Rancangan Aplikasi Pelayanan Kesehatan Berbasis Geographic Information System (GIS) Versi Android di Kota Pekanbaru

Triyani Arita Fitri, M Naofal Arsyad

Abstract


Sejalan dengan kemajuan zaman, layanan di sektor kesehatan diharuskan untuk meningkatkan kualitas. Khususnya di kota Pekanbaru perlu ada sinergi antar berbagai unit seperti rumah sakit, puskesmas, klinik, klinik, dan apotek. Pengguna layanan tidak mengetahui secara jelas lokasi layanan medis di wilayah tersebut. Termasuk kualitas masing-masing. Hal ini disebabkan luasnya daerah perkotaan dan kurangnya akses terhadap informasi. Salah satu pilihan dalam mencapai target ini adalah dengan menggunakan dukungan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Makalah ini bertujuan untuk menggambarkan mekanisme pengembangan perangkat lunak berbasis GIS (Sistem Informasi Geografis) yang dapat diakses pada sistem android untuk memperoleh informasi pelayanan medis. Pencapaian ini dilakukan dengan melakukan identifikasi awal, analisis dan perancangan sistem, pelaksanaan kegiatan. Identifikasi awal adalah untuk mengklasifikasikan jenis layanan medis dan posisi geografis mereka. Selanjutnya, kegiatan ini dilanjutkan dengan menganalisa kebutuhan sistem diikuti dengan pembuatan desain model aplikasi. Tahap selanjutnya adalah menerapkan hasil perancangan ke perangkat lunak. Keberadaan sistem aplikasi ini diharapkan dapat mempermudah warga Pekanbaru dalam mendapatkan berbagai informasi yang berkaitan dengan lokasi pelayanan medis, jalur terpendek (jalur) untuk mencapainya, dan kualitas (tenaga medis, fasilitas, dan kenyamanan). Selain itu, aplikasi bisa diunduh secara gratis oleh publik.

 

Kata kunci: GIS, Layanan Medis, Android


References


Depkes. (2006). Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1027/MENKES/

Mahdia, F., & Noviyanto, F. (2013). Pemanfaatan Google Maps API Untuk Pembangunan Sistem Informasi Manajemen Bantuan Logistik Pasca Bencana Alam Berbasis Mobile Web. Jurnal Sarjana Teknik Informatika, e-ISSN :23, 3.

Manongga, D., Papilaya, S., Pandie, S., Informasi, F. T., Kristen, U., Wacana, S., & Salatiga, J. D. (2009). Sistem Informasi Geografis Untuk Perjalanan Wisata Di Kota Semarang. Jurnal Informatika, 10, 1–9. http://doi.org/10.9744/informatika.10.1.1-9

Pramadya, J. S. A. (2011). Pembuatan Aplikasi Mobile Berbasis Android OS Untuk Mengetahui Lokasi Tempat Wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Skripsi STMIK-AMIKOM YOGYAKARTA.

Safaat, N. (2012). Pemograman Aplikasi Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika.

Komputer, W. (2013). Step by Step Menjadi Programmer Android. Semarag: Andy.

Sugiarti, Y. (2013). Analisis & Perancangan UML (Unified Modeling Language) Generated VB.6. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tohari, H. (2014). ASTAH Analisis serta Perancangan Sistem Informasi melalui Pendekatan UML. Yogyakarta: Andy.




DOI: https://doi.org/10.32487/jst.v3i2.256

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)

View My Stats