ANALISIS KEBUTUHAN SARANA DAN PRASARANA LABORATORIUM BANK MINI JURUSAN AKUNTANSI SEBAGAI PENUNJANG PROSES PEMBELAJARAN PADA PROGRAM STUDI D3 PERBANKAN DAN KEUANGAN JURUSAN AKUNTANSI
Abstract
Analisis Kebutuhan Sarana dan Prasarana Laboratorium Bank Mini Jurusan Akuntansi Sebagai Penunjang Proses Pembelajaran Pada Program Studi D3 Perbankan dan Keuangan Jurusan Akuntansi.Penelitian difokuskan untuk menganalisis dan kemudian mendeskripsikan hasil analisis data yang telah dilakukan diambil pada pengguna Laboratorium Bank Mini Politeknik Negeri Balikpapan Penelitian ini menggunakan hasil angket persentase persamaan. Berdasarkan data yang telah diperoleh dapat disimpulkan bahwa dari standar penampilan Lab Bank Mini sudah memberikan penampilan yang baik untuk dapat melayani kegiatan mahasiswa. Untuk standar petugas mahasiswa sudah dominan dengan setuju bahwa petugas Lab Bank Mini menjaga kerapian dan penampilan mahasiswa pada saat praktikum. Untuk standar pelayanan mayoritas mahasiswa menjawab sudah setuju terkait pealyanan yang diberikan oleh petugas Lab Bank Mini. Tekait kepuasan pengguna pelayanan Lab Bank Mini mayoritas mahasiswa merasakan seluruh pelayanan Lab Bank Mini yang dibutuhkan sangat memuaskan.
Kata kunci: penampilan, pelayanan dan kepuasan pengguna Labaoratorium Bank Mini
ANALYSIS OF THE NEED FOR FACILITIES AND INFRASTRUCTURE FOR MINI BANK LABORATORY ACCOUNTING DEPARTMENT AS A SUPPORT FOR THE LEARNING PROCESS IN THE D3 BANKING AND FINANCE STUDY PROGRAM, MAJORING IN ACCOUNTING
Analysis of the Need for Facilities and Infrastructure for Mini Bank Laboratory Accounting Department As a Support for the Learning Process in the D3 Banking and Finance Study Program, majoring in Accounting. The research is focused on analyzing and then describing the results of the data analysis that has been carried out on users of the Balikpapan State Polytechnic Mini Bank Laboratory. The research uses the results of a percentage equation questionnaire. Based on the obtained,, it can be concluded that from the appearance standards of the Mini Bank Lab, it has given a good appearance to be able to serve student activities. For the standard, student officers are dominant by agreeing that Mini Bank Lab officers maintain the neatness and appearance of students during practicum. For service standard, the majority of students answered that they agreed regarding the services provided by Mini Bank Lab officers. Regarding the satisfaction of users of Mini Bank Lab services, the majority of students feel that all Mini Bank Lab services needed are very satisfying
Keywords: appearance, service and user satisfaction of Bank Mini laboratory
Full Text:
PDFReferences
W. Sanjaya, Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group, 2008.
N. Nasution and A. Hasairin, “Analisis Sarana dan Pemanfaatan Laboratorium IPA (Biologi) dalam Pembelajaran Biologi Kelas XI di SMA Swasta Nusantara Lubuk Pakam,” J. Pelita Pendidik., vol. 4, no. 4, pp. 31–37, 2016.
Peraturan Pemerintah No 32 Tahun 2013 sebagai pengganti PP No 19 Tahun 2005. .
Muhammad Ardi Satrio, “Analisis Sarana Prasarana Dan Pemanfaatan Laboratorium Fisika Sma Negeri Di Kota Medan,” J. Ikat. Alumni Fis. Univ. Negeri Medan, vol. 4, no. 4, pp. 6–10, 2018.
D. Eka, B. Yanti, M. Program, and S. Pendidikan, “Analisis Sarana Prasarana Laboratorium Fisika Dan Intensitas Kegiatan Praktikum Fisika Dalam Mendukung Pelaksanaan Pembelajaran Fisika Sma Negeri Di Kabupaten Jember,” J. Pembelajaran Fis., vol. 5, pp. 41–46, 2016.
L. R. Astiti, “Studi Pemanfaatan Laboratorium Perpajakan Dalam Menunjang Mata Kuliah Perpajakan Di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta,” PELITA, vol. X, pp. 77–88, 2015.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta, 2017.
Refbacks
- There are currently no refbacks.