Implementasi Sistem Keamanan Komputer Menggunakan Sistem Terintegrasi Client Server Metode Service Oriented Architecture (Soa)

Richki Hardi, Zaini Zaini

Abstract


Pembatasan hak akses dalam suatu sistem komputer yang dibangun merupakan bagian dari keamanan sistem yang dapat dilakukan. Meningkatnya akses melalui internet memberikan peluang cukup besar bagi seseorang untuk mengganggu sistem yang dibangun orang lain yang sifatnya stand alone, jaringan lokal maupun jaringan global. Dalam membangun sistem keamanan atas aplikasi pada penelitian ini adalah menggunakan Service Oriented Architecture (SOA). Dalam SOA sebuah permodelan sistem perangkat lunak dibangun dengan pendekatan service oriented yaitu pendekatan pada pelayanan terhadap keamanan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan metode SOA, sistem aplikasi belajar mengajar dapat digunakan lebih baik dan tepat  tanpa perlu khawatir akan ada  data yang hilang atau dikendalikan oleh oranglain.


Keywords


keamanan komputer, service oriented architecture, sistem integrasi.

Full Text:

PDF

References


D. Wirdasari, “Mengenal Teknik-Teknik Keamanan Komputer Dan Model- Model Serangannya ( Security Attack Models ),” J. Saintikom, vol. 4, no. 1, pp. 111–119, 2008.

Munawar, “Perancangan Algoritma Sistem Keamanan Data Menggunakan Metode Kriptografi Asimetris,” J. Komput. dan Inform., vol. 1, no. 1, pp. 11–16, 2012.

D. A. Arifah, “Kasus Cybercrime Di Indoensia,” J. Bisnis dan Ekon., vol. 18, no. 2, pp. 185–195, 2011.

A. Tarigan, “Public Key Infrastructure dan Open Source,” in Seminar Secure Your Future, 1999, pp. 1–21.

I. G. A. Putra and I. M. W. Wirawan, “Sistem Pengamanan Data Sidik Jari Menggunakan Algoritma AES Pada Sistem Kependudukan Berbasis Radio Frequency Identification (RFID),” J. Ilmu Komput., vol. 5, no. 2, pp. 29–35, 2012.




DOI: https://doi.org/10.32487/jtt.v6i1.432

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JTT (Jurnal Teknologi Terpadu) has been indexed by:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Web
Analytics

JTT Visitor Stats