Robot Penjejak Ruangan Dengan Sensor Ultrasonik Dan Kendali Ganda Melalui Bluetooth

Fathur Zaini Rachman, Nur Yanti

Abstract


 Penelitian ini bertujuan untuk melakukakan perencanaan dan implementasi mobile robot dengan kontrol secara otomatis dan manual yaitu menggunakan sensor ultrasonic sebagai pendeteksi objek dan juga menggunakan teknologi Bluetooth sebagai pengendalian manual mobile robot via smartphone . Mobile robot ini mampu mendeteksi penghalang yang ada disekitarnya dan memiliki sistem navigasi. Jika sensor ultrasonik mendeteksi adanya penghalang, maka robot akan berbelok dan berjalan secara otomatis tanpa menabrak penghalang ataupun benda yang berada disekitarnya. Mobile robot ini mampu melakukan komunikasi bi-directional , proses sensoring , dan mengenali ID ataupun karakter dari controller. Aplikasi mobile robot ini terdiri dari rangkaian controller dan mobile robot. Rangkaian controller terdiri dari smartphone dan aplikasi Bluetooth. Rangkaian mobile robot terdiri dari Arduino mega 2560 ,modul driver, sensor ultrasonic, dan modul Bluetooth HC-05.


Keywords


Mobile Robot, Sensor Ultrasonic, Teknologi Bluetooth

Full Text:

PDF

References


Sapto Aji Wahyu & etc (2009, Desember). “ Purwarupa robot pemadam api dengan sensor ultrasonic dan ultraviolet berbasis AT89S52” Jurnal Program Studi Teknik Elektronika , Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Tung, L. L. & etc (2016, September). "Mobile robot yang dikontrol dengan teknologi bluetooth". Jurnal Teknik Elektronika Industri, Program studi Teknik Elektronika, Petra Christian University.

Abdul Kadir (2013), Panduan Praktis Mempelajari Aplikasi Mikrokontroller dan Pemrogramannya menggunakan Arduino, Andi Yogyakarta .

Abdul Kadir (2014), Buku Pintar Pemrograman Arduino, MediaKom

Firmansyah Saftari (2015), Proyek Robotik Keren dengan Arduino, PT. Elex Media Komputindo

Maurice Gaymar (2012), SRF-04 Ultrasonic Range Finder, Devantech Ltd Inggris.

Jazi Eko Istiyanto (2014), Pengantar Elektronika dan Instrumentasi pendekatan procect Arduino dan Android, Andi Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.32487/jtt.v4i2.173

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JTT (Jurnal Teknologi Terpadu) has been indexed by:

 

 

Web
Analytics

JTT Visitor Stats