ANALISIS KEBUTUHAN PENERAPAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS CERITA RAKYAT KUTAI KARTANEGARA DI SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Rahmawati Fitriana, Dyah Kusrihandayani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan   penerapan pembelajaran bahasa Inggris berbasis cerita rakyat di Kabupaten Kutai Kartanegara. Penelitian ini adalah penelitian deskriftif kualitatif yang diarahkan untuk mengidentifikasi pendapat dan saran dari para responden untuk penguatan cerita rakyat Kutai Kartanegara sebagai materi pendamping (supplement) dalam pembelajaran bahasa Inggris. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara mendalam dengan instansi yang di rujuk yaitu Dinas Pariwisata yang merekomendasikan kearifan lokal dalam cerita rakyat dari Kutai Kartanegera, sedangkan Dinas Pendidikan  melihat bagaimana penerapan cerita rakyat yang disesuaikan dengan  kebutuhan sekolah, item interview ada lima bagian yaitu:peraturan pemerintah, penguatan peraturan pemerintah, peranan pariwisata dalam memperkuat peraturan tersebut,penguatan  pengajaran, kurikulum, metode pengajaran, pengambilan data responden kuesioner dengan menggunakan metode sampel accidential, item pertanyaan kuesioner juga ada lima bagian, observasi dilakukan pada sekolah yang dirujuk. Hasil penelitian menunjukkan cerita rakyat Kutai Kartanegara telah sebagian dibukukan dan masih banyak yang belum di bukukan, serta belum digunakan dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Dari hasil wawancara, responden menyatakan setuju dengan beberapa saran yaitu curriculum, isi text, kosa-kata (glossary), tingkat kemampuan anak, bagaimana sekolah dapat mendukung cerita rakyat Kutai sebagai supplement (materi pelengkap) dalam mata pelajaran Bahasa Inggris, metode yang dgunakan untuk pengembangan cerita rakyat tersebut, sedangan dari hasil kuesioner hampir (80%) menyatakan setuju dengan cerita rakyat digunakan sebagai supplement dalam bahasa Inggris, dan cerita rakyat yang di pilih adalah dongeng dan sifat cerita yang mengandung budi pekerti, toleransi, penguatan nilai agama, nilai moral, melestarikan budaya. Namun pemamfaatan muatan lokal  (budaya daerah/bahasa daerah) belum maksimal di terapkan di Kalimantan Timur terutama di tiga kota besar, yaitu Samarinda, Kutai Kartenegara,Balikpapan.


Full Text:

PDF

References


Hamid,Imdaad,Lindungi Kerifan Lokal di Kalimantan Timur.(2013) (http://kaltim.prokal.co/read/news/27913-imdaad-lindungi-kearifan-lokal

Adriani,Awang,”Bahasa Inggris Muatan Lokal. Sesuai dengan GBPP Kurikulum 1994”. SK.Kanwil Depdikbud Propinsi Kalimantan Timur, No.2338/i.26.27/MA/94. Untuk Kelas 5 dan 6, Cawu 2. Samarinda:Penerbit CV. Baruna Karya, Samarinda (1994)

Permendiknas, Standar Isi,[2006] (https://massofa.files.wordpress.com/2008/07/permendiknas_2206_kerangka_dasar.pdf)

Permendiknas, Tentang Muatan Lokal Kurikulum 2013.[2014](https://jdih.surabaya.go.id/pdfdoc/permen_7.pdf)

Jaini, M, Dinas Kebudayaan dan

Periwisata Kabupaten Kutai

Kartanegara, Kalimantan Timur (2016)

Muktadir,Abdul dan Agustrianto, 2014. Pengembangan Model Mata Pelajaran Muatan Lokal Berbasis Kearifan Lokalv Untuk Meningkatan Karakter Di Sekolah Dasar Provinsi Bengkulu. (Jurnal) (2014) (http://e-journal.uajy.ac.id/6313/1/Kearifan%20Lokal%201.pdf)

Hartono, Hadi, Peranan Mulok Bahasa Daerah Lampung Dalam Upya pelestarian Bahasa dan Budaya Lampung. Skripsi, tidak dipublikasikan. (http://digilib.unila.ac.id/22310/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf)(2016)

Rosita,Ayik dan Aprilia,Fifteen, Pentingnya Mata Pelajaran Bahasa Daerah Dalam Kurikulum Sekolah Dasar Eksistensi Budaya Bangsa. Jurnal Pengembangan Pendidikan, Edisi- Vol.3/N0.1/Juni [ 2006]. (org/article.php?...PENTINGNYAMATA%2..)

