TEKNOLOGI LIGHT TRAP DETEKSI HAMA MENGGUNAKAN PANEL SURYA

Qory Hidayati, Erick Sorongan, Angga Wahyu Aditya, Zulkarnain Zulkarnain, Asra’af Mustaqim

Abstract


Salah satu cara meminimalkan populasi hama disekitar lahan pertanian atau perkebunan adalah dengan adanya Light Trap. Suatu alat untuk menangkap atau menarik serangga yang tertarik Cahaya pada waktu malam hari. Alat ini berfungsi untuk mengetahui keberadaan atau jumlah populasi serangga di lahan pertanian. Untuk menyelesaikan permasalahan hama perkebunan dibuat teknologi tepat guna sebagai salah satu solusi alternatif dalam pengurangan, pada Light Trap menggunakan tracker solar panel dan menggunakan sensor LDR untuk mengendalikan secara otomatis. Dalam penelitian ini didesain purwarupa pembasmi serangga menggunakan cahaya lampu bertenaga surya sehingga aman dari korsleting dan kebakaran. Prinsip kerja adalah saat matahari tenggelam, lampu light trap menyala secara otomatis karena energi listrik yang dipancarkan bersumber dari baterai, panel surya akan mengubah energi matahari menjadi energi listrik dc, kemudian dengan inverter dikonversikan (dc) ke listrik (ac) untuk dialirkan ke lampu light trap (TL ultraviolet ) bedanya dari sebelumnya bahwa solar panel ini dapat tracker sesuai dengan arah matahari dan dengan menambahkan LDR untuk mengendalikan waktu light trap aktif.


Full Text:

PDF

References


Saputro, M. A. hadi, & Ilmi, U. (2020). Alat Perangkap Hama Pada Padi Menggunakan Cahaya UV Tenaga Surya di Desa Pasi Kec. Glagah (Cetak Pert). Litbang pemas Unisla.

Sopiandi, A. Mardiana, and E. E. Suhada, Inovasi Mikrokontroller Arduino Uno R3 Menggunakan Light Trap Dan Ultrasonic Wave Untuk Pengendalian Hama Serangga Pada Tanaman Padi ( Oryza Sativa L .) BERTENAGA SOLAR CELL ( STUDI KASUS : DESA SILIHWANGI ).

Kiti Kartika, Sri Slamet Mulyati, dkk. Perbedaan Warna Lampu Terhadap Jumlah Lalat yang Terperangkap di Pantry Industri Pangan. 2021

Nuryana, Imam. Perbedaan Variasi Daya Tarik Lampu Light Trap Terhadap Kematian Lalat. 2019

Irfan Maulana Putra, Harun Sujadi. Rancang Bangun Alat Perangkap Hama pada Tanaman Cabai (Capsicum Annuum L) Menggunakan Mikrokontroller Arduino Uno dan Sensor PIR Berbasis Android. 2022

Didi Rindaldy. Rancang Bangun Alat Perangkap Hama Alat Buah Sistem Elektrik Untuk Mencegah Busuk Pada Buah Cabai. 2019

Sopiandi, A. Mardiana, and E. E. Suhada, “Inovasi Mikrokontroller Arduino Uno R3 Menggunakan Light Trap Dan Ultrasonic Wave Untuk Pengendalian Hama Serangga Pada Tanaman Padi ( Oryza Sativa L .) BERTENAGA SOLAR CELL ( STUDI KASUS : DESA SILIHWANGI ) Abstrak Computer Science | Industrial Engineeri,” No, J. Jensitec Vol, vol. 06, no. 01, pp. 378–383, 2019.

Saputro, M. A. hadi, & Ilmi, U. (2020). Alat Perangkap Hama Pada Padi Menggunakan Cahaya UV Tenaga Surya di Desa Pasi Kec. Glagah (Cetak Pert). Litbang pemas Unisla.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.