Kuat Tarik Sambungan Bambu Celah Berpengisi Dengan Alat Sambung Baut Pada Berbagai Variasi Jarak Ujung

I Wayan Sugiartha, Aryani Rofaida

Abstract


Kekuatan sambungan bambu salah satunya ditentukan oleh jarak ujung alat sambung. Jarak ujung alat sambung sangat penting untuk diperhatikan pada sambungan bambu dengan baut karena bambu yang berbentuk tubular dan mempunyai gaya geser sejajar serat yang rendah. Kendala tersebut dapat diatasi dengan memberi pengisi disekitar lubang sambungan. Namun demikian, efektifitas dari bambu berpengisi yang diberi celah untuk menempatkan pelat buhul pada sambungan perlu dikaji lebih lanjut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kuat tarik sambungan bamboo celah berpengisi dengan alat sambung baut pada berbagai variasi jarak ujung dan mengetahui pola kegagalan sambungan. Lima variasi benda uji dibuat dengan jarak ujung masing-masing sebesar 50 mm, 60 mm, 70 mm, 80 mm dan 90 mm. Pengujian benda uji dilakukan pada load frame dan pembebanan diberikan secara bertahap melalui hydaulic jack sampai terjadi kegagalan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa kuat tarik sambungan meningkat seiring dengan meningkatnya jarak ujung alat sambung. Kuat tarik maksimum yang dihasilkan  pada variasi jarak ujung50 mm, 60 mm, 70 mm, 80 mm dan 90 mm berturut-turut sebesar 1997, 352 Kg, 2124, 36 Kg, 2336, 04 Kg, 2381, 4 Kg, dan 2411, 64 Kg dengan prosentase kenaikan berkisar sebesar 6%, 17%, 19%, dan 21%. Pola kegagalan yang  terjadi pada seluruh benda uji relatif sama yaitu baut tertekuk atau patah.


Keywords


kuat tarik, jarak ujung,sambungan bambu celah

Full Text:

PDF

References


Awaludin, A., Dasar-dasar Perencanaan Sambungan Kayu,Biro Penerbit KMTS Jurusan Teknik Sipil FT UGM, Yogyakarta (2005)

Bachtiar, G., Surjokusumo, S., Nugroho, N., dan Hadi, Y.S., “Perancangan Sambungan Bambu untuk Komponen Rangka Batang Ruang”, Forum Pascasarjana Vol. 31 No.1 Januari 2008:69-78

Destisari, Y., Pengaruh Diameter Baut Pada Jarak Baut Ke Ujung Bambu Pada Sistem Sambungan Bambu,Artikel Ilmiah Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta (2016)

Marwansyah., Pengaruh Variasi Volume Pengisi Terhadap Kuat Tarik Sambungan Bambu Dengan Alat Sambung Baut,Skripsi S1 Fakultas Teknik, Universitas Mataram (2013)

Morisco and Mardjono, F., “Strength of Filled Bambu Joint” : In Rao, I.V.R., Shastry, C.B., Ganapathy, P.M., and Janssen, Bambu, People and the Environment, Vol.3, Engineering and Utilization, INBAR, EBF, Government of the Netherlands, IPGRI, IDRC.(1996),113-120.

Morisco, Rekayasa Bambu, Nafiri Offset, Yogyakarta (1999)

Saputro, D.N., “Tinjauan Jarak Ujung dan Jarak Antar Alat Sambung Baut Pada Kayu LVL Sengon (Paraserianthes falcaria)”,Artikel Ilmiah Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta (2016)

Sugiartha, I.W., “Pengaruh Variasi Kayu Pengisi Terhadap Kekuatan Tarik Sambungan Bambu dengan Alat Sambung Baut”, Orisa Vol.3 No.3, Desember 2007:11-22




DOI: https://doi.org/10.32487/jst.v4i1.447

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)

View My Stats