Perbaikan Keselamatan Konstruksi Dengan Alat Decking Fall Protection Pada Proyek Pembangunan Gedung Apartemen PT Pertamina

Sulardi Sulardi

Abstract


Permasalahan yang dihadapi adalah adanya kecemasan dan rasa kekawatiran dari masyarakat pengguna jalan akan kemungkinan tertimpa beton ballast counter weight pada saat tower crane melakukan manuver posisi trolley working jib dan beton ballast counter jib tower crane melintas diatas kawasan jalan raya sehingga pengguna jalan berhenti dan menimbulkan kemacetan. Penelitian ini adalah ini success story inovasi perbaikan keselamatan konstruksi dengan membuat dan memasang beton decking fall protection untuk mencegah jatuhnya beton ballast counter weght. Beton decking counter weight menggunakan spesifikasi material baja roundbar berdiamater 1 inch dan wire type strand rope diameter 1 inch yang dibentuk sebagai basket pelindung beton ballast counter weight [4].

Hasil implementasi inovasi ini terbuksi dapat meningkatkan keselamatan beton ballast counter weight secara signifikan. Beton decking memiliki kekuatan menahan beban hingga 186.78 tons vs berat beton ballast counter weight 24 ton. Dengan inovasi ini proyek konnstruksi pembangunan apartemen Pertamina berjalan lancar dan terhindar dari complain masyarakat. Inovasi penggunaan decking beton ballast counter weight telah direplikasi untuk pekerjaan sejenis di Pertamina Cilacap, proyek pengembangan kilang Pertamina Balikpapan, Balongan dan Cilacap serta telah digunakan oleh PT. PP pada proyek pembangunan apartemen 24 lantai di Surabaya.      


Keywords


Decking ballast counter weight, trolley working jib, keselamatan Konstruksi.

Full Text:

PDF

References


. ASME B30.3, 2009, )Tower Cranes Safety Standard for Cableways, Cranes, Derricks, Hoists, Hooks, Jacks, and Slings, The American Society of Mechanical Engineers Three Park Avenue, New York, NY 10016-5990

. Peraturan Menteri Perindustrian RI No. 45/M-IND/PER/4/2011,Tentang Pemberla

kuan Standar Nasional Indonesia Tali Kawat Baja dan Tali Kawat Baja untuk Minyak dan Gas Bumi Secara Wajib

. SNI 0727 : 2008, 2012, Tali Kawat Baja untuk Minyak dan Gas Bumi, Badan Standar Nasional Indonesia (BSNI)

. Sulardi, 2016, Mencegah Potensi Bahaya Kegagalan Beton Counter Weight Pada Tower Crane Proyek Pembangunan Apartemen Pertamina, PT. Pertamina Corporate, Jakarta; http://ptmkpwab81. Pertamina.com/komet/searchResult.aspx?, Kodefikasi. 160510002.




DOI: https://doi.org/10.32487/jtt.v5i2.276

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JTT (Jurnal Teknologi Terpadu) has been indexed by:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Web
Analytics

JTT Visitor Stats