RANCANG BANGUN ALAT BANTU PENCEKAM SPESIMEN PADA MESIN GRINDING POLISH

Nurul Huda, Agus Susanto, Yolanda Vivina Mithaya Sumartono

Abstract


Pengujian metalografi merupakan pengujian yang dilakukan untuk mengetahui karakteristik dari suatu logam serta mengetahui apa saja struktur makro dan mikro yang ada di dalam sebuah logam. Namun, untuk melakukan pengujian metalografi, terlebih dahulu dilakukan pemolesan pada logam yang akan dilakukan pengujian. Tujuan dari penelitian ini adalah mengefektifkan waktu pengerjaan pemolesan logam dan penggunaan bahan yang kurang efektif jika dilakukan secara manual. Selain itu, juga dapat mengurangi resiko kecelakaan kerja pada saat pengerjaan pemolesan logam yang dilakukan pengguna. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menganalisis dampak yang ditimbulkan apabila pemolesan logam dilakukan secara manual dengan tangan yang ternyata banyak efek negatif, kemudian dilakukan perumusan penyelesaian masalah, merancang alat yang akan dijadikan penelitian serta pemilihan bahan yang akan digunakan, dan menghitung bahan habis pakai untuk penelitian ini. Proses pengerjaan dilakukan dengan tahap pemotongan bahan berupa besi plat dan hollow, pengelasan, pengeboran, dan pengecatan. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan adanya efisien waktu dalam melakukan pemolesan logam karena cekaman benda kerja konstan terhadap mesin polishing dan juga menghemat peggunaan bahan seperti amplas dan mengurangi resiko terlemparnya benda kerja pada saat penekanan di mesin polishing.

Kata kunci: logam, efektif, pemolesan, bahan, waktu




Full Text:

PDF

References


Malaga, Karlo. Schroeder, Karen. Patel, Paras. Thompson, David. Bentley, Nicole. Lempka, Scott. “Data driven model comparing the effects of glial scarring and interface interactions on chronic neural recordings in non human primates”. J. Neuring Engineering. Vol.13. No.016010. pp 1-14. 2015

Sawitri,D.Firdausi, A. “Perancangan Mekanik Mesin Poles untuk Proses Metalografi Bahan Menggunakan Motor Listrik”. Teknik Fisika Fakultas Teknologi Sepuluh Nopember. Vol.9, No. 3. 2013

Sukmana, Galih Indra. ,Rasyid, A. H. A. “Redesain Mesin Grinding dan Polish Semi Otomatis”. Fakultas

Callister, William D. Fundametal of Materials Science and Engineering 2nd edition. USA: John Wiley & Son Inc, 2005.

Case Study. “Failure of Low Temperature Super Heater Tube of Thermal Power Station”, 11 Januari 2018, [Online]. Tersedia : https://www.sciencedirect.com/topics/materials-science/metallography.[Diakses: 20 Maret 2021].

Alamdani, M. Ikhsan. Siswanto, Rudi. “Proses Manufaktur Mesin Poles dan Ampelas Untuk Proses Metalografi.Teknik Mesin”, Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat. Banjarbaru. Vol. 2, no.1, hal 15-22, 2020.

Munawir, Azwar, Turmizi. “Analisa Kegagalan Poros Pompa Sentrifugal Ebara Type 56-GA 4002 A melalui Evaluasi Pola Patahan Serta Pengujian Kekerasan dan Metalografi”, Teknik Mesin Politeknik Negeri Lhokseumawe. Vol. 3, No.2. 2019.

Apollo. Nur, Rusdi. Suyuti, Muhammad Arsyad. “Rancang Bangun Mesin Polishing Sebagai Alat Bantu Praktikum Metalografi di Laboratorium Mekanik”, Politeknik Negeri Ujung Pandang. Makasar. Vol. 978, No.602, pp.24-29, 2018.

Samuels, Leonard. E. “Metallographic polishing by mechanical methods fourth edition”. Philadelphia: Asm International. 2003.

Callister, William D. Material Science and Technology. Singapore: John Wiley & Son Inc, 2007.

Mashuri, Sakti, Arya. “Rancang Bangun Alat Pencekam Otomatis Menggunakan Motor DC Pada Alat Grinding Polish, Universitas Negeri Surabaya. Vol.05, No.01, pp.44-50. 2018.

Pradipto, Bimo. Rasyid, Akhmad H. A. “Pengaruh Kecepatan Putar Mesin Grinding dan Polish Terhadap Kualitas Benda Uji”. Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya. Vol 07, No.03, pp.37-42. 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.