RANCANG BANGUN BUKA TUTUP PINTU OTOMATIS MENGGUNAKAN PENGENALAN ISYARAT TUTUR

A. Asni B, Aswadul Fitri Saiful Rahman, Muzakky Mursyid

Abstract


Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi dewasa ini semakin banyak memberikan kemudahan dalam hidup manusia. Diterapkannya ilmu pengetahuan dan teknologi dengan mesin ataupun elektronika, menyebabkan beberapa aktivitas dapat dikerjakan dengan mudah dan mempersingkat waktu. Dengan alasan tersebut maka dirancang suatu alat elektronik yang dapat menambah efisien waktu dalam membuka dan menutuppintu rumah  dengan menggunakan pengenalan isyarat tutur. Perancangan alat tersebut mengguankan modul EasyVR yang diprogram melalui modul ArduinoUNO sehingga dapat membuat password dalam bentuk suara. Tingkat keberhasilan alat ini yakni 90%  dengan delay 2 detik oleh orang yang sama antara yang suaranya direkam dan disimpan pada modul easyVR dengan memberikan perintah. Sedangkan untuk orang yang berbeda keberhasilan alat ini hanya 8,5%. Keberhasilan atas penerimaan sinyal suara yakni pada jara 4cm hingga 10 cm antara bibir dengan mikrofon.


Full Text:

PDF

References


A. Mutohar, “Voice Recognition,” Bandung, 2007.

A.Asni B, R. Hidayat, and N. A. Setiawan, “Pengenalan Tutur Vokal Bahasa Indonesia Menggunakan Metode Dwt Dan Dtw,” Pros. ReTII ke-9, vol. 1, pp. 37–42, 2014.

G. Melissa, “Pencocokan Pola Suara (Speech Recognition) dengan Algoritma FFT dan Divide and Conquer,” 2008.

B. T. Atmojo, S. R. Sulistyanti, and E. Nasrullah, “Model Sistem Kendali Pintu Otomatis Menggunakan Barcode Berbasis PC ( Personal Computer ) Pada Gerbang Laboratorium Teknik Elektro Unila,” 2013.

D. A. Hudhaya, “Aplikasi Pengenalan Ucapan dengan Jaringan Syaraf tiruan Propagasi Balik untuk Pengendalian Smart Wheelchair,” 2012.

ROBOTECH and T. KG, “EasyVR,” 2013. [Online]. Available: www.veear.eu.

Arduino.cc, “Arduino - Arduino Board Uno,” 2016. [Online]. Available: https://www.arduino.cc/en/main/arduinoBoardUno.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.