PEMBELAJARAN FISIKA DI MAN 2 BUNGO MELALUI PERTANYAAN (LEARNING BY QUESTIONING) DAN KETERAMPILAN BERPIKIR

Gea Desriani

Abstract


Penelitian ini berjudul Pembelajaran fisika di MAN 2 Bungo melalui pertanyaan (Learning by questioning) dan keterampilan berpikir, dengan tujuan (1) mendeskripsikan jenis pertanyaan yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran Fisika di kelas X MAN 2 Bungo, (2) mendeskripsikan keterampilan bertanya siswa dalam pembelajaran Fiaika kelas X MAN 2 Bungo, dan (3) mendeskripsikan hambatan bertanya yang dialami siswa dalam pembelajaran Fisika kelas X MAN 2 Bungo. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas X MAN 2 Bungo. Objek penelitian ini adalah keterampilan bertanya guru dan siswa dalam pembelajaran Fisika. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket terbuka. Data dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) Jenis pertanyaan yang digunakan guru dalam pembelajaran   Fisika di kelas X MAN 2 Bungo adalah jenis pertanyaan permintaan, retorik, mengarahkan atau menuntun, pertanyaan pengetahuan, dan pemahaman. (2) keterampilan bertanya siswa masih rendah dibuktikan dari pertanyaan selama dua kali pengamatan, dan (3) terdapat 6 faktor yang menghambat siswa dalam bertanya yaitu (1) malu/gugup/tidak percaya diri (2) takut ditertawai teman, (3) situasi kelas ribut, (4) mengantuk/kurang fokus, (5) kurang mengerti dengan yang harus ditanyakan, (6) takut pertanyaan tidak dijawab

Kata kunci: bertanya, guru, hambatan, siswa,

 

LEARNING PHYSICS IN MAN 2 BUNGO THROUGH QUESTIONS AND THINKING SKILLS

This study entitled learning physics at MAN 2 Bungo through questions (Learning by questioning) and thinking skills, with the aim of (1) describing the types of questions used by teachers in learning Physics in class X MAN 2 Bungo, (2) describing students' asking skills in Fiaika learning class X MAN 2 Bungo, and (3) describe the barriers to asking questions experienced by students in learning Physics class X MAN 2 Bungo. The subjects of this study were teachers and students of class X MAN 2 Bungo. The object of this research is the questioning skills of teachers and students in learning Physics. The data collection method used is observation, open questionnaire. Data were analyzed using qualitative descriptive techniques. The results of this study are (1) the types of questions used by the teacher in learning Physics in class X MAN 2 Bungo are types of request questions, rhetoric, directing or guiding, knowledge questions, and understanding. (2) students' questioning skills are still low as evidenced by questions during two observations, and (3) there are 6 factors that hinder students in asking questions, namely (1) shy / nervous / not confident (2) fear of being laughed at by friends, (3) situation noisy class, (4) sleepy/lack of focus, (5) don't understand what to ask, (6) afraid of unanswered questions

Keywords: questioning skill, teacher, obstacles, students

Full Text:

PDF

References


Darmayanti. Profil Penguasaan Pembelajaran RQA (Reading, Questioning, and Answering) oleh Guru IPA SMP di Jember. Seminar Nasional Fisika dan Pembelajarannya (2015). ISBN 978-602-71273-1-9

Pratiwi. Analisis Keterampilan Bertanya Siswa Pada Pembelajaran Ipa Materi Suhu Dan Kalor Dengan Model Problem Based Learning Di Smp Negeri 2 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika (2019) Vol. 8 No. 4,

Oktaviona, Dina. Jufrida dan Darmaji. Penerapan RPP Berbasis Multiple Intelligences untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa pada Materi Kalor dan Perpindahan Kalor Kelas X MIA 4 SMA Negeri 3 Kota Jambi. Jurnal EduFisika (2016). 1(1), 7-12.

B.K. Prahani, I. Limitahu, Soegimin W.W, L.Yuanita, M. Nur. Effectiveness of physics learning material through guided inquiry model to improve studendts problem solving skills based on multiple repreentation. International journal of education and research (2016). 4(12).

Joneska, Alesrin, Astalini, N. Susanti. Perbandingan Hasil Belajar Fisika menggunakan Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle dan Index Card Match pada Materi Cahaya Kelas VIII SMP Negeri 3 Batanghari. Jurnal EduFisika(2016). 1(1), 28-31.

Purwanto, A. Eko, H. Menza, N. Susanti. Studi Perbandingan Hasil Belajar Siswa menggunakan Media PhET Simulations dengan Alat Peraga pada Pokok Bahasan Listrik Magnet di Kelas IX SMPN 12 Kabupaten Tebo. Jurnal EduFisika (2016). 1(1), 22-27.

Trianto, ‘Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif : Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)’, Jakarta, Kencana Prenada Media Group (2013).

Hardjana, Agus M. Komunikasi Intrapersonal & Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Kanisius (2003)

Sudiana, I Nyoman. Interaksi Belajar Mengajar Bahasa dan Sastra Indonesia. Sidoarjo: Media Ilmu (2006)

Sanjaya, Wina. Model Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media (2006)

C. Chin, J.Osberne. Students’ questions : a potential resource for teaching and learning science. Studies in Science Education (2008). 44(1).

Chiappetta, E.,L. & Koballa Jr, T.R,. Science Instruction in The Middle and Secondary Schools Developing Fundamental Knowledge and Skills. Boston: Allyn & Bacon (2010)

Wendra, I Wayan. Penulisan Karya Ilmiah. Singaraja: Undiksha (2009)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.