KAJIAN EVALUASI KUALITAS PELAYANAN DAN KINERJA OPERASIONAL ANGKUTAN UMUM PENUMPANG KABUPATEN MAJENE

Akbar Indrawan Saudi

Abstract


Penyediaan angkutan umum publik menjadi pemecah masalah tidak efisiennya pergerakan mobilitas orang dan barang. Eksistensi pelayanan angkutan umum perkotaan dewasa ini mengalami penurunan kualitas dan kuantitas. Kemampuan finansial operator bergantung pada jumlah penumpang dan subsidi pemerintah dalam keberlangsungan bisnis angkutan dan pemecahan masalah pergerakan orang dan barang dalam wilayah perkotaan. Kajian penelitian yang dilakukan untuk menganalisis kinerja operasional Angkutan Umum Penumpang (AUP) dan kualitas layanan angkutan yang dirasakan oleh penumpang. Metode yang dilakukan dengan metode survei statis dan dinamis serta melakukan wawancara kepada penumpang. Parameter kinerja menggunakan aturan dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat untuk mengukur hasil yang diperoleh. Berdasarkan data yang didapatkan dari kinerja angkutan umum penumpang (AUP) Trayek Terminal Battayang – Pasar Sentral – Pellattoang (Kode B) memiliki frekuensi 3 kend/jam nilai 1 kategori kurang belum mencapai standar, nilai load factor nilai 31,24% sudah sesuai dengan standar yang ditentukan Dinas Perhubungan Darat yaitu kurang dari 70%, nilai headway sebesar 24,20 menit kategori kurang karena belum memenuhi standar karena standar yang ditentukan kurang dari 10 menit, untuk waktu pelayanan sebesar 11 jam kategori sedang karena belum mencapai standar yang ditentukan yaitu 15 jam. Berdasarkan kualitas pelayanan yang di dapatkan dari rute Trayek Terminal Battayang – Pasar Sentral – Pellattoang maka dari aspek keselamatan di dapatkan sebesar 63,30% sedangkan dari aspek keamanan di dapatkan 67,60%, dari aspek kenyamanan di dapatkan sebesar 64,30% dari aspek keterjangkauan di dapatkan sebesar 69,30% dari aspek kesetaraan di dapatkan sebesar 64.20%. Hal tersebut menandakan bahwa penggunaan transportasi umum yang dikaji sudah masuk dalam kategori setuju mengenai kualitas aspek keselamatan, keamanan, kenyamanan, keterjangkauan, kesetaraan.


Keywords


Angkutan umum; Operasional angkutan; Pelayanan; Penumpang; Transportasi

Full Text:

PDF

References


W. P. Humang, “Model Sistem Angkutan Umum Wilayah Metropolitan Mamminasata dalam Rangka Efisiensi Pergerakan Masyarakat Perkotaan,” War. Penelit. Perhub., vol. 27, no. 5, pp. 357–368, Aug. 2015, doi: 10.25104/WARLIT.V27I5.804.

B. BASKARA, “Menanti Angkutan Kota Nyaman dan Aman,” Litbang Kompas. https://megapolitan.kompas.com/read/2015/01/28/16465311/Menanti.Angkutan.Kota.Nyaman.dan.Aman (accessed Aug. 20, 2022).

R. Meikalyan, “STUDI KOMPARASI STANDAR PELAYANAN MINIMAL (SPM) BUS TRANS JOGJA - E-Journal Universitas Atma Jaya Yogyakarta,” 2016. http://e-journal.uajy.ac.id/8883/ (accessed Aug. 22, 2022).

Dirjen Perhubungan Darat, “Peraturan/Keputusan Dirjen - SK Dirjen No.687/AJ.206/DRJD/2002,” 2002. http://202.61.104.57/keputusan-dirjen/tahun-2002/423-sk-dirjen-no-687aj (accessed Aug. 20, 2022).

A. Ishak, “KAJIAN KINERJA ANGKUTAN UMUM (MIKROLET) DI KOTA KENDARI,” J. Akrab Juara, vol. 4, no. 4, pp. 130–144, Nov. 2019, Accessed: Aug. 22, 2022. [Online]. Available: https://akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/808.

Badan Pusat Statistik, “Statistik Daerah Kabupaten Majene, 2021,” Majene, 2021. Accessed: Jan. 03, 2023. [Online]. Available: https://majenekab.bps.go.id/publication/2022/12/29/bfdcd08bd36afa666343dfe2/statistik-daerah-kabupaten-majene-2022.html.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013.

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, “Panduan Pengumpulan Data Angkutan Umum Perkotaan,” Direktorat Bina Sist. Lalu Lintas dan Angkut. Kota, 2001.

Z. Nurmiati and M. Harun, “Efektivitas Pelayanan Angkutan Umum Pedesaan Trayek Pamboang – Pasar Sentral Majene,” Bandar J. Civ. Engineering, vol. 1, no. 2, pp. 20–25, 2019.

M. N. Prayudyanto, “MODEL BUY THE SERVICES ANGKUTAN UMUM MASSAL KOTA METROPOLITAN: APAKAH SUBSIDI MASIH DIPERLUKAN?,” J. Penelit. Transp. Darat, vol. 23, no. 1, pp. 55–71, Jun. 2021, doi: 10.25104/JPTD.V23I1.1734.




DOI: https://doi.org/10.32487/jtt.v11i2.1821

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JTT (Jurnal Teknologi Terpadu) has been indexed by:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Web
Analytics

JTT Visitor Stats