STRATEGI PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN SAAT MASA PANDEMI COVID-19 DI SDIT AL-AZHARUL’ULUM

Sholikhah Anggit Muthoharoh, Saring Marsudi

Abstract


Penilaian merupakan sebuah komponen utama yang harus ada dalam sebuah pembelajaran. Penilaian dilakukan oleh guru dengan tujuan untuk mengetahui tingkat penguasaan peserta didik terhadap pembelajaran yang telah diberikan, serta untuk melihat tingkat kesuksesan guru dalam memberikan pengajaran. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui strategi yang dilakukan oleh guru untuk melakukan penilaian autentik selama pandemi dengan mengacu pada penilaian kurikulum 2013. Hal ini dirasa menarik karena siswa melaksanakan kegiatan belajar dirumah tanpa dampingan guru, maka bagaimana strategi yang dilakukan guru untuk menilai tiap siswa sehingga didapatkan nilai yang sesuai dengan kemampuan siswa. Dari penelitian yang telah dilaksanakan didapatkan hasil bahwa dalam penilaian terdapat 3 tahapan, yaitu :1) perencanaan penilaian, Tahap perencanaan dilakukan untuk menetapkan KKM dan pedoman penskoran serta guru menyiapkan RPP, menyusun instrumen penilaian/kisi-kisi serta rubrik penilaian. 2) pelaksanaan penilaian, Tahap pelaksanaan penilaian dilakukan dengan menggunakan jurnal harian dan dibantu dengan adanya Raport Musofat. Selain itu juga dibantu dengan adanya home visit dan pertemuan tatap muka satu minggu sekali. 3) pelaporan penilaian pengetahuan dilakukan dengan menyusun keseluruhan penilaian dari Penilaian Harian, Penilaian Tengah Semester dan Penilaian Akhir Tahun lalu hasilnya dituliskan dalam raport dengan menggunakan kata-kata yang memotivasi serta merumuskan sikap sosial dan sikap spiritual siswa.

Kata kunci : Penilaian, Strategi, kurikulum 2013, Covid-19

 AUTHENTIC ASSESSMENT STRATEGIES IN LEARNING DURING THE COVID-19 PANDEMIC AT SDIT AL-AZHARUL’ULUM

Assessment is the main component that must exist in a learning. The assessment is carried out by the teacher with the aim of knowing the level of mastery of students towards the learning that has been given, as well as to see the level of success of the teacher in providing teaching. Therefore, the researcher wants to know the strategies used by teachers to carry out authentic assessments during the pandemic by referring to the 2013 curriculum assessment. according to students' abilities. From the research that has been carried out, the results obtained are that in the assessment there are 3 stages, namely: 1) planning, the planning stage is carried out to determine KKM and scoring guidelines and the teacher prepares lesson plans, compiles assessment instruments / grids and assessment rubrics. 2) implementation, the implementation stage, is carried out using a daily journal and assisted by the Musofat Report Card. In addition, it is also assisted by home visits and face-to-face meetings once a week. 3) reporting on the assessment carried out by compiling the overall assessment of the Daily Assessment, Mid-Semester Assessment and Last Year's Assessment, the results of which are written in a report using motivating words and formulating students' social and spiritual attitudes.

Keywords : Assessment, Strategy, Curriculum 2013, Covid-19


Full Text:

PDF

References


M. K. Naserly, “Implementasi Zoom, Google Classroom, Dan Whatsapp Group Dalam Mendukung Pembelajaran Daring (Online) Pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Lanjut,” J. Chem. Inf. Model., vol. 4, no. 2, pp. 155–165, 2020, [Online]. Available: https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/129.

Kisno, Turmudi, and N. Fatmawati, “Penilaian Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar Selama Masa Pandemi Covid-19,” MartabaJurnal Peremp. dan anak, vol. 4, no. 1, pp. 97–110, 2020.

S. Munawati, “Pelaksanaan Penilaian Autentik di Sekolah Dasar Negeri Pujokusuman 1 Yogyakarta,” J. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 6, no. 2, pp. 21–29, 2017, [Online]. Available: http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/pgsd/article/view/6619/6385.

M. Roqib and Nurfuadi, Kepribadian Guru. 2020.

S. I. Astuti and D. Darsinah, “Penilaian Autentik Berbasis Kurikulum 2013 di SD Negeri Mangkubumen Kidul No. 16 Surakarta,” Manaj. Pendidik., vol. 13, no. 2, pp. 165–174, 2018.

B. Cambridge, “Validity through Dialogue,” Teach. Learn. Inq. ISSOTL J., vol. 1, no. 1, pp. 19–21, 2013, doi: 10.20343/teachlearninqu.1.1.19.

K. Saidah, “Analisis Bentuk-Bentuk Penilaian Sikap Siswa Sekolah Dasar Di Kota Kediri,” Profesi Pendidik. Dasar, vol. 1, no. 1, p. 80, 2018, doi: 10.23917/ppd.v1i1.4244.

O. Anwar, “Implementasi Pembelajaran Berbasis E-Learning Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sd Muhammadiyah,” Skripsi [IAIN Salatiga], 2020.

A. Yosefa, “Home Visit Method Dalam Pembelajaran Luring Di Masa Pandemi Covid-19 Di MIN 3 Musi Rawas,” p. 132, 2021.

H. Setiadi, “Pelaksanaan penilaian pada Kurikulum 2013,” J. Penelit. dan Eval. Pendidik., vol. 20, no. 2, pp. 166–178, 2016, doi: 10.21831/pep.v20i2.7173.

A. Doǧan and O. N. Kaya, “Poster sessions as an authentic assessment approach in an open-Ended University general chemistry laboratory,” Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 1, no. 1, pp. 829–833, 2009, doi: 10.1016/j.sbspro.2009.01.148.

G. W. Handayani, L. H. Maula, and D. A. Uswatun, Analisis Proses Pelaksanaan Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid 19, vol. 3, no. 2. 2020.

A. Nurwati, “Penilaian Ranah Psikomotorik Siswa Dalam Pelajaran Bahasa,” Edukasia J. Penelit. Pendidik. Islam, vol. 9, no. 2, pp. 385–400, 2014, doi: 10.21043/edukasia.v9i2.781.

S. Azim and M. Khan, “Authentic assessment: An instructional tool to enhance students learning,” Acad. Res. Int., vol. 2, no. 3, pp. 314–320, 2012, [Online]. Available: www.savap.org.pkwww.journals.savap.org.pk.

M. B. Cahapay, “Reshaping Assessment Practices in a Philippine Teacher Education Institution during the Coronavirus Disease 2019 Crisis,” Pedagog. Res., vol. 5, no. 4, p. em0079, 2020, doi: 10.29333/pr/8535.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.