INOVASI PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA ERA PANDEMI COVID-19 DI JAWA TENGAH
Abstract
Pembelajaran jarak jauh di era pandemi Covid-19, disamping menemui hambatan dan masalah, juga membawa beberapa keuntungan bagi guru maupun siswa baik pada era pandemi maupun di masa yang akan datang. Tujuan penelitian ini ialah mengidentifikasi potensi-potensi inovasi pembelajaran di era pandemi Covid-19 pada berbagai sekolah di Jawa Tengah untuk dapat dikembangkan di masa yang akan datang. Penelitian ini bersifat deskriptif, menggunakan pendekatan kualitatif dibantu kuantitatif, serta bersifat terapan. Lokasi penelitian ini ialah di seluruh wilayah Jawa Tengah. Sumber data primer berasal dari para informan yang didapatkan melalui FGD dan wawancara, serta survei. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan FGD dengan guru, kepala sekolah, dan orang tua, serta pengisian kuesioner yang melibattkan 831 guru di 84 sekolah. Analisis data menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman, yaitu pengumpulan, pengolahan dan penyajian data secara simultan. Analisis data kuantitatif menggunakan deskriptif statistik (persentase). Kesimpulan dari penelitian ini ialah bahwa pendidikan jara jauh di era pandemi Covid-19 menghasilkan berbagai kreatifitas dan inovasi, dari sekolah, guru, maupun siswa. Inovasi dari para guru berupa pengembangan metode pembelajaran atraktif, kombinasi berbagai media, dan penyederhanaan materi. Inovasi dari sekolah berupa pengembangan E-learning, Smart School, pembentukan tim IT, penyederhanaan kurikulum, dan komunikasi interaktif. Siswa dan orang tua melakukan komunikasi intensif serta manajemen waktu pembelajaran.
Kata kunci: Covid-19, daring, inovasi, pembelajaran jarak jauh, pendidikan
INNOVATION OF DISTANCE LEARNING IN THE COVID-19 PANDEMIC ERA IN CENTRAL JAVA
Distance learning in the Covid-19 pandemic era, faces obstacles and problems, on the other hand, brings several advantages for teachers and students both in the pandemic era and in the future. The purpose of this study is to identify the potential of learning innovations in the Covid-19 pandemic era at various schools in Central Java, to be developed in the future. This research is a descriptive study, using a qualitative approach assisted by quantitative, and is applied research. The location of this research is Central Java. Primary data sources come from informants obtained through FGDs and interviews with teachers, principals, and parents, and survey. Collecting data using interview and FGD techniques, and filling out a questionnaire involving 831 teachers in 84 schools. Qualitative analysis uses an interactive model from Miles and Huberman, namely data collection, processing, and presentation. Analysis of quantitative data using descriptive statistics (percentage). This research concludes that the distance learning produces a variety of creativity and innovation, from schools, teachers, and students. Innovations from teachers are in the form of developing attractive learning methods, combining various media, and simplifying materials. Innovations from schools include the development of E-learning, Smart Schools, IT team formation, curriculum simplification, and interactive communication. Students and parents carry out intensive communication and learning time management.
Keywords: Covid-19, daring, distance learnin, education, innovation
Full Text:
PDFReferences
Komite Pencegahan Covid 19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), “Peta Sebaran Kasus Per Provinsi,” 2021. https://covid19.go.id/peta-sebaran.
R. Farasonalia and Khairina, “Muncul Klaster Covid-19 di Sekolah di Jawa Tengah, Anggota DPRD Jateng: Setop Dulu PTM,” Semarang, Sep. 2021.
R. H. S. Aji, “Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran,” SALAM J. Sos. dan Budaya Syar-i, vol. 7, no. 5, 2020, doi: 10.15408/sjsbs.v7i5.15314.
M. Mustakim, “Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika,” Al asma J. Islam. Educ., vol. 2, no. 1, p. 1, 2020, doi: 10.24252/asma.v2i1.13646.
