MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS KARAKTER DI MASA PANDEMI COVID 19

Jenri Ambarita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif untuk pembelajaran PAK SMP Kelas VII pada materi Indahnya mengampuni; 2) Mengetahui kelayakan multimedia interaktif berdasarkan penilaian ahli media, materi, bahasa, praktisi dan pendidikan karakter. Penelitian ini merupakan metode penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan versi ADDIE. Adapaun tahapan dalam penelitian ini adalah : 1) Analysis meliputi studi lapangan dan studi literature; 2) Design meliputi pembuatan cakupan materi, flowchart dan storyboard; 3)Development meliputi pembuatan produk, validasi ahli materi, bahasa, media dan Implementation meliputi uji coba kelompok kecil melibatkan 11 orang peserta didik kelas 7 SMP N 6 Ratahan dan kelompok besar melibatkan 57 orang peserta didik (10 orang SMP N 54 Batam, 10 orang SMP N 2 Kairatu Barat dan 37 orang SMP Negeri 36 Batam). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif yang dikonversikan ke data kualitatif dengan skala Likert. Hasil pengembangan multimedia interaktif menunjukkan bahwa: 1) Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berhasil dikembangkan melalui beberapa tahapan, yaitu Analysis, Design, Development, dan Implementation, 2) Ahli materi memberikan nilai rata-rata keseluruhan 4,09 dengan kategori “Baik”; Ahli bahasa memberikan nilai rata-rata 4,2 dalam kategori “Baik”; Ahli media memberikan nilai rata-rata keseluruhan 4,4 dengan kategori “sangat baik”; dan Hasil uji coba pada peserta didik mendapatkan nilai rata-rata 4,2 dengan kategori “Baik”. 3) Nilai-nilai yang terkandung dalam multimedia interaktif berdasarkan penilaian ahli pendidikan karakter dan guru PAK adalah: aspek materi adalah Religius, Jujur, Toleransi, cinta damai, Kreatif, Mandiri, Disiplin, Rasa Ingin Tahu, Tanggung jawab. Dan pada aspek media adalah Religius, Kreatif, Disiplin, Rasa ingin tahu, Jujur, Mandiri, Tanggung jawab. Dengan demikian, multimedia interaktif layak digunakan sebagai media pembelajaran PAK untuk kelas VII SMP pada materi Indahnya Mengampuni.

Kata Kunci: Multimedia Interaktif, Covid-19, Pendidikan Karakter


CHARACTER-BASED INTERACTIVE MULTIMEDIA IN THE PANDEMIC COVID 19

This study aims to 1) develop interactive multimedia-based learning media for Class VII PAK SMP class VII on the material Beautiful forgives; 2) Knowing the feasibility of interactive multimedia based on expert judgment on media, material, language, practitioners and character education. This research is a research and development method using the ADDIE version of the development model. The stages in this research are: 1) Analysis includes field studies and literature studies; 2) Design includes making material coverage, flowchart and storyboard; 3) Development includes making products, validating material, language, media and implementation experts including small group trials involving 11 grade 7 students at SMP N 6 Ratahan and large groups involving 57 students (10 students from SMP N 54 Batam, 10 people SMP N 2 Kairatu Barat and 37 people SMP Negeri 36 Batam). The data analysis technique used is quantitative descriptive analysis which is converted to qualitative data with a Likert scale. The results of the development of interactive multimedia show that: 1) The development of interactive multimedia learning has been successfully developed through several stages, namely Analysis, Design, Development, and Implementation, 2) The material expert gave an overall average score of 4.09 in the "Good" category; The linguists gave an average score of 4.2 in the "Good" category; The media expert gave an overall average score of 4.4 in the “very good” category; and the results of trials on students got an average score of 4.2 in the "Good" category. 3) The values contained in interactive multimedia based on the assessment of character education experts and PAK teachers are: the material aspects are Religious, Honest, Tolerance, Peaceful, Creative, Independent, Discipline, Curiosity, Responsibility. And the media aspect is Religious, Creative, Discipline, Curiosity, Honest, Independent, Responsibility. Thus, interactive multimedia is appropriate for use as a PAK learning medium for grade VII SMP on the Beautifully Forgiving material.

