IMPLEMENTASI ALGORITMA SHUFFLE RANDOM PADA EDUGAME MAGIC TIME BERBASIS UNIVERSAL WINDOWS PLATFORM (UWP)

Amelia Yusnita, Sefty Wijayanti, Putri Alysia Felita

Abstract


Mendengarkan instruksi guru, menggambar, dan menulis dengan mengikuti bentuk huruf dan angka pada buku belajar. Membuat anak prasekolah menjadi cepat bosan sehingga perlu dikembangkan cara lain untuk menarik minat dengan membuat pembelajaran yang memanfaatkan teknologi. Membuat animasi menggunakan perangkat komputer yang disertai suara-suara yang akrab ditelinga anak-anak dapat mendorong proses pembelajaran untuk lebih aplikatif dan menarik sebagai upaya untuk peningkatan kualitas pendidikan, juga sebagai salah satu cara untuk mendorong tercapainya pembelajaran yang efektif. Edugame Magic Time berbasis Universal Windows Platform (UWP) ini menggunakan metode shuffle random untuk teknik pengacakan pada soal dengan tujuan pengguna tidak bisa mengingat urutan posisi soal dalam permainan. Dalam pembuatannya menggunakan aplikasi SwishMax4 dan Hasil dari pembuatan edugame ini berupa .appx yang dapat diinstall diperangkat apapun yang beroperasi sistem windows 10. Permainan yang ber-genreedukasi sangat besar manfaatnya sebagai alat pendidikan. Edugame dengan konsep pengenalan waktu kepada anak usia dini dapat mendidik, menambah dan mempermudah pengajar dalam memberikan materikepada para siswa berumur 6-8 tahun, pola belajar anak yang monoton mejadi lebih meyenangkan dan menarik sehingga minat belajar anak-anak meningkat.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Andrea, Reza. Teknik Pengacakan Posisi Objek Permainan Match-Up “Find Me! Bumi Etam”, Prosiding Senaik 2015, Yogyakarta (2015)

Binanto, Iwan. Multimedia Digital Dasar Teori dan Pengembangannya, Yogyakarta (2010)

Fajar, Ridwan. Keunggulan Aplikasi Universal Windows Platform dan Bergabungnya BASH Shell di Windows 10, 2016. (https: // www. codepolitan. com/microsoft-build-2016-keunggulan-aplikasi-universal-windows-platform-dan-bergabungnya-bash-shell-di-windows-10), diakses Juni (2017)

Hurd, Daniel dan Jenuings, Erin, 2009. Standardized Educational Games Ratings : Suggested Criteria, London(2009)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.