Supandi, Andi, 2015. Studi Kebijakan Penerapan Bahasa, Budaya dan Sejarah Bekasi Sebagai Muatan Lokal Di Sekolah (2015). (http://www.ejournal-unisma.net/ojs/index.php/makna/article/viewFile/406/374)

Peraturan Gubernur Jawa Tengah,Petunjuk Pelaksanaan Peraturan Daerah Propinsi Jawa Tengah, No.9 Tahun 2013, Tentang Bahasa, Sastra dan Aksara Jawa. [ 2013] (http://jdihukum.jatengprov.go.id/download/produk_hukum/pergub/pergub_tahun_2013/pergub_57_th_2013.pdf

Murni, Dewi dan Wati Riau.Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis kearifan Lokal.[2013]( http://riset.umrah.ac.id/wp-content/uploads/2014/04/PEMBELAJARAN-BAHASA-INGGRIS-BERBASIS-KEARIFAN-LOKAL.pdf)

Muyyasaroh,R.Annisa, PengaruhMetode Bercerita Terhadap Kemampuan Kosa Kata Dasar Anak Usia 4-5 Tahun Di RA. Muslimat Banyumas, Kabupaten Pringsewu (2016). (http://digilib.unila.ac.id/22845/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf)

Setyarini,Sri.Puppet Show: Innovasi Metode Pengajaran Bahasa Inggris Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa SD.[2010]( (http://file.upi.edu/Direktori/JURNAL/JURNAL_PENELITIAN_PENDIDIKAN/%22PUPPET_SHOW%22_INOVASI_METODE_PENGAJARAN_BAHASA_INGGRIS_DALAM_UPAYA_MENINGKATKAN_KEMAMPUAN_BERBICARA_SISWA_SD.pdf

Alus, Christeward,”Peranan Lembaga Adat Dalam Pelestarian Kearifan Lokal Suku Sahu di desa Balisoan, Kecamatan Sahu, Halmahera Barat”, (http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurna/article/viewFile/5995/5514))2014)

Suwardani,Ni Putu.Pewarisan Nilai-nilai Kearifan Lokal Untuk Memproteksi Masyrakat Bali Dari Dampak Negatif Globalisasi. [2015] (Users/user/Downloads/16775-1-31701-1-10-20151205%20(1).pdf)

Ideris, Dinas Pendidikan Kabupaten Kutai Kartanegara (2017).

Agus Sarifudin, Dinas Pendidikan Kabupaten Kutai Kartanegara (2017

Sudrajat,Didi, 2015.Studi TentangPengajaran Bahasa Inggris di SD Di Kota Tenggarong (2015) (http://cendikia.pusatbahasa.or.id/index.php/cendikia/arti)

Setiadi,C.Alif dan Salim,M.Sam’Un, Pemerolehan Bahasa Ke Dua Menurut Stephen Krashen (2013). (http://download.portalgaruda.org/article.php?article=443604&val=7635&title=Pemerolehan%20Bahasa%20Kedua%20Menurut%20Stephen%20Krashen)

Jayanegara,I.Nyoman,PengembanganAplikasi Penyampaian Kearifan Lokal melalui Cerita Rakyat Bali Untuk Sekolah Dasar berbasis Mobile (2014). (http://klakat.net/application/views/stores/angelmarthy/asset/5454a8c223855db76459279eac6c760a.pdf)

Palupi,N,Puspita, Kearifan Lokal Tanaman Obat Masyarakat Dayak Agabag di Kabupaten Nunukan Kalimanatan Timur (Local wisdom of Dayak Agabag medicinal plants in Nunukan Regency East Kalimantan) (2013) (https://media.neliti.com/media/publications/30101-ID-kearipan-lokal-tanaman-obat-masyarakat-dayak-agabag-di-kabupaten-nunukan-kaliman.pdf)

Fitriana,Rahmawati, The Influence of the Parents’ Attention and Economic Condition to English Learning Achievement Students of the Fourth Grade Elementary Schools in Samarinda, in 2005/2006 Academic Year.(2005). Jurnal Eksis, Politeknik Negeri Samarinda.

Lai.ER.Critical Thinking: A Literature

Review.(2011) (http://images.pearsonassessments.com/images/tmrs/CriticalThinkingReviewFINAL.pdf

Samsudin,” Article : Sam, “TinggalkanProfesi Guru demi Berdongeng: Tebarkan Virus PerdamianlewatCerita“(Kaltim Pos,8-10-16)(2016)

Subyantoro, 2007. Model Bercerita Untuk Meningkatkan Kecerdasan Anak:Apliksi Ancangan Psikolinguistik.(2007) (http://download.portalgaruda.org/article.php?article=3149&val=297)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.