Keywords: Interactive Multimedia, Covid-19, Character Education


Full Text:

PDF

References


R. Pakpahan And Y. Fitriani, “Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19,” J. Inf. Syst. Applied, Manag. Account. Res., Vol. 4, No. 2, 2020.

D. Yunita And A. Wijayanti, “Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Keaktifan Siswa,” Sosiohumaniora J. Ilm. Ilmu Sos. Dan Hum., Vol. 3, No. 2, Pp. 153–160, 2017, Doi: 10.30738/Sosio.V3i2.1614.

J. Mcgrath And J. Fischetti, “What If Compulsory Schooling Was A 21st Century Invention? Weak Signals From A Systematic Review Of The Literature,” Int. J. Educ. Res., Vol. 95, No. November 2018, Pp. 212–226, 2019, Doi: 10.1016/J.Ijer.2019.02.006.

J. Ambarita, H. Helwaun, And L. Van Houten, “Workshop Pembuatan E-Book Sebagai Bahan Ajar Elektronik Interaktif Untuk Guru Indonesia Secara Online Di Tengah Covid 19,” Community Engagem. Emerg. J., Vol. 2, No. 1, Pp. 44–57, 2020, Doi: Https://Doi.Org/10.37385/Ceej.V2i1.136.

Laura Elvina, “Who Tetapkan Wabah Virus Corona Sebagai Pandemi Global,” Kompas Tv Internasional, 2020. Https://Www.Kompas.Tv/Article/70893/Who-Tetapkan-Wabah-Virus-Corona-Sebagai-Pandemi-Global.

E. Mahase, “Coronavirus Covid-19 Has Killed More People Than Sars And Mers Combined, Despite Lower Case Fatality Rate,” Bmj, Vol. 368, No. February, P. M641, 2020, Doi: 10.1136/Bmj.M641.

Kepres Nomor 12, “Bencana Nonalam Penyebaran Corona Virus Disease 2019 Sebagai Bencana Nasional,” Fundam. Nurs., No. 01, P. 18=30, 2020.

Peraturan Pemerintah Nomor 21, “Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2020 Tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan Coronavirus Disease 2019/Covid-19,” Vol. 2019, No. 022868, P. 8, 2020.

Z. I. Almarzooq, M. Lopes, And A. Kochar, “Virtual Learning During The Covid-19 Pandemic: A Disruptive Technology In Graduate Medical Education,” J. Am. Coll. Cardiol., Vol. 75, No. 20, Pp. 2635–2638, 2020, Doi: 10.1016/J.Jacc.2020.04.015.

F. Firman And S. Rahayu, “Pembelajaran Online Di Tengah Pandemi Covid-19,” Indones. J. Educ. Sci., Vol. 2, No. 2, 2020, Doi: 10.31605/Ijes.V2i2.659.

Kemendikbud Republik Indonesia, “Surat Edaran Nomor 14 2019,” P. 2, 2019.

M. P. Dan K. R. Indonesia, “Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2o2o Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Co Ro Naviru S D/Sease (Covid- 1 9),” P. 300, 2020.

A. P. Kasih, “Survei Unicef: 66 Persen Siswa Mengaku Tak Nyaman Belajar Di Rumah,” Kompas.Com, 2020.

D. Ayuni, T. Marini, M. Fauziddin, And Y. Pahrul, “Kesiapan Guru Tk Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19,” Vol. 5, No. 1, Pp. 414–421, 2020, Doi: 10.31004/Obsesi.V5i1.579.

Agustien Lilawati, “Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Di Masa Pandemi Covid-19,” J. Pendidik. Anak Usia Dini, Vol. 5, No. 1, Pp. 241–256, 2021, Doi: 10.31004/Obsesi.V5i1.541.