G. D. Novianto, D. A. Herman, and A. Hadiapurwa, “Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Pelaksanaan Pendidikan Jarak Jauh bagi Pendidik dan Peserta Didik di Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar,” vol. 4, pp. 98–111, 2021.
A. R. Panditung, A. Yuliana, Sukarno, and Sukino, “Implementasi Kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh Era Pandemi Covid-19 di Tingkat SMA,” J. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 5, no. 4, pp. 231–240, 2020, [Online]. Available: http://www.ojs.iptpisurakarta.org/index.php/Edudikara/article/view/198.
A. N. Fadilla, A. S. Relawati, and N. Ratnaningsih, “Problematika Pembelajaran Matematika Daring di Masa Pandemi COVID-19,” vol. 01, no. 02, pp. 48–60, 2021.
A. Purwanto et al., “Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar,” EduPsyCouns J. Educ. Psychol. Couns., vol. 2, no. 1, pp. 1–12, 2020, [Online]. Available: https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397.
A. B. Santosa, “Potret Pendidikan di Tahun Pandemi : Dampak COVID-19 Terhadap Disparitas Pendidikan di Indonesia,” CSIS Comment., pp. 1–5, 2020.
W. A. F. Dewi, “Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 2, no. 1, pp. 55–61, 2020, doi: 10.31004/edukatif.v2i1.89.
A. Cahyani, I. D. Listiana, and S. P. D. Larasati, “Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19,” IQ (Ilmu Al-qur’an) J. Pendidik. Islam, vol. 3, no. 01, pp. 123–140, 2020, doi: 10.37542/iq.v3i01.57.
E. Kuntarto, “Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi,” J. Indones. Lang. Educ. Lit., vol. 1, no. 2, pp. 207–220, 2017, [Online]. Available: https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/jeill/article/view/1820.
N. H. Waryanto, “Online Learning Sebagai Salah Satu Inovasi Pembelajaran,” Pythagoras, vol. 2, no. 1. pp. 10–23, 2006, [Online]. Available: http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/132304807/Online Learning sebagai Salah Satu Inovasi Pembelajaran.pdf.
M. T. Hidayat, W. Hasim, and A. Hamzah, “Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19: Solusi atau Masalah Baru dalam Pembelajaran?,” J. Civ. Soc. Stud., vol. 4, no. 2, pp. 47–56, 2020, doi: 10.31980/civicos.v4i2.918.
W. Hartanto, “Penggunaan E-Learning sebagai Media Pembelajaran,” J. Pendidik. Ekon., vol. 10, no. 1, pp. 1–18, 2016.
U. H. Salsabila, L. I. Sari, K. H. Lathif, A. P. Lestari, and A. Ayuning, “Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19,” Al-Mutharahah J. Penelit. dan Kaji. Sos. Keagamaan, vol. 17, no. 2, pp. 188–198, 2020, doi: 10.46781/al-mutharahah.v17i2.138.
R. Oktavian and R. F. Aldya, “Efektivitas Pembelajaran Daring Terintegrasi di Era Pendidikan 4.0,” Didakt. J. Pendidik. dan Ilmu Pengetah., vol. 20, no. 2, pp. 129–135, 2020, doi: 10.30651/didaktis.v20i2.4763.
S. Haryati and S. Sukarno, “Inovasi pembelajaran daring di era pandemi COVID-19,” Indones. J. Educ. Learn., vol. 4, no. 2, pp. 479–485, 2021, doi: 10.31002/ijel.v4i2.3717.
I. W. Damai, “Inovasi Pembelajaran E-Learning Matematik Melalui Flatform Era Covid 19,” Pros. Semin. Nas. Inst. Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya, no. 6, pp. 121–133, 2021, [Online]. Available: http://prosiding.iahntp.ac.id/index.php/seminar-nasional/article/view/172.
E. Tjahjadi, S. Paramita, and D. Salman, “Pembelajaran Era Pandemi Covid-19 di Indonesia (Studi terhadap Aplikasi Discord),” Koneksi, vol. 5, no. 1, p. 83, 2021, doi: 10.24912/kn.v5i1.10165.
H. Usman and P. S. Akbar, Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Refbacks
- There are currently no refbacks.