Evaluasi Penerapan Program Penghematan Air Bersih di Gedung Perkantoran (Studi Kasus Penghematan Air Bersih di Gedung Perkantoran PT TEPI)

Siska Ayu Kartika

Abstract


Kebutuhan dan pemakaian air bersih terus meningkat setiap tahunnya, seiring dengan pertumbuhan penduduk, jumlah industri dan gedung-gedung perkantoran. PT TEPI sebagai salah satu perusahaan di Balikpapan, berpacu untuk turut serta melakukan upaya penghematan air demi masa depan yang lebih baik, sejalan dengan penerapan Sistem Manajemen Lingkungan ISO 14001 diperusahaan tersebut. Tujuan dari penulisan paper ini adalah untuk melakukan identifikasi upaya-upaya dalam melaksanakan kegiatan penghematan air di gedung perkantoran dan mengevaluasi penerapan program penghematan penggunaan air bersih yang telah dilakukan. Metodologi penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan data sekunder, melakukan survei dan obervasi lapangan, mengevaluasi penggunaan air bersih dengan menghitung berapa penghematan yang dapat dilakukan sebelum dan sesudah dilakukan beberapa perbaikan. Program penghematan air yang telah dilakukan diantaranya adalah komitmen dari manajemen puncak untuk mendukung secara penuh pada gerakan penghematan air, pembentukan tim komite hemat energi dan air, melakukan sosialisasi peningkatan kesadaran karyawan, deteksi kebocoran air, memperbaiki kran bocor dan meter air yang rusak, mengganti kran manual menjadi kran autostop, pemakaian dual flush toilet, dan sprinkler untuk menyiram tanaman. Melalui gerakan ini, PT TEPI telah melakukan penurunan pemakaian air sebesar 34,18% terhitung mulai dari tahun 2009- 2017, dan rata-rata pemakaian air perkapita adalah sebesar 312,44 L/orang/hari.

 


Keywords


gedung perkantoran; pemakaian air; upaya penghematan air

Full Text:

PDF

References


S. Yudo, “Upaya Penghematan Air Bersih di Gedung Perkantoran Water Saving Efforts in Offices Building Case Study : Water Saving in BPPT Office Building,” vol. 19, no. 1, pp. 97–106, 2018.

Anonym, “Pengelolaan Sumber Daya Air,” Peratur. Pemerintah RI, no. 42, 2008.

Anonym, “Penghematan Energi dan Air,” no. 13, 2011.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, “Penghematan Penggunaan Air Tanah,” no. 15, 2012.

S. Thinking, F. O. R. Better, and B. Series, “Smart Thinking for Better Business Series - WATER,” ADVICELink, vol. 2, 2014. (http://www.visitscotland.org/pdf/Sustainability%20Leaflet%20-%20Water%20-%20Taps%20and%20Showers.pdf)

http://www.autotaps.com/sensor-taps-facts-and-charts.html, Automatic Taps Facts And Charts. Autotaps (UK) Limited, London.

Kloset Flush yang Makin Efisien. Available from : (http://properti.kompas.com/read/2013/09/02/ 210439/Kloset.Flush.yang.Makin.Efisien)

Sofyan A. (2013). 9. Anonim, (2010). WaterSense Specification for Showerheads Supporting Statement. United State Environmental Protection Agency’s (EPA’s) WaterSense.

Khamdevi, Moh. (2012). Aplikasi Penggunaan Air Dalam Fiqh Pada Bangunan Hunian: Reduce, Reuse dan Recycle?. Program Studi Arsitektur Universitas Pembangunan Jaya.

Anonim. (2015). Peraturan Menteri PUPR Nomor 9/PRT/M/2015 tentang Penggunaan Sumber Daya Air.




DOI: https://doi.org/10.32487/jtt.v7i1.623

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JTT (Jurnal Teknologi Terpadu) has been indexed by:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Web
Analytics

JTT Visitor Stats