Nurlaeni And Y. Juniarti, “Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Pada Anak Usia 4-6 Tahun,” J. Pelita Paud, Vol. 2, No. 1, Pp. 51–62, 2017, Doi: 10.33222/Pelitapaud.V2i1.196.

Abdul Muis Joenaidy, Konsep Dan Strategi Pembelajaran Di Era Industri 4.0. Yogyakarta: Laksana, 2019.

Mochammad Iskarim, “Dekadensi Moral Di Kalangan Pelajar (Revitalisasi Strategi Pai Dalam Menumbuhkan Moralitas Generasi Bangsa),” Edukasia Islam., Vol. 1, No. 1, Pp. 1–20, 2016.

D. Ningrum, “Kemerosotan Moral Di Kalangan Remaja: Sebuah Penelitian Mengenai Parenting Styles Dan Pengajaran Adab Diah Ningrum Sekolah Menengah Islam Terpadu (Smit) Al Marjan,” Unisia, Vol. Xxxvii, No. 82, Pp. 18–30, 2015.

B. Dalyono And Enny Dwi Lestariningsih, “Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Di Sekolah,” Bangun Rekaprima, Vol. 3, No. 3, Pp. 33–42, 2017, Doi: 10.1111/J.1469-8986.1974.Tb00542.X.

H. S. Rantauwati, “Kolaborasi Orang Tua Dan Guru,” Pp. 116–130, 2019.

D. Purwanti, “Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Implementasinya,” Dwija Cendekia J. Ris. Pedagog., Vol. 1, No. 2, Pp. 14–20, 2017, Doi: 10.20961/Jdc.V1i2.17622.

Najib, Manajemen Strategi Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gaya Media, 2016.

Drs. Anas Salahudin And S. A. Irwanto Alkrienchiechie, Pendidikan Karakter. Bandung: Pustaka Setia, 2014.

Muhammad Yamin, Pendidikan Karakter : Landasam, Pilar & Implementasi. Jakarta: Prenada Meida, 2016.

J. Syahbrudin, “Multimedia Interaktif Berbasis Karakter Sebagai Upaya Peningkatan Nilai-Nilai Karakter Dan Interactive Multimedia Based On Character As Efforts To Improve The Value Of Character And The High Order Thinking Skills,” Vol. 3, No. 1, Pp. 7–13, 2018.

N. Ainiyah, “Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama,” Al-Ulum J. Stud. Islam, Vol. 13, No. 1, Pp. 25–38, 2013.

T. Tafonao, “Peran Pengajaran Pendidikan Agama Kristen Dalam Keluarga Sangat Penting Untuk Diajarkan Kepada Anak-Anak, Baik Dalam Keluarga, Sekolah, Di Tempat Ibadah Dan Masyarakat, Agar Kelak Anak-Anak Dapat Menghadapi Setiap Problem Secara Kognitif, Afektif Dan Psik,” Edudikara J. Pendidik. Dan Pembelajaran, Vol. 3, No. 2, P. 125, 2018.

L. D. Sagala, “Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Menghadapi Perubahan Sosial,” J. Simpson J. Teol. Dan Pendidik. Agama Kristen, Vol. 1, No. 1, P. 48, 2017.

M. Mujizatullah, “Inovasi Pembelajaran Agama Kristen Di Sma Oikumene Kendari,” Al-Qalam, Vol. 21, No. 2, P. 361, 2016, Doi: 10.31969/Alq.V21i2.236.

E. Pujiasih And S. M. A. N. Bantul, “Membangun Generasi Emas Dengan Variasi Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19 Building A Golden Generation By Applying Various Online Learning In The Pandemic Of Covid-19,” J. Karya Ilm. Guru, Vol. 5, No. 1, Pp. 42–48, 2020.

H. Wijaya, S. Tinggi, And F. Jaffray, ““ Pengemban Ngan Model Pembela Ajaran Pendidikan A Agama Kriste En Di Sekollah Dasa Melalui Pendekata R An Kontek Stual (Co Contextual Teaching And Lear Ing),” No. August 2010, 2010.

P. A. Dan P. Keagamaan, “Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2007 Tentang,” 2007, Vol. 67, No. 6, Pp. 14–21, 2007.

Azhar Arsyad, Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo, 2015.

Corlina, “Pembelajaran Pak Di Masa Pandemi Covid-19, Telephone Interview. 04 Juni 2020,” Kairatu, 2020.

J. A. Saija, “No Title,” Kairatu, 2020.

A. T. Korucu And A. Alkan, “Differences Between M-Learning (Mobile Learning) And E-Learning, Basic Terminology And Usage Of M-Learning In Education,” Procedia - Soc. Behav. Sci., Vol. 15, Pp. 1925–1930, 2011, Doi: 10.1016/J.Sbspro.2011.04.029.

Y. Bilfaqih And M. N. Qomarudin, Esensi Pengembangan Pembalajaran Daring, 1st Ed., Vol. 1, No. 1. Deepublish, 2015.

Y. Efendi, Lusiana, And R. Muzawi, “Workshop Mobile Learning Menuju Sekolah Berbasis Digital Pada Smk Negeri 1 Siak Kecil,” مجلة کلیة التربیة, Vol. 8, No. 4. Pp. 214–242, 2011, Doi: 10.21608/Jfe.2011.92924.

Z. Jamilah, T. Raharjo, And Samsudi, “Keefektifan Multimedia Interaktif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Menggambar Busana Siswa Smk Negeri 6 Semarang,” Innov. J. Curric. Educ. Technol., Vol. 1, No. 1, 2012, Doi: 10.15294/Ijcet.V1i1.126.

E. Wicaksana, “Efektifitas Pembelajaran Menggunakan Moodle Terhadap Motivasi Dan Minat Bakat Peserta Didik Di Tengah Pandemi Covid -19,” Eduteach J. Edukasi Dan Teknol. Pembelajaran, Vol. 1, No. 2, 2020, Doi: 10.37859/Eduteach.V1i2.1937.

D. Priyanto, “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Komputer,” Vol. 14, No. 1, Pp. 1–13, 2009.

A. A. Candra And M. S. Masruri, “Pengembangan Multimedia Interaktif Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Pembelajaran Pkn Smp,” Harmon. Sos. J. Pendidik. Ips, Vol. 66, No. 2, Pp. 37–39, 2015, Doi: Https://Doi.Org/10.21831/Hsjpi.V2i2.7662.

S. Sohibun And F. Y. Ade, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Virtual Class Berbantuan Google Drive,” Tadris J. Kegur. Dan Ilmu Tarb., Vol. 2, No. 2, P. 121, 2017, Doi: 10.24042/Tadris.V2i2.2177.

Nurudin, “Pengembangan Media Interaktif Pembelajaran Berbasis Pendidikan Budaya Dan Karakter Pada Mata Pelajaran Ips Kelas V,” Universitas Lampung, 2017.

M. Sobri And Moerdiyanto, “The Effect Of Discipline And Autonomy Learning On The Learning Achievement In Economics Subject,” J. Harmon. Sos., Vol. 1, No. 1, Pp. 43–56, 2014.

A. Sadikin And A. Hamidah, “Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19,” Biodik, Vol. 6, No. 2, Pp. 109–119, 2020, Doi: 10.22437/Bio.V6i2.9759.

D. Avianty And D. A. S. Cipta, “Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Masalah Untuk Mendayagunakan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Siswa Sekolah Dasar,” Aksioma J. Progr. Stud. Pendidik. Mat., Vol. 7, No. 2, P. 237, 2018, Doi: 10.24127/Ajpm.V7i2.1503.

E. Mulyatiningsih, Metoode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2012.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.