PEMANFAATAN CITRA BERESOLUSI TINGGI UNTUK PEMETAAN SKALA BESAR STUDI KASUS KELURAHAN MANGKUPALAS KOTA SAMARINDA

Husmul Beze, Natalinda Natalinda

Abstract


Pemetaan dengan skala besar saat ini merupakan kebutuhan yang sangat mendesak bagi Bangsa Indonesia. Salah satu solusi untuk percepatan pemetaan batas wilayah dengan skala besar adalah penggunaan citra satelit dengan resolusi tinggi. Citra Ikonos adalah satu satu produk citra beresolusi tinggi. Menurut spesifikasinya, resolusi spasial citra multi spektral Ikonos adalah 4 meter dan citra pankromatiknya mencapai 1 meter. Dengan spesifikasi ini Citra Ikonos termasuk dalam kategori Citra Resolusi Tinggi. Tujuan penelitian ini adalah memetakan batas wilayah Kelurahan Mangkupalas menggunakan Citra Ikonos tahun 2010 dengan skala besar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengukuran lapang menggunakan GPS dan digitasi on screen menggunakan alat bantu Citra Ikonos. Citra ikonos yang memiliki resolusi tinggi yaitu 1 meter mampu mengidentifikasi objek-objek batas wilayah sehingga sangat membantu proses pembuatan peta kelurahan mangkupalas. Namun untuk objek batas dengan ukuran lebih kecil dari resolusi spasialnya, citra  tidak bisa mengidentifikasi sehingga diperlukan pengukuran lapang menggunakan alat gps


Full Text:

PDF

References


Mardin, Rifai. “Pemanfaatan Citra Ikonos untuk Identifikasi Objek-objek Perkotaan”. Jurnal Ruang. Volume 1 Nomor 1, Palu (2009) : 47 - 54 .

Suprajaka dan Mogot Abdul Haris. Studi Identifikasi Ruang Terbuka Hijau Menggunakan Teknik Intepretasi Citra Ikonos Studi Kasus Kecamatan Lubuk Baja Kota Batam. Jurnal Planela Volume 1 Nomor 1, Jakarta (2010) : 77 - 81.

Rudianto, Bambang. “Analisis Ketelitian Objek pada Peta Citra Quickbird RS 0,68 m dan Ikonos RS 1,0 m”. Jurnal Rekayasa No 3 Volume XIV. Bandung (2010) : 156 - 164.

Beze Husmul dkk. “Pengembangan SIG Berbasis Web pada Tutupan Hutan Kota Studi Kasus Kecamatan Samarinda Seberang dan Palaran “. Jurnal Digit Vol 6 No 1, Cirebon (2016) : 37 - 46

Beze Husmul dan Magfirah Khairunnisa. “Analisa Sekolah Dasar di Samarinda Seberang Berbasis SIG”. Jurnal Digit Vol 6 No 1, Cirebon (2016) :


Refbacks

  • There are currently no refbacks.