RANCANG BANGUN ALAT BANTU PELUBANG PLAT

Jufri Jufri, Muhammad Luthfi Sonjaya, Ardi Ardi

Abstract


PT. XYZ terletak di Makassar yang bergerak di bidang usaha & kegiatan perbaikan/pembuatan kapal (Industri Galangan Kapal). Tugas utama perusahaaan sebagai memperbaiki bagian-bagian kapal dan membuat kapal. Kapal yang akan diperbaiki akan dinaikan ke permukaan tanah untuk dilakukan pengecekan bagian-bagian kapal yang akan diperbaiki berdasarkan kerusakan. Ada beberapa jenis mesin yang digunakan dalam workshop untuk perbaikan yaitu Milling Machine, Drill Machine, Lathe Machine,dan Band Saw Machine. Namun ada beberapa bagian-bagian kapal yang tidak dapat dikerjakan dengan mesin-mesin tersebut tanpa menggunakan alat bantu seperti membuat material plat tipis yang berbentuk lingkaran dan membuat alur lingkaran pada benda kerja. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka perlu dibuatkan alat bantu. Salah satunya alat bantu mesin frais untuk membuat lubang atau alur pada plat yang berbentuk lingkaran pada benda kerja. Metodologi penelitian ini mengacu pada penemuan masalah, perancangan dan pembuatan alat dan uji fungsi dan uji performa alat. Hasil dari penelitian ini adalah alat Jig Drill kemampuan bor maksimum 216 mm. Performa penyimpangan diameter dan ketidakbulatan  lubang hasil boran cenderung mengikuti pola eksponensial seiring dengan bertambahnya diameter hasil boran


Full Text:

PDF

References


Mulyadi. dkk.,“Perancangan dan Pembuatan Drill Jig Untuk penggurdian Flens Kopling,”Jurnal Teknik Mesin, vol. 2, no.2, Desember 2005.

A. Hendrawan, dan P. I. Purboputro, “Rancang Bangun Jig Drill Sebagai Solusi Pembuatan Lubang Chassis Minitruk yang Diproduksi SMK Muhammadiyah 3 Kartasura,”Prosiding Seminar Nasional XI Rekayasa Teknologi Industri dan Informasi,Sekolah Tinggi Teknologi Nasional Yogyakarta, 2016.

Y. H. Murdiyanto dkk., “Perancangan Pahat Bor Multidiameter,” Jurnal Logic, vol 14, no. 2, 2014.

http://www.mitsubishicarbide.net/contents/mhg/ru/html/product/technical_information/information/formula4.html.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.