ANALISIS PERBANDINGAN HASIL DAYA LISTRIK PANEL SURYA DENGAN SOLAR TRACKER DAN TANPA SOLAR TRACKER

Erwan Eko Prasetiyo, Gaguk Marausna, Rizka Rasmi Dewantika Rahmiullah

Abstract


Penggunaan listrik di wilayah Indonesia setiap tahunnya mengalami peningkatan yang tidak sebanding dengan ketersediaan sumber energi listrik di Perusahaan Listrik Negara (PLN). Upaya yang harus dilakukan yaitu dengan cara pemanfaatan sumber energi surya dari panas dan sinar matahari yang begitu melimpah. Energi dari panas matahari sudah banyak dimanfaatkan untuk teknologi terbaru saat ini, salah satunya yaitu menjadikan energi surya ke energi listrik melalui panel surya, energi panas matahari yang diserap oleh panel surya akan dikonversikan menjadi energi listrik dalam bentuk searah (DC). Untuk hasil penyerapan sinar matahari oleh panel surya secara optimal digunakanlah solar tracker single axis dengan sesnsor cahaya (LDR) sebagai penggerak panel mengikuti arah pergerakan datangnya cahaya matahari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya listrik yang dihasilkan oleh panel surya dengan solar tracker dan tanpa solar tracker (statis). Metode yang digunakan ada beberapa tahap yaitu studi literatur, perancangan alat, pegujian alat dan pengambilan data. Penelitian ini membahas perbandingan energi listrik yang dihasilkan oleh panel surya menggunakan solar tracker dengan tanpa solar tracker (statis). Berdasarkan pengujian perbandingan pengukuran tegangan dan arus panel surya tanpa solar tracker (statis) dan menggunakan solar tracker mendapatkan total daya (P) sebanyak 120,19 Wh tanpa solar tracker (statis) dan panel surya menggunakan solar tracker sebanyak 455,93 Wh. Selisih yang dihasilkan pada pengujian ini sebesar 335,74 W. Hasil perhitungan panel surya dengan solar tracker dan tanpa solar tracker memperoleh presentase arus sebesar 74,07% dan daya sebesar 73,84% . Pengujian dilakukan selama 8 jam pada pukul 08.00 WIB – 16.00 WIB. Didapatkan kesimpulan dari hasil pengujian diatas, panel surya menggunakan solar tracker lebih efisien dan optimal dalam penyerapan cahaya matahari dibandingkan tanpa solar tracker (statis).

Keywords


Panel Surya, Solar Tracker Single Axis, Panel Surya Statis

Full Text:

PDF

References


Kesatu, Gemilang Rizky, Wahmisari Priharti, and Istiqomah Istiqomah. "Peningkatan Daya Keluaran Panel Surya Menggunakan Sistem Pelacak Surya Sumbu Ganda." eProceedings of Engineering 8.6 (2021).

Baharuddin, Randis. "Rancang Bangun Sistem Mini Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Portable." JTT (Jurnal Teknologi Terpadu) 9.1 (2021): 65-70.

Nugroho, Nuriyanto, and Kho Hie Khwee. "Studi Teknis Pembangkit Listrik Tenaga Surya Sistem Off Grid Dan On Grid (Studi Kasus: PT. Arif Borneo Azzahra)." Jurnal Teknik Elektro Universitas Tanjungpura 1.1.

A. S. Syahab, H. C. Romadhon, and M. L. Hakim, “Rancang Bangun Solar Tracker Otomatis Pada Pengisian Energi Panel Surya Bebasis Internet of Things,” J. Meteorol. Klimatologi dan Geofis., vol. 6, no. 2, pp. 21–29, 2019, doi: 10.36754/jmkg.v6i2.120.

Hidayati, Qory, Nur Yanti, and Nurwahidah Jamal. "Sistem Pembangkit Panel Surya Dengan Solar Tracker Dual Axis." Prosiding SNITT poltekba 4 (2020): 68-73.

Fadhlullah, Khalid. "Solar tracking system berbasis arduino." Skripsi, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (2017).

Hidayanti, Afni Nur, Peni Handayani, and Indra Chandra JR. "Pemanfaatan Metode Single Axis Tracker dan Maximum Power Point Tracker (MPPT) PID untuk Mengoptimalkan Daya Keluaran Panel Surya." Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar. Vol. 10. No. 1. 2019.

Wendryanto, Wendryanto, Gede Widayana, and I. Wayan Sutaya. "Pengembangan penggerak solar panel dua sumbu untuk meningkatkan daya pada solar panel tipe polikristal." Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha 5.3 (2017).

Yatmani, Sri Sri. "Sistem kendali Solar Tracker Untuk Meningkatkan effisiensi Daya." JTM-ITI (Jurnal Teknik Mesin ITI) 4.1 (2020): 1-5.

Tira, Hendry Sakke. "Pengaruh sudut surya terhadap daya keluaran sel surya 10 wp tipe polycristalline." Jurnal Teknik Mesin Mercu Buana 7.2 (2018): 69-74.

Putra, Agus Tianto Hendri, Ayong Hiendro, and Dedy Suryadi. "Meningkatkan Daya Output Panel Surya Dengan Sun Tracker Berbasis Waktu." Jurnal Teknik Elektro Universitas Tanjungpura 2.1.

S. Darwadi, “Desain Prototipe Single Axis Tanpa Solar Tracker Untuk Peningkatan Kinerja Pembangkit Listrik Tenaga Surya Fotovoltaic 100 Wp,” 2022.

Fajaryanto, Wahyu, and Adhy Prayitno. Pengujian Panel Surya Dinamik dan Statik dengan Melakukan Perbandingan Daya Output. Diss. Riau University.




DOI: https://doi.org/10.32487/jtt.v10i2.1426

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JTT (Jurnal Teknologi Terpadu) has been indexed by:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Web
Analytics

JTT Visitor Stats