SENTRALISASI OTENTIKASI PENGGUNA DAN PENGELOLAAN SUMBER DAYA JARINGAN KOMPUTER POLITEKNIK NEGERI BALIKPAPAN DENGAN MENGGUNAKAN ACTIVE DIRECTORY DOMAIN SERVICES WINDOWS SERVER 2012 R2

Armin Armin, Ali Abrar, Erick Sorongan

Abstract


Ada perbedaan antara sistem operasi Windows Server dan sistem operasi Windows biasa untuk desktop (Windows 10, Windows 8, Windows 7, dan sebagainya). Tentu ada hal yang khusus diciptakan pada sistem operasi dengan kernel server. Tujuan utamanya adalah menyediakan sistem operasi untuk dedicated server yang membutuhkan kestabilan tinggi untuk beroperasi secara terus menerus: 24 jam sehari, 7 hari seminggu, 52 minggu setahun.Sistem Operasi Windows Server telah berevolusi dari Windows 3.1 for Workgroup di tahun 1992, kemudian Windows NT Server pada tahun 1995, Windows 2000 Server, Windows Server 2003, Windows Server 2008, Windows Server 2008 R2, Windows Server 2012, Windows Server 2012 R2, dan yang terbaru Windows Server 2016. Tidak hanya kestabilan operasi yang dimiliki oleh Windows Server, tetapi juga fitur-fitur tipikal server yang berguna untuk mengelola jaringan komputer. Salah satu yang terpenting adalah Active Directory Domain Services (AD DS) yang dapat menyimpan directory data dan mengelola komunikasi antara users dan domains, termasuk proses user login, otentikasi, dan pencarian directory. Domain Controller Active Directory adalah server yang menjalankan AD DS.AD DS menyediakan basis data yang terdistribusi (distributed database) yang menyimpan dan mengelola informasi tentang sumber daya jaringan dan aplikasi. Administrator dapat menggunakan AD DS untuk mengatur elemen-elemen jaringan, seperti user, komputer, dan perangkat lainnya ke dalam struktur yang berhirarki. Struktur hirarki  tersebut berupa Active Directory forest, domain dalam forest, dan Organizational Units(OUs) pada domain.

Full Text:

PDF

References


Tutang. Microsoft Windows Server 2012 R2. Datakom Lintas Buana,Jakarta (2016)

Rao, Purna Chndra, (dkk). (2015). An Advanced Approach of Active Directory Techniques. International Journal of Informatioan and Technology (IJIT) – Volume 1 Issue 1, (Mar-Apr 2015)

Zacker, Craig. Installing and Configuring Windows Server 2012 R2. Microsoft Press E-book, Washington (2014)

Sulistyo, Joko. (dkk). Perancangan dan Implementasi Active Directory pada Jaringan Komputer Berbasis Windows Server 2003. Jurusan Teknik Elektro. Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Semarang (2003)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.