RESPON SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DI SMAN 2 TANJUNG JABUNG TIMUR

Indah Dewi Permata Sari

Abstract


Penelitian yang berjudul “Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) di SMAN 2 Tanjung Jabung Timur” ini mengangkat masalah bagaimana respon siswa terhadap penggunaan model PBL dalam pembelajaran pada mata pelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat respon siswa pada mata pelajaran fisika menggunakan model PBL di SMAN 2 Tanjung Jabung Timur. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII MIPA 1 di SMAN 2 Tanjung Jabung Timur, objek dalam penelitian ini adalah respon siswa terhadap penggunaan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) di SMAN 2 Tanjung Jabung Timur. Pendekatan pada penelitian kali ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pemberian angket dan pengolahan data dilakukan dengan menggunakan Excel. Berdasarkan data hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model PBL (Problem Based Learning) sangat tepat apabila diterapkan dalam pembelajaran fisika.

Kata kunci: Respon Siswa, Model Pembelaran PBL, Mata Pelajaran Fisika

 

STUDENT RESPONSES TO LEARNING PHYSICS USING THE PBL (PROBLEM BASED LEARNING) LEARNING MODEL AT SMAN 2 TANJUNG JABUNG TIMUR

The research entitled "Student Responses to Physics Learning Using the PBL (Problem Based Learning) Model at SMAN 2 Tanjung Jabung Timur" raised the issue of how students respond to the use of PBL models in learning physics subjects. This study aims to measure the level of student response to physics subjects using the PBL model at SMAN 2 Tanjung Jabung Timur. The subjects in this study were students of class XII MIPA 1 at SMAN 2 Tanjung Jabung Timur, the object in this study was the student's response to the use of the PBL (Problem Based Learning) learning model at SMAN 2 Tanjung Jabung Timur. The approach in this research is a quantitative research approach. Data was collected by using a questionnaire technique and data processing was carried out using Excel. Based on the research data, it shows that the use of the PBL (Problem Based Learning) model is very appropriate when applied in physics learning.

Keywords: Student Responses, PBL Learning Model, Physics Subject

Full Text:

PDF

References


Andriani Mestawaty AS.A dan Ritman Ishaq Paudi, "Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Pengaruh Gaya Terhadap Gerak Benda di Kelas IV SDN 1 Ogowele," Jurnal Kreatif Tadulako Online, Hal. 79-92, 2017.

Nyoman Sudiarta, "Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Materi Suhu dan Kalor," Journal of Education Action Research, vol. 3 (4), Hal. 440-447, 2019.

Daryl Hanna, Sutarto, and Alex Harijanto, "Model Pembelajaran Tema Konsep Disertai Media Gambar Pada Pembelajaran Fisika Di Sma," Jurnal Pembelajaran Fisika, vol. 5 (1), Hal. 23-29, Juni 2016.

Abas Asyafah, "Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam)," Indonesian Journal of Islamic Education, vol. 6 (1), Hal. 19-32, 2019.

Golda Mair, "Penguasaan Model-Model Pembelajaran Meningkatkan Kompetensi Guru Bahasa Indonesia," Jurnal Edukasi Kultura, vol. 5 (1), Hal. 40-51, 2010.

Asrani Assegaf and Uep Tatang Sontani, "Upaya Meningkatkan Kemampuan Berfikir Analitis Melalui Model Problem Based Learning (PBL)," Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, Vol. 1 (1), Hal. 38-48, Agustus 2016.

Yunin Nurun Nafiah and Wardan Suyanto, "Penerapan Model Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa," Jurnal Pendidikan Vokasi, vol. 4 (1), Hal. 125-143, Februari 2014.

Febi Perselia, Haratua Tiur Maria S, dan Erwina Oktavianty, "Respon Peserta Didik Terhadap Model Problem Based Learning Pada Materi Hukum Newton," Jurnal Fisika, vol. 4 (1), Hal. 1-7, 2019.

Imelda and Dewi Anzelina, "Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Higher Order Thinking Skills," Journal of Mathematics Education and Science, vol. 5 (1), Hal. 11-19, Oktober 2019.

Muhammad Mulyadi, "Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya," Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, vol. 15 (1), Hal. 127-138, Januari 2011.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.