ANALISIS KUALITAS JARINGAN SELULER TERHADAP JASA PROVIDER DI KOTA SAMARINDA

Melinda Permata Putri, Edy Budiman, Medi Taruk

Abstract


Dalam menggunakan suatu provider, masyarakat terkadang tidak begitu peduli apakah produk yang digunakan sesuai dengan lingkungan tempat mereka tinggal, seringkali masyarakat hanya melihat dari iklan karna layanan koneksi provider ini lebih stabil. Performasi layanan jasa internet tidak hanya dipengaruhi kinerja jaringan dari sudut pandang penyedia layanan (ISP) semata namun juga dari sudut pandang pengalaman konsumen sebagai pengguna layanan dari penyedia jasa. Oleh karena itu, dalam penelitian ini dilakukan analisis pengukuran kualitas jaringan pada beberapa operator di Kota Samarinda dan menggunakan alat bantu software berbasis mobile yang berstandar LIRNEasia. Hasil dari analisis pengukuran kualitas jaringan pada beberapa operator di Kota Samarinda akan membantu untuk setiap masyarakat Samarinda agar mengetahui bahwa lokasi dan beberapa provider yang diteliti memiliki kecepatan yang stabil apabila lokasi masyarakat berada pada perkotaan dan tempat perkantoran. Untuk itu masyarakat harus mengetahui provider yang mana harus dipilih.


Full Text:

PDF

References


S. Kemp, “Digital in 2017; SouthEast Asia: A Study Of Internet, Social Media, And Mobile Use Throughout The Region” Global overview, We Are Social and Hootsuite, January 2017.

LIRNEasia. METHODOLOGY: FIXED BROADBAND QUALITY OF SERVICE (QOS) TESTING, 2009.

Bobanto, William S., Arie S. M. Lumenta, dan Xaverius Najoan. “Analisis Kualitas Layanan Jaringan Internet (Studi Kasus PT. Kawanua Internetindo Manado).” e-journal Teknik Elektro dan Komputer, 2014.

CST. n.d. http://cst-bg.net/voiptester (accessed Oktober 16, 2016).

RATEL.n.d. http://www.ratel.rs/home.136.html (accessed Oktober 16, 2016).

Wikipedia.n.d. https://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Samarinda (accessed Oktober 23,2016).

Nugraha, Muhammad Ariefiandi, dan Eko Budi Setiawan. “Quality Of Service (Qos) Pada Jaringan Asynchronous Transfer Mode (ATM).” Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA) Vol. 2, No. 1 (Maret 2013).

Andoid Device 99. n.d. http://www.androiddevice99.com/2015/07/pengertian-jaringan gprs-edge-umts.html (accessed November 18, 2016).

Ninequadrat.n.d.https://ninequadrat.wordpress.com/2011/04/28/3-logo/ (accessed November 20, 2016).

Telkomsel. Logopedia. n.d. http://logos.wikia.com/wiki/Telkomsel (accessed November 20, 2016).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.