pp. 15–22.

Tijana Stojancevic and N. Dzaleta, “Mathematical modeling of options using geogebra,” Acta Electrotechica Inform., vol. 12, no. 3, pp. 79–81, 2012.

R. Hasek and V. Petroskova, “GeoGebra in Financial Education,” North Am. GeoGebra J., vol. 2, no. 1, pp. 31–36, 2013.

Budi Frensidy, “Menghitung Nilai Waktu Uang,” Tabloid Minggu Bisnis, Jakarta, 21-Oct-2007.

S. Ghozi, “Future Value,” Geogebra Material, 2017. [Online]. Available: https://ggbm.at/R649GGPW.

S. Ghozi, “Compound Value,” Geogebra Material, 2017. [Online]. Available: https://ggbm.at/XE7a4j2u.

S. Ghozi, “Kesetimbangan Hutang,” Geogebra Material, 2017. [Online]. Available: https://ggbm.at/qqCGn7zN.




DOI: https://doi.org/10.32487/jst.v3i1.222

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)

View My Stats