RANCANG BANGUN ROBOT SEDERHANA PEMBERSIH LANTAI MENGGUNAKAN SENSOR ULTRASONIK BERBASIS ARDUINO

Shoffin Nahwa Utama, Dihin Muriyatmoko, Feldi Hekmatyar

Abstract


Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) telah muncul sejak manusia lahir, hal ini dikarenakan manusia diberi akal dan kemampuan berfikir oleh Allah SWT. Robotika merupakan penemuan yang berguna untuk membantu kegiatan manusia dalam keseharian , banyak manusia yang terbantu. Robot pembersih lantai merupakan robot yang dikembangkan dalam beberapa kurun waktu . Penelitan  jurnal ilmiah karya Yuliza dan Umi Nur Kholifah dengan judul ‘‘Robot Pembersih Lantai Berbasis Arduino Dengan Sensor Ultrasonik’’ tertulis bahwa penelitian mereka membuat robot pembersih lantai dengan sensor ultrasonik yang lebih efektif dibanding sensor proximity karena tidak memerlukan lintasan khusus , akan tetai robot ini memiliki toleransi jarak yang sangat minim sebesar 15 cm mengakibatkan robot mudah menabrak halang rintang di depannya juga ketika menemukan hambatan robot ini hanya mampu berbelok 90 derajat. Peneliti ingin membuat robot yang mampubergerak bebas tanpa menggunakan lintasan bergaris dengan warna tertentu juga memiliki toelransi jarak yang cukup tinggi sebesar 50 cm agar nantinya robot dapat membaca halang rintang dengan baik. Peneliti  juga ingin mementukan kecepatan standar untuk jalannya robot agar pembersihan kotoran dapat berjalan dengan baik karena robot ini merupakan robot pembersih lantai . Sekaligus ingin mengembangkan tindakan yang diambil oleh robot ketika menemukan hambatan pada mulanya hanya mampu berbelok ke kanan maupun ke kiri sebesar 90 derajat kini menjadi 180 derajat. 

 


Keywords


Robot Pembersih Lantai, Sensor Ultrasonik, Robotika,Hambatan

Full Text:

PDF

References


آ. م. ف. ن. ا. زا, “No Title آمارنامه مصرف فرآورده های نفتی انرژی زا,” Nofiandri,Al-quddus, 1392.

M. Hendrawan, Achmad Ramdhan, M. Ridwan Fauzi, Indah Purnamasari, “Pembuatan Robot Menggunakan Sensor Ultrasonic Hc-Sr04 Berbasis Mikrokontoroler Atmega 328,” J. Ilmu Pengetah. Dan Teknol. Komput., vol. 4, no. 1, p. 83, 2018.

U. N. K. Yuliza, “Robot Pembersih Lantai Berbasis Arduino Uno Dengan Sensor Ultrasonik,” J. Teknol. Elektro, Univ. Mercu Buana, vol. 6, no. 3, pp. 136–143, 2015.

F. Z. Rachman and N. Yanti, “Robot Penjejak Ruangan Dengan Sensor Ultrasonik,” Jtt, vol. 4, no. 2, pp. 114–119, 2016, [Online]. Available: http://jurnal.poltekba.ac.id/index.php/jtt/article/view/173/121.

I. Hidayat, “Prototype Robot Penyedot Debu Berbasis mikrokontroler atmega328 dan fuzzy logic Dengan Kendali Smarthone Android Di Universitas Serang Raya,” ProTekInfo (Pengembangan Ris. dan, vol. 3, no. 1, pp. 36–43, 2017, [Online]. Available: http://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/ProTekInfo/article/view/56.

D. Muhamad Al Rasyid, Firdaus, “Rancang Bangun Robot Pengering Lantai Otomatis Menggunakan Metode Fuzzy,” vol. 6, no. 2, pp. 63–69, 2016, [Online]. Available: https://adoc.tips/rancang-bangun-robot-pengering-lantai-otomatis-menggunakan-m.html.

S. Utama, “Perancangan System Pengusir Nyamuk Menggunaan Sensor Ultrasonik Dengan Panel Surya Sebagai Sumber Energi,” Semin. Teknol. dan Rekayasa, pp. IV–51, 2017.

Q. Hidayati and M. E. Prasetyo, “Pengaturan Kecepatan Motor DC dengan Menggunakan Mikrokontroler Berbasis Fuzzy-PID,” JTT (Jurnal Teknol. Terpadu), vol. 4, no. 1, pp. 1–5, 2016, doi: 10.32487/jtt.v4i1.123.

F. Djuandi, “Pengenalan Arduino,” E-book. www. tobuku, pp. 1–24, 2011, [Online]. Available: http://www.tobuku.com/docs/Arduino-Pengenalan.pdf.




DOI: https://doi.org/10.32487/jtt.v8i2.877

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JTT (Jurnal Teknologi Terpadu) has been indexed by:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Web
Analytics

JTT Visitor Stats