Agito (Agility Non-Thermal Wind Offensive) Sebagai Pendeteksi Cuaca Kota Balikpapan Menggunakan Gnss Wind Turbine

Adhe Yusphie P T S, Arum Prastiyo Putri, Azam Fadhil A, Mohammad Saiful R, Fadli Robiandi, Budiani Fitria Endrawati

Abstract


Balikpapan sebagai salah satu kota di Kalimantan Timur, merupakan kota dengan karakteristik wilayah cukup unik, kondisi topografi wilayah terdiri dari daerah pesisir dengan daratan yang berbukit, potensi angin yang dapat dimanfaatkan. Berdasarkan data Bappeda kota Balikpapan menjelaskan bahwa topografi Balikpapan yang hampir seluruhnya berbukit (85%), serta ketinggian wilayah kota Balikpapan dari permukaan air laut berkisar 0–80 meter. Karakteristik wilayah, ketinggian daerah dari permukaan laut merupakan salah satu faktor yang  berpengaruh  pada unsur curah hujan dan suhu yang ada, sehingga mempengaruhi cuaca kota Balikpapan yang tidak menentu. Berdasarkan fenomena cuaca tersebut, menjadi sebuah objek penelitian kami dalam mengetahui cuaca berdasarkan tingkat kecepatan angin dipesisir pantai MONPERA. Penelitian ini menggunakan media alat yang menunjang dalam pengambilan data penelitian yaitu AGITO sehingga akan didapatkan berupa hasil data berupa suhu, kelembaban, dan kecepatan angin daerah tersebut. Data yang ada akan diolah sehingga dapat diketahui bahwa dalam mendeteksi cuaca Kota Balikpapan dapat dikategorikan yaitu cuaca cerah, jika suhu ≥25˚C, kelembaban <88%, dan kecepatan angin cenderung naik, serta cuaca dideteksi hujan jika suhu ≤25 ˚C, kelembaban ≥88%, dan kecepatan angin cenderung turun.


Keywords


angin, cuaca, deteksi, kecepatan, kelembaban, penelitian, suhu

Full Text:

PDF

References


Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika. “Analisa Penyusun Kecepatan Angin Kota Balikpapan”.Balikpapan : BMKG. (2015)

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah. “Kajian Energi Terbarukan Di Kota Balikpapan”. Balikpapan: Pemkot (2015)

Direktorat Penyelidikan Masalah Bangunan. ”Persyaratan umum bahan bangunan di Indonesia (PUBI -1982)”. Jakarta :Depdikbud (1982)

Kalmikov, Alex. “Wind Power Fundamentals”.Cambridge : MIT University (2010)

Mussell, Dave. “Build Your OwnWind Turbine”. Ontario : Canada (2010)

Sarwito, Sardono. “Studi Pembangkit Listrik Tenaga Angin Laut Untuk Memenuhi Kebutuhan Penerangan Jembatan Suramadu”.Surabaya : ITS (2009)

SNI 03 – 2847 – 2002, Tata Cara Perencanaan Struktur Beton Untuk Bangunan Gedung. (2002)

World Meteorological Organization. “Guide Meteorological Instruments And Methods Of Observation”.Switzerland : Geneva 2 (2011)

World Meteorological Organization. “Manual on the Global Data processing and Forecasting System Volume I – Global Aspects”.Switzerland : Geneva 2 (2011)

World Meteorological Organization. “World Meteorological Organization Instruments And Observing Methods Report No.106”. Switzerland : Geneva (2011)




DOI: https://doi.org/10.32487/jtt.v6i1.438

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JTT (Jurnal Teknologi Terpadu) has been indexed by:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Web
Analytics

JTT Visitor Stats