EFEK SUDUT WATER SPRAYER TERHADAP HASIL SERBUK LIMBAH ALUMUNIUM PADA PROSES ATOMISASI AIR

Muh Sadat Hamzah, Anjar Asmara, Eko Risky Alfian

Abstract


Metalurgi serbuk merupakan metode pembuatan benda benda yang menggunakan logam serbuk sebagai bahan dasar. Proses dalam teknologi metalurgi serbuk terdiri dari pembentukan serbuk, compacting, sintering dan finising. Salah satu metode dalam pembuatan serbuk logam dengan metode atomisasi air. Dalam penelitian ini serbuk dibuat dengan menggunakan metode atomisasi air, Prinsip kerja alat  atomisasi ini adalah  aluminium limbah yang sudah dicairkan dialirkan  melalui lubang yang terletak dibagian atas dengan variasi sudut sprayer 30°, 35° dan 40° kemudian di semprot dengan air dengan tekanan 50 Kg/Cm2, cairan aluminium akan terurai menjadi butiran butiran serbuk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa  sudut α dan tekanan tumbukan air pada melting  mempengaruhi hasil produksi serbuk dengan metode atomisasi air. Hasil penelitian dengan variasi sudut α di peroleh bahwa sudut α = 30° menghasilkan produk 41,7%, sudut α = 35° menghasilkan produk 33,3% sudut α = 40° menghasilkan produk 25% dengan tekanan air 50 kg/cm2. Hasil serbuk alumunium optimum dihasilkan pada sudut α 30° pada tekanan air 50 kg/cm2. Bentuk serbuk hasil proses atomisasi air sebagian besar adalah irregular, acicular dan flake.


Full Text:

PDF

References


Amstead,B.H. “Teknologi Mekanik”, Edisi Ketujuh, Jilid 1,(1993), Erlangga, Jakarta.

Fauchais, P., Fukumoto, M., Vardelle, A.,

and Vardelle, M. “Knowledge

Concerning Splat Formation”: An Invited Review, Journal of Thermal Spray Technology, (2004) Vol 13, No.3, pp 337

German, M.R. “Powder

Metallurgy Science”, Metal Powder

Industries, (1984)

Groover, M.P. “Fundamental of

Modern Manufacturing”, Prentice Hall,

(1996)

Harjanto, B. “Pengaruh Jumlah Nosel Terhadap Karakteristik Hasil Serbuk Alumunium pada Pembuatan Serbuk Metoda Atomisasi Air”, Tugas Sarjana, Teknik Mesin UGM, (2004)

Ternovoi, Y. F., Tsipunov, A. G.,

Kuratchenko, S. B., Kuimova, O. M., and

Kondakova, K. V. “Pore Formation

in Atomized Powders”, Journal of Powder

Metallurgy and Metal Ceramics,(1985),

Vol. 24, No. 1, pp 10-13

Portoghese, F.,Ferante,L,.Berutti, F., Briens C.,Chan,.& Edwar C,. Effect of injeksion –Nozzle operating Parameter on interaction between a gas liquid jet dan a gas-solid fluidised, (2007).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.