Analisis Kecepatan Angin Pesisir Pantai Monpera sebagai Sumber Energi Terbarukan Kota Balikpapan

Adhe Yusphie Panca Tentra Sandika, David Christover, Mohammad Saiful Rozikin

Abstract


Balikpapan sebagai salah satu kota di Kalimantan Timur, merupakan kota dengan karakteristik wilayah yang cukup unik dengan kondisi topografi wilayah yang terdiri dari daerah pesisir dengan daratan yang berbukit hingga potensi angin yang dapat dimanfaatkan. Berdasarkan data Bappeda kota Balikpapan menjelaskan bahwa topografi Balikpapan yang hampir seluruhnya berbukit (85%), serta ketinggian wilayah kota Balikpapan dari permukaan air laut berkisar 0–80 meter. Karakteristik wilayah, ketinggian daerah dari permukaan laut merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap gerak aliran udara yang ada sehingga mempengaruhi kecepatan angin yang dihasilkan di pesisir kota Balikpapan. Berdasarkan fenomena tersebut, hal ini menjadi sebuah objek penelitian kami dalam mengetahui seberapa besar potensi kecepatan angin di pesisir pantai MONPERA kota Balikpapan untuk menjadi sumber energi terbarukan. Penelitian ini menggunakan media alat yang menunjang dalam pengambilan data penelitian yaitu berupa turbin angin horizontal DC 12/24V 400W sehingga akan didapatkan hasil data berupa kecepatan angin, daya maksimum, daya nyata dan daya total yang diperoleh pada daerah tersebut yaitu kecepatan angin tertinggi sebesar 11.15 knot (5,66 m/s), daya maksimum sebesar 74,129 Watt, daya nyata sebesar 39,99 Watt, daya total sebesar 125,092 Watt dan daya output elektrik sebesar 27,18 Watt.


Keywords


Angin; Balikpapan; Daya; Kecepatan; Potensi

Full Text:

PDF

References


Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika. “Analisa Penyusun Kecepatan Angin Kota Balikpapan”. Balikpapan (2015).

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah. “Kajian Energi Terbarukan Di Kota Balikpapan”. Balikpapan (2015).

Kalmikov, Alex. “Wind Power Fundamentals”. MIT University (2010).

World Meteorological Organization. “World Meteorological Organization Instruments And Observing Methods Report No.106”. Geneva 2, Switzerland (2011).

World Meteorological Organization. “Guide Meteorological Instruments And Methods Of Observation”. Geneva 2, Switzerland (2011).




DOI: https://doi.org/10.32487/jtt.v7i1.624

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JTT (Jurnal Teknologi Terpadu) has been indexed by:

 

 

Web
Analytics

JTT Visitor Stats