PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, MOTIVASI ORANG TUA DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI AKADEMIK (Studi Empiris Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Samarinda)
Abstract
Salah satu cara untuk mencapai prestasi yang baik diantaranyadilakukan dengan melakukan evaluasi serta memetakan faktor apa saja yang mendukung tercapainya hal tersebut. Banyak aspek yang memengaruhi tingkat prestasi seseorang, 3 diantaranya adalah motivasi belajar, faktor keluarga dan lingkungan pendidikan.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar, motivasi orang tua dan lingkungan belajar terhadap prestasi akademik pada mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Samarinda.Teknik pengambilan data dilakukan dengan metode sensus. Populasi yang diambil adalah seluruh Mahasiswa semester akhir Program Studi Diploma III (D3) Akuntansi dan Program Studi S1 Terapan Akuntansi Manajerial dengan jumlah total responden sebanyak 142 mahasiswa.Teknik analisis data dilakukan dengan uji instrumen (validitas dan reliabilitas), uji asumsi klasik yang meliputi uji, normalitas, heteroskedatisitas, multikolinearitas dan autokorelasi serta uji hipotesis (uji parsial dan simultan). Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda.Piranti lunak yang digunakan untuk pemerosesan data adalah software Statistic Program and Service Solution (SPSS) Ver 24.Hasil penelitian membuktikanbaik secara parsial dan simultan, motivasi belajar, faktor keluarga dan lingkungan pendidikantidak berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar pada mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Samarinda.
Full Text:
PDFReferences
As’ad, Moh. 1995. Psikologi Industri. Yogyakarta: Liberty
Bianti, Hera dan Khusnah, Naimatul. 2012. Pengaruh Sarana Prasarana Dan Cara Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Pendidikan ekonomi
Volume 5, no 1 (2012).
Daulae, Tatta Herawati. 2016. Pengaruh Motivasi dan Metode Mengajar Terhadap Prestasi Mata Kuliah Hadits MahasiswaIAIN PadangSidimpuan. Tazkir Vol. 02 No. 1 Januari – Juni 2016.
Dimyati dan Mudjiono. (2006).Belajar dan Pembelajran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Ghozali, Imam, 2006. Aplikasi analisis multivarate dengan SPSS cetakan IV. Universitas diponegoro. Semarang
Hamdu, Ghullam dan Agustina, Lisa. 2011. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA Di Sekolah Dasar SDN Tarumanagara. Jurnal Penelitian Pendidikan Volume. 12 No. 1, April 2011. Tasikmalaya
Hasibuan, Malayu. 1996. Organisasi dan Motivasi. Jakarta: Bumi Aksara
Houtenville, A.J. & Conway, K. S. (2007). Parental Effort, School Resources and Student Achievement. The Journal of Human resources. Vol 43 no.2 437-453. Diambil pada tanggal 9 Februari 2013, http://jhr.uwpress.org/content/43/2/437.ref
Inayah, Ridaul; Martono, Trisno; dan Sawiji, Hery. 2013. Pengaruh kompetensi Guru, Motivasi belajar Siswa, dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi belajar mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa XI IPS SMA Negeri 1 Lasem. Jurnal pendidikan Insani mandiri Volume 1 No.1 (2013). Lasem
Kurniawan, Didik dan Wutsqa, Dhoriva Urwatul. 2014. Pengaruh Perhatian Orangtua, Motivasi Belajar, dan Lingkungan Sosial Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, Volume 1 - Nomor 2, November 2014. Mataram
Mawarsih, Siska Eko; Susilaningsih; Hamidi, Nurhasan. 2013. Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap prestasi Belajar Siswa SMA Negeri Jumapolo. Jurnal Pendidikan ekonomi Universitas Sebelas Maret Volume 1 No. 3 halaman 1-13. Solo
Nashar. (2004). Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press.
Nasution, S. (1987). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara
Poerwanto, Ngalim. (2007).Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Rosda Karya.
Priyatno, Duwi. 2010. Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS, MediaKom, Yogyakarta
Sardiman A.M. 2007. Interaksi dan Motivasi BelajarMengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Sari, Rizhki Ika Purnama. 2013. Analisis pengaruh belajar mengajar, motivasi belajar, dan lingkungan belajar kampus terhadap prestasi mahasiswa. Skripsi. Universitas Diponegoro. Semarang
Simamora, Benget (2014).Pengaruh Disiplin & Kompetensi Dosen Terhadap Prestasi mahasiswa Program Studi Penerbitan. Jurnal Publipreneur, Vol. 2, Nomor 4, Desember 2014, ISSN: 2338-5049.
Slameto 1995. Belajar dan Faktor-Faktor yangMempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sudjana,Nana. 2005. Proses Belajar Mengajar. Bandung; Sinar Baru Algensindo
Sujarweni, V.Wiratna. 2015. Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi, Pustaka Baru Press, Yogyakarta
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Bisnis, Alfabeta, Bandung
Suryabrata, Sumadi. 1991. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Nur Cahaya
Syamsudin, Abin. (1996). Psikologi Kependidikan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Tirtarahardja, Umar, S. L. La Sulo. Pengantar Pendidikan (Jakarta: Rineka Cipta, 2005.)
Thoifah, I’anatut. 2015. Statistika Pendidikan Dan Metode Penelitian Kuantitatif, Madani, Malang
Tirtiana, Chandra Putri. 2013. Pengaruh Kreativitas Belajar, Penggunaan Media Pembelajaran Power Point, dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Pada Siswa Kelas X Akt Smk Negeri 2 Blora. Economic Education Analysis Journal (EEAJ) Volume 2 No. 2. ISSN 2252-6544. Semarang
Turner, Erlanger A., Chandler, Megan&Heffer, Robert W.The Influence of Parenting Styles, Achievement Motivation, andSelf-Efficacy on Academic Performance in College Students. Journal of College Student Development, Volume 50, Number3, May/June 2009, pp. 337-346 (Article)Published by The Johns Hopkins University Press
Turner, L. A. & Johnson, B (2003). A Model Of Mastery Motivation For At-Risk Preschoolers. Journal of Educational Psychology, 95, 495-505. http://dx.doi.org/10.1037/0022-0663.95.3.495.
Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia
Udiyono. 2012. Pengaruh Motivasi Orang Tua, Kondisi Lingkungan dan Disiplin Belajar terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Widya Dharma Klaten Semester Gasal Tahun Akademik 2010/2011. Jurnal Magistra No.75 Th.XXIII Maret 2011. ISSN 0215-9511. Klaten
Usman, Moh. Uzer. 1989. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Karya
Winkel, W.S. 2007. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi
Refbacks
- There are currently no refbacks.