Trainer Kit Pengontrolan Motor Induksi Tiga Fasa dengan Sistem Monitoring Labview Di Laboratorium Teknik Mekatronika Politeknik Bosowa

Muhira Dzar Faraby, Yoan Elviralita, Andi Fitriati, Iqbal Mansyur, Kasma Amelia

Abstract


Tujuan dari pembuatan Tugas Akhir ini adalah untuk merancang media pembelajaran praktikum Mesin-Mesin Listrik dan mengetahui unjuk kerja trainer kit pengontrolan motor induksi tiga fasa dengan sistem monitoring LabVIEW di Laboratorium Teknik Mekatronika Politeknik Bosowa. Beberapa model yang dapat dirangkai pada trainer kit ini yaitu sistem direct online (DOL), starting forward-reverse, starting dua langkah dengan menggunakan tahanan, kontrol motor induksi tiga fasa secara berurutan manual dan otomatis, kontrol motor induksi tiga fasa secara bergantian manual dan otomatis dan generator induksi. LabVIEW mengatur pemberian logika pensaklaran relay menggunakan arduino. Dapat disimpulkan bahwa pengontrolan motor induksi tiga fasa dengan sistem monitoring LabVIEW bekerja sesuai dengan tujuan percobaan yang akan dicapai.

Keywords


Trainer Kit, Motor Tiga Fasa, LabVIEW.

Full Text:

PDF

References


Artanto, Dian.(2012).Interkasi Arduino dan LabVIEW (pp. 36-58), PT Elex Media. Jakarta.

Ichwan Muhammad, Milda Gustiana Husaada, M. Iqbal.(2013).Pembangunnan Prototipe Sistem Pengendalian Peralatan Listrik pada Platform Android (e-jurnal).Institut Teknologi Nasional, Bandung.

Sirait, David H.(2008).Analisis Starting Motor Induksi Tiga Phasa pada PT. Berlian Unggas Sakti TJ. Morawa (e-jurnal). Universitas Sumatera Utara. Medan.

Wardoyo, Siswo, Ri Munartu, Vicky Pratama Putra.(2013).Rancang Bangun Data Logger Suhu Menggunakan LabVIEW (e-jurnal). Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Cilegon Banten Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.32487/jtt.v5i2.270

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JTT (Jurnal Teknologi Terpadu) has been indexed by:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Web
Analytics

JTT Visitor Stats