ANALISIS KEPUASAN SISWA SMK NEGERI 4 DAN SMK PANCADARMA DI BALIKPAPAN TERHADAP LAYANAN KANTIN SEKOLAH DENGAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS(IPA) DAN CUSTOMER SERVICE INDEX(CSI)
Abstract
Kantin sekolah merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan dan langgeng karena telah memiliki konsumen yang tetap yaitu para siswa dan juga karyawan yang bekerja di sekolah. Sebagai penyedia makanan di sekolah tentunya pihak kantin perlu mengetahui hal apa saja yang dapat meningkatkan pembelian konsumen yang salah satunya dipegaruhi oleh tingkat kepuasan konsumen itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan siswa SMK Negeri dan Swasta terhadap layanan kantin sekolah. Pemilihan subjek dilakukan dengan metode purposive sampling dengan melibatkan 50 siswa di masing-masing sekolah, sehingga total subjek penelitian berjumlah 100 orang. Data yang dianalisis merupakan data primer dan sekunder yang berasal dari pengisian kuesioner, wawancara dan pengamatan langsung di lokasi penelitian. Analisis data menggunakan dua metode untuk mengetahui tingak kepuasan yaitu dengan metode CSI dan IPA. Hasil CSI menunjukkan bahwa semua merasa puas dengan pelayan kantin sekolah yaitu dari hasil perhitungan CSI sebesar 0,66( SMK Panca Darma) dan 0,75 (SMKN 4 Balikpapan). Tingkat kepuasan di SMKN 4 Balikpapan lebih tinggi dibandingkan dengan di SMK Panca Darma. Sedangkan hasil IPA menunjukkan skor atribut yang tinggi di SMKN 4 adalah kebersihan makanan, harga makanan dan juga penampilan pegawai kantin, sedangkan di SMK Panca Darma atribut yang paling tinggi skornya adalah respon terhadap keluhan, kemampuan berkomunikasi dan kecepatan pelayanan kantin.
Kata kunci:tingkat kepuasan, layanan kantin sekolah, siswa SMK
ANALYSIS OF VOCATIONAL SCHOOL AND PRIVATE VOCATIONAL SCHOOL STUDENT SATISFACTION IN BALIKPAPAN TOWARDS SCHOOL CANTEEN USING IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) AND CUSTOMER SERVICE INDEX(CSI) METHOD
The school canteen is a promising and lasting business because it has regular customers, namely students and also employees who work in schools. As a food provider in schools, of course, the canteen needs to know what things can increase consumer purchases, one of which is influenced by the level of consumer satisfaction itself. This study aims to determine the level of satisfaction of public and private vocational school students with school canteen services. The selection of subjects was carried out by purposive sampling method involving 50 students in each school, so that the total research subjects amounted to 100 people. The data analyzed were primary and secondary data from filling out questionnaires, interviews and direct observation at the research location. Data analysis used two methods to determine the level of satisfaction, namely the CSI and IPA methods. The CSI results show that all are satisfied with the school canteen servants, namely the CSI calculation results of 0.66 (SMK Panca Darma) and 0.75 (SMKN 4 Balikpapan). The level of satisfaction at SMKN 4 Balikpapan is higher than at SMK Panca Darma. Meanwhile, the IPA results showed that the high attribute scores at SMKN 4 were food cleanliness, food prices and also the appearance of canteen employees, while at SMK Panca Darma the attributes with the highest scores were responses to complaints, communication skills and speed of canteen services.
Keywords: Satisfaction level, school canteen service, vocational school student
Full Text:
PDFReferences
S. Sucipto, F. S. Rahman, and S. A. Mustaniroh, “Analisis Penilaian Konsumen terhadap Kinerja Kantin Perguruan Tinggi Analysis of Consumer ’ s Assessment to University Canteen Performance,” Teknol. dan Manaj. Agroindustri, vol. 7, no. 2, pp. 95–106, 2018.
M. Meftahudin, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Kantin Unsiq Terhadap Kepuasaan Pelanggan (Studi Kasus Pada Mahasiswa Unsiq),” J. Penelit. dan Pengabdi. Kpd. Masy. UNSIQ, vol. 5, no. 3, pp. 281–288, 2018.
N. Akmal and D. D. Estellita, “Perbedaan Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kualitas Produk Dan Pelayanan Di Unit Produksi / Kantin Tata Boga Pkk Unimed Berdasarkan Jenis Kelamin,” J. Pendidik. dan Teknol. Fak. Tek. Unimed, vol. 14, 2012.
J. Supranto, Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan, 3rd ed. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
Stratford, “Stratford-on-Avon District Council Customer Satisfaction Index.,” 2004. [Online]. Available: http%5C%5Cwww.stratford.gov.uk%5Ccomm%0Aunity%5Ccouncil-805.cfm.htm.
Sugiyono, Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif R&D. jakarta: Alfabeta, 2012.
G. C. Tjiptono, Fandy., Service, Quality, & Satisfaction, Edisi 3. Yogyakarta: CV Andi, 2011.
A. Wulansari, B. Setiawan, and T. Sinaga, “Penyelenggaraan Makanan Dan Tingkat Kepuasan Konsumen Di Kantin Zea Mays Institut Pertanian Bogor,” J. Gizi dan Pangan, vol. 8, no. 2, p. 151, 2014.
L. D. Anggraini, P. Deoranto, and D. M. Ikasari, “Analisis Persepsi Konsumen Menggunakan Metode Importance Performance Analysis Dan Customer Satisfaction Index the Analysis of Consumer Perception Used Importance Performance Analysis Method and,” J. Ind., vol. 4, no. 2, pp. 74–81, 2015.
M. P. Kustiyoasih, M. Adriani, and T. S. Nindya, “Penyelenggaraan Makanan Dan Kepuasan Konsumen Di Kantin Lantai 2 Rumah Sakit Universitas Airlangga Surabaya,” Media Gizi Indones., vol. 11, no. 1, p. 11, 2017.
B. Simamora, Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia, 2004.
Refbacks
- There are currently no refbacks.