Pementaan Pola Aktivitas Dan Perilaku Pengguna Ruang Tunggu Rumah Sakit Aloei Saboe Kota Gorontalo

Arifuddin onche

Abstract


Proses  perancangan  rumah  sakit harus memperhatikan  hal-hal yang berhubungan dengan pengguna ruang dan perilaku yang terjadi. Setiap orang memiliki aktivitas dan perilaku yang berbeda dalam memanfaatkan setting fisik yang ada, Penelitian bertujuan untuk mengidentifikasi pola aktifitas dan perilaku pengguna ruang tunggu rumah sakit Aloei Saboe terkait pembatasan jarak sosial (Social distancing) pada masa pandemi COVID-19. objek penelitian ini adalah pengguna ruang tunggu loket Apotek 96 orang, ruang tunggu Loket BPJS 38 orang dan ruang tunggu poliklinik Orthopedi 63 orang. Data dikumpulkan melalui pengamatan dan pemaetaan perilaku (Behavior Mapping) dengan metode (place centred mapping) untuk melihat bagaimana manusia mengatur dirinya dalam berinteraksi pada suatu lokasi dengan setting fisik yang tersedia. Untuk melengkapi temuan data yang valid dilakukan interview untuk mengorfirmasi efektivitas pemberlakuan (social distancing). Variable dalam penelitian ini adalah: (1).Elemen di dalam ruang, dimensi, furnitur, peletakan, material. (2). Perilaku dan aktivitas pengguna, kegiatan dan interaksi yang terjadi (monokronik atau polikronik). (3). Pola dan karakteristik yang terbentuk di dalam ruang, pola duduk (sosiopetal atau sosiofugal), jarak personal, teritorial dan privasi. Menindaklanjuti hasil penelitian ini, maka penataan tempat duduk/setting fisik ruang tunggu rumah sakit Aloei Saboe Gorontalo harus memperhatikan aktifitas dan perilaku pengguna.

Keywords


Ruang Persona, Tutorial , Privasi

Full Text:

PDF

References


Arif Budiansyah, "https://www.cnbcindonesia.com," CNBC Indonesia, Senin Maret2020. [Online]. apa-itu-virus-corona-dan-cirinya-menurut-situs-who. [Accessed Jum'at Oktober 23].

Yoanes Litha, "https://www.voaindonesia.com," Voa Indonesia, Sabtu Juli 2020. [Online]. kasus-virus-corona-di-gorontalo-tembus-seribu. [Accessed Jum'at Oktober 2020].

Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Penetapan Rumah Sakit Rujukan Penanggulagan Penyakit Infeksi Emerging, 2020.

Undang-undang RI, Tentang Rumah Sakit, 2009.

Hardianti Nurul, "Warung Sebagai Ruang Publik," Transukma, vol. 1, p. 4, 2015.

L.H. Syah, Halim, A.S. Sjamsu, "Penerapan Arsitektur Perilaku Pada Redesain Rumah Sakit Jiwa Provinsi Saulawesi Tenggara Kota Kendari," Garis, vol. 5, no. 2, p. 99,2020.

S.D. Pertiwi dan N.E. Nuffida, "Penanganan Post Traumatic Stress Disorder (PTSD) pada Korban Bencana Lumpur Sidoarjo dengan," Jurnal Sains dan Seni Pomits, vol. 6, p. 1, 2017.

Iskandar Zulriska, Psikologi Lingkungan Teori dan Konsep, Bandung: PT. Refika Aditama, 2012.

A. Erisa, E. Jenny , dan N.M. Agung , "Faktor Penentu Setting Fisik dalam Beraktivitas di Ruang Publik," Jurnal Ruas, vol. 13, pp. 23-24, 2015.

M.J. Laurens , Arsitektur dan perilaku Manusia, Jakarta: PT. Gramedia Widya Sarana, 2015.

Utami Lucia, Hapsari Sunartini, Widyandana, "Hubungan Antara Sikap, Perilaku Kolaborasi Dokter–Perawat dengan Praktik Interprofesi di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Panti Rapih, Yogyakarta," Jurnl Keperawatan, vol. 1, p. 13, 2016.

Hidayat. Y.N, Mauliani Lily, Fitri Anggana , "Penerapan Konsep Arsitektur Perilaku Pada Bangunan Pusat Rehabiltasi Down Syndrom di Jakarta," Purwarupa, vol. 2, pp. 44-55, 2018.




DOI: https://doi.org/10.32487/jtt.v9i2.1262

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JTT (Jurnal Teknologi Terpadu) has been indexed by:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Web
Analytics

JTT Visitor Stats