Pengaruh Penambahan Uap Air Kering Pada Langkah Hisap Terhadap Unjuk Kerja Motor Bensin

Ida Bagus Dharmawan, Randis Randis

Abstract


Pembakaran yang sempurna pada ruang bakar akan menghasilkan efisiensi termis pada mesin yang semakin besar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan uap air kering pada langkah isap terhadap prestasi mesin meliputi daya efektif, komsumsi bahan bakar spesifik, dan efisiensi termis pada motor bakar bensin empat langkah satu silinder. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimental. Metode analisis yang digunakan adalah uji pada variabel tertentu, dengan membandingkan hasil dari masing-masing pengujian dalam bentuk grafik. Hasil pengujian menunjukkan bahwa pengaruh penambahan uap air kering terhadap daya efektif mesin belum terhitung karena belum menggunakan beban mesin langsung, penguji hanya menggunakan beban pengereman. Pengaruh uap air kering dapat menurunkan konsumsi bahan bakar spesifik, Sedangkan pengaruh uap air kering dapat meningkatkan efisiensi termis dari mesin karena konsumsi bahan bakar mesin lebih irit.


Keywords


Uap Air Kering, Unjuk Kerja Mesin, Motor Bakar Bensin

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. (2013), Perkembangan Jumlah Kendaraan Bermotor Menurut Jenis tahun 1987-2013. Http://www.bps.go.id/ tab_sub/ excel.php?id_subyek=17%20 &notab= 12, Diakses Tanggal 12 Desember 2014.

Fuhaid N. (2011), Pengaruh Medan Magnet Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Dan Kinerja Motor Bakar Bensin Jenis Daihatsu Hijet 1000, Jurnal PROTON, Vol. 3 No. 2/Hal. 26 – 31.

Mukmin S., Farid A., Nurida F. (2012), Pengaruh Octane Booster Pada Bahan Bakar Terhadap Konsumsi Dan Daya Untuk Motor Bensin 4 Tak 1 Silinder, Jurnal PROTON, Vol. 4 No 2 / Hal 53-58.

Harman. (2015), Pengaruh Penambahan Gas Oksihidrogen Terhadap Unjuk Kerja Motor Bensin Berbahan Bakar Pertamax, Jurnal DINAMIKA, Vol. 7 No 1 / Hal 19-24.

Fahrisal., (2016), Pembuatan Alat Uji Prestasi Mesin Motor Bakar Bensin Yamaha Lexam 115 cc, Jurnal Universitas Pasir Pengaraian.

Eko., (2013), Pengaruh Penambahan Uap Air Terhadap Penghematan Bahan Bakar Pada Sepeda Motor, Jurnal Universitas Muhammadiyah Malang.

Musa, I. (2011). Pengaruh Penambahan Brown’s Gas terhadap prestasi dan Emisi Gas Buang Motor bensin.




DOI: https://doi.org/10.32487/jtt.v4i2.172

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JTT (Jurnal Teknologi Terpadu) has been indexed by:

 

 

Web
Analytics

JTT Visitor